Sukses

Rindu Emas SEA Games, Zainudin Amali Minta Hal Ini dari Timnas Indonesia U-22

Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali berharap Timnas Indonesia U-22 dapat menunjukkan penampilan maksimal di SEA Games 2023 Kamboja agar bisa membawa pulang medali emas cabang olahraga sepak bola, yang sudah 32 tahun dinanti Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali menaruh harapan besar pada Timnas Indonesia U-22 jelang dihelatnya SEA Games 2023. Sosok yang pernah menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) itu berharap Garuda Nusantara dapat menunjukkan penampilan maksimal, sehingga mampu menyabet medali emas di ajang olahraga multievent se-Asia Tenggara.

“Tim sepak bola SEA Games Kamboja ini harus bisa maksimal. Yang kita rindukan adalah medali emas dari cabor Sepak Bola,” tuturnya pasca internal game Timnas Indonesia U-22 di Stadion Madya GBK, Senayan, Rabu (19/4/2023) malam WIB.

“Kita sudah 32 tahun tidak mendapatkan emas. Maksimal kita cuma (dapat) perak. Dan mudah-mudahan, kali ini akan terwujud,” sambung eks menteri berusia 61 tahun tersebut.

Seperti dituturkan Amali, Indonesia memang lama absen menempati podium tertinggi cabang olahraga sepak bola dalam kompetisi multievent level Asia Tenggara. Tim Merah Putih terakhir kali menorehkan prestasi serupa kala tampil di Manila pada edisi 1991.

Setelahnya, skuad Garuda selalu gagal menduduki tempat pertama. Pencapaian tertinggi Tanah Air hanyalah meraih medali perak SEA Games 1997, 2011, 2013, dan 2019.

Adapun pada SEA Games edisi teranyar, perjuangan Timnas Indonesia U-23 berbuah perunggu. Hasil ini didapat usai tim racikan Shin Tae-yong mengalahkan Malaysia U-23 lewat drama adu penalti dalam pertandingan perebutan tempat ketiga di Hanoi, Vietnam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Zainudin Amali Optimistis

Zainudin Amali pun optimistis terhadap prospek Indonesia di SEA Games 2023. Dengan materi pemain dan pelatih yang ada, eks Menpora yakin Tim Merah Putih berkesempatan menggondol medali emas di perhelatan tersebut.

“Saya yakin (timnas bisa mendapat emas) karena Coach IS meyakinkan saya. Sejak terbentuknya tim ini, berkali-kali saya tanya Coach Indra, dan Coach Indra meyakinkan saya, Insyaallah dengan materi pemain yang ada (bisa meraih medali emas),” tutur Amali.

“Mereka ini kan kebanyakan (pemain Piala Dunia) U-20 yang gagal karena tahun (pelaksanaan)nya pindah dari 2021 ke 2023, ditambah juga dengan U-20 yang tidak jadi main. Mudah-mudahan (berhasil). Jadi keyakinan saya karena pelatihnya yakin,” sambung dia.

3 dari 3 halaman

Jadwal Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023

Sebagai informasi, SEA Games 2023 Kamboja dijadwalkan bergulir mulai 5-17 Mei mendatang. Namun, cabang olahraga sepak bola lebih dulu akan mengawali persaingannya pada 29 April.

Pihak penyelenggara telah melakukan drawing untuk menentukan pembagian grup SEA Games pada awal bulan ini. Hasilnya, Indonesia menjadi bagian dari grup A bersama tuan rumah Kamboja, Myanmar, Filipina, serta Timor Leste.

Adapun persaingan grup B diramaikan oleh musuh bebuyutan Indonesia, Vietnam dan Thailand, ditemani tiga negara lain, yakni Malaysia, Singapura, juga Laos. Simak jadwal pertandingan Timnas Indonesia U-22 di ajang SEA Games 2023 Kamboja berikut ini!

29 April 2023

16.00 WIB: Indonesia vs Filipina

4 Mei 2023

16.00 WIB: Indonesia vs Myanmar

7 Mei 2023

16.00 WIB: Timor Leste vs Indonesia

10 Mei 2023

19.00 WIB: Kamboja vs Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini