Sukses

Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Panjat Tebing 2023, Indonesia Terjunkan 22 Atlet

Indonesia akan menerjukan 22 atlet untuk bisa meraih prestasi di Piala Dunia Panjat Tebing 2023 yang berlangsung di Jakarta 6-7 Mei 2023.

Liputan6.com, Jakarta- Indonesia kembali mendapat kehormatan menjadi salah satu tuan rumah di Piala Dunia Panjat Tebing 2023. Yang diperlombakan kali ini cuma kategori speed untuk putra dan putri. Piala Dunia Panjat Tebing 2023 dilangsungkan di kawasan Gelora Bung Karno pada 6 dan 7 Mei 2023.

Menjadi tuan rumah, Indonesia akan menerjunkan 22 atlet terdiri dari 12 putra dan 10 putri. Jagoan Indonesia Veddriq Leonardo juga akan tampil. Veddriq baru saja meraih medali emas sekaligus mempertajam rekor dunia nomor speed putra di IFSC Climbing World Cup 2023, Seoul, Korea Selatan, akhir April.

Piala Dunia Panjat Tebing 2023 di Indonesia ini akan diikuti 24 negara dari Asia, Eropa hingga Amerika. Total 120 atlet akan bersaing di Jakarta. Ini menjadi kali kedua Indonesia menjadi tuan rumah seri Piala Dunia Panjat Tebing. Tahun lalu, lokasi perlombaan ada di kawasan SCBD.

"Kita pindahkan lokasinya karena mengikuti aturan pemerintah agar acara olahraga dilakukan di GBK. Sebenarnya tahun lalu kami juga ingin di GBK tapi ternyata saat itu di lokasi ada pertunjukan musik sehingga akan mengganggu konsentrasi atlet sehingga kami harus mencari tempat baru (SCBD)," ujar ketua FPTI Yenny Wahid dalam jumpa pers di kawasan Senayan, Jumat (5/5/2023).

Dengan komposisi 22 atlet, FPTI berharap Indonesia bisa mengulang prestasi tahun lalu saat sukses merajai Piala Dunia Panjat Tebing.

"Kalau FPTI menargetkan atlet bisa mempertahankan prestasinya. Syukur-syukur bisa All Indonesian Final dan bisa dapat medali. Kalau bisa medali emas," lanjut Yenny.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nasib Katibin

Sayangnya jelang Piala Dunia Panjat Tebing di Jakarta, Indonesia masih belum pasti akan menurunkan salah satu atlet andalannya Kiromal Katibin yang sedang bermasalah dengan cedera siku sejak di Korea Selatan.

"Katibin itu mengalami cedera siku. Sehingga waktu kualifikasi kemarin agak tersendat. Nah, sekarang dia masih pemulihan. Kondisi Katibin masih dipantau pelatih, cederanya seperti apa, apakah akan menghambat pemulihannya karena yang kita butuhkan sebetulnya di Kualifikasi Olimpiade."

"Jadi apakah Katibin bisa diturunkan, sampai detik ini masih diturunkan tapi kita akan melihat dulu kondisi cederanya seperti apa," tegas Yenny Wahid.

3 dari 3 halaman

Daftar Atlet

Putra

Aspar Jaelolo

Veddriq Leonardo

Kiromal Katibin

Raharjati Nursamsa

Aditya Tri Syahria

Pangeran Septo Wibowo Siburian

Muhammad Hinayah

Kristanto Ramski Aswin

Sabri

Muhammad Fajri Alfian

Zainal Aripin

Rahmad Adi Mulyono

Putri

Desak Made Rita Kusuma Dewi

Nurul Iqamah

Rajiah Sallsabillah

Eka Dian Krismawati

Alivany Ver Khadijah

Puja Lestari

Nurma Anjani

Surya Kusuma Berthdigna Devi

Susan Nurhidayah

Mutia Amanda Narda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.