Sukses

4 Kali Bikin Blunder, Manajer Manchester United Maafkan De Gea dan Ingin Perpanjang Kontraknya

Ten Hag telah mengkonfirmasi bahwa dia ingin melihat De Gea menandatangani kontrak baru meski sudah melakukan kesalahan fatal buat Manchester United.

Liputan6.com, Jakarta Manajer Manchester United Erik ten Hag sepertinya sudah memaafkan dan memaklumi kesalahan David de Gea yang melakukan blunder saat timnya dikalahkan West Ham United 0-1 dalam lanjutan Liga Inggris 2022/2023, Senin (8/5/2023) di London Stadium.

Saat serangan balik, Sadi Benrahma melepaskan tendangan lemah dari luar kotak penalti. Namun, De Gea malah melakukan blunder dengan gagal menangkapnya.

Meski begitu, Ten Hag telah mengkonfirmasi bahwa dia ingin melihat De Gea menandatangani kontrak baru meski sudah melakukan kesalahan fatal.

Kesalahan De Gea ini adalah keempat kalinya. Kiper Spanyol itu membuat kesalahan yang berujung gol di kompetisi mana pun yang dilakoni Manchester United musim ini.

Di sisi lain, De Gea saat ini memimpin perlombaan untuk penghargaan Sarung Tangan Emas Liga Inggris dengan catatan 15 clean sheet papan atas, dua lebih banyak dari penantang terdekat Alisson Becker, Nick Pope dan Aaron Ramsdale.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Dipertanyakan

Pemain berusia 32 tahun itu juga memulai dan menyelesaikan 90 penuh dalam kemenangan final Piala EFL 2-0 Februari atas Newcastle United. Tapi, masa depannya dipertanyakan selama beberapa tahun sekarang.

De Gea bisa keluar dari Old Trafford secara gratis ketika kontraknya berakhir pada bulan Juni nanti, karena Setan Merah belum mengaktifkan opsi perpanjangan 12 bulan, meskipun ia telah mengumumkan niatnya untuk tetap bertahan.

3 dari 5 halaman

Lampu Hijau

Alih-alih memicu pembaruan kontrak 12 bulan itu dan mempertahankan De Gea dengan paket gaji 375.000 pounds per minggu, Manchester United bersikeras bahwa mantan stopper Atletico Madrid itu harus menyetujui kesepakatan baru dengan pemotongan gaji untuk tetap di klub.

Kesepakatan belum tercapai dengan kubu De Gea. Namun, Ten Hag ingin mempertahankan kiper nomor satu setelah pertandingan hari Minggu. Secara terbuka dia memberikan lampu hijau baginya untuk menandatangani kontrak baru.

4 dari 5 halaman

Tak Khawatir

"Kami ingin dia bertahan dan kami ingin dia memperpanjang kontraknya. Dia memiliki clean sheet terbanyak di Liga Premier. Kami tidak akan berada di posisi ini tanpa dia," kata Ten Hag kepada wartawan.

"Saya percaya tidak ada kekhawatiran. Itu terjadi. Sebagai sebuah tim, Anda harus menghadapinya, menunjukkan karakter, ulet, bangkit kembali dan itulah yang akan dilakukan tim ini.

"Kami memulai dengan baik, kami mendikte permainan, kami menciptakan peluang, kami tidak memanfaatkannya, dan kemudian satu kesalahan. Dalam tiga hari, dua kali kesalahan individu membuat kami kalah."

5 dari 5 halaman

Pecahkan Rekor

De Gea telah mempertahankan 188 clean sheet tertinggi klub dalam 540 pertandingan untuk Man United sejak kedatangannya pada 2011. Dia memecahkan rekor Peter Schmeichel sebelumnya 180 di final Piala EFL tiga bulan lalu.

Dengan hanya satu kemenangan dari empat pertandingan Liga Inggris terakhir mereka, Manchester United kini hanya unggul satu poin atas Liverpool yang berada di posisi kelima di klasemen, meskipun The Reds telah memainkan satu pertandingan lebih banyak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.