Sukses

Granit Xhaka Biang Kerok Arsenal Gagal Menang Lawan Liverpool?

Granit Xhaka dianggap telah membangunkan 'siinga' yang sedang tertidur dan membuat timnya harus rela berbagi poin dengan Liverpool

Liputan6.com, Jakarta - Arsenal gagal merebut poin penuh kala bertandang ke Anfield dalam lanjutan Liga Inggris, Minggu (9/4/2023). The Gunners yang awalnya sudah unggul 2-0 atas Liverpool harus rela kehilangan dua poin ketika Mohamed Salah dan Roberto Firmino masing-masing mencetak satu gol dan menyeimbangkan kedudukan.

Granit Xhaka dinilai sebagai sosok yang bertanggung jawab atas kegagalan Arsenal membawa tiga poin penting yang akan membuat mereka semakin dekat dengan gelar liga. Pemain asal Swiss tersebut dianggap telah membangunkan ‘singa’ yang tertidur akibat kecerobohannya.

Awalnya semua berjalan dengan mulus dan sesuai rencana ketika skuad besutan Mikel Arteta memimpin 2-0 berkat gol Gabriel Martinelli dan Gabriel Jesus. Anfield yang dikenal dengan atmosfer mengerikannya terdiam dan hanya menyisakan suara sorak sorai pendukung Arsenal.

Semua indah bagi The Gunners hingga sang kapten terlibat pertikaian yang tidak diperlukan dengan Trent Alexander-Arnold dan memantik amarak para pemain dan pendukung Liverpool. Anfield yang sebelumnya lebih tenang tiba-tiba berubah menjadi hutan rimba yang dipenuhi singa kelaparan.

Benar saja, Salah langsung berhasil mencetak sebuah gol tiga menit jelang turun minum yang jadi modal besar bagi skuadnya di babak kedua. Hingga Firmino mengubah apa yang nampak seperti tiga poin penuh bagi Arsenal menjadi hanya satu setelah menyamakan kedudukan pada menit ke-87.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hampir

Bahkan, satu-satunya poin tersebut bisa saja hilang jika Liverpool tidak menyia-nyiakan berbagai kesempatan emas yang datang selama jalannya pertandingan. Salah satunya adalah ketika Mohamed Salah gagal mengeksekusi tendangan penalti yang diberikan atas pelanggaran Rob Holding kepada Diogo Jota.

Kiper Arsenal, Aaron Ramsdale dinilai sebagai sosok pahlawan yang menyelamatkan timnya dari keterpurukan. Berbagai penyelamatan di menit-menit akhir dibuatnya untuk mempertahankan kedudukan imbang.

3 dari 4 halaman

Kehilangan Dua Poin atau Raih Satu Poin?

Atas hasil imbang di Anfield tersebut, Manchester City kini semakin dekat dengan Arsenal untuk merebut takhta pemuncak klasemen Liga Inggris. Saat ini kedua klub tersebut hanya berjarak enam poin dengan City masih memiliki satu tabungan laga.

Usai pertandingan, muncul pertanyaan apakah Arsenal ‘kehilangan dua poin atau memperoleh satu poin’ dari laga tersebut. Melansir dari Sky Sports, Jamie Carragher mengungkapkan jika pertanyaan tersebut akan terjawab ketika akhir musim.

“Jika Arsenal akhirnya memenangkan liga, kami akan menatakan ‘poin yang sangat penting (di Anfield)’ dan akan bersyukur dengan kegagalan Ibrahima Konate di menit-menit akhir. Jika tidak dan kehilangannya (gelar) akibat selisih gol atau satu poin, kami akan berpikir ‘mereka seharusnya bisa mengalahkan Liverpool. Kita tidak akan tahu seberapa besar poin ini sampai kita mencapai akhir musim,” ujar eks pemain Liverpool tersebut.

4 dari 4 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.