Sukses

Piala Dunia U-20 2023 Batal di Indonesia, Indra Sjafri Panggil 7 Pemain Timnas U-20 ke SEA Games

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Teknik PSSI sekaligus pelatih yang ditunjuk untuk menukangi Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, memanggil tujuh nama pemain timnas U-20 guna memperkuat skuad racikannya di SEA Games 2023.

Langkah ini diambil menyusul batalnya keikutsertaan Indonesia dalam ajang Piala Dunia U-20 2023, yang semula dijadwalkan berlangsung pada 20 Mei hingga 11 Juni, lantaran FIFA memutuskan untuk mencabut status tuan rumah Tanah Air beberapa waktu lalu.

“Dengan batalnya timnas U-20 mengikuti Piala Dunia U-20, saya berdiskusi dengan tim pelatih. Kita akan panggil tujuh pemain dari timnas U-20 yang merupakan pemain inti,” tuturnya saat ditemui di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Sabtu (1/4/2023).

Sebagai informasi, SEA Games edisi ini bakal dihelat di Kamboja pada 5-17 Mei mendatang. Indra Sjafri sebelumnya ditunjuk untuk menukangi Garuda Nusantara yang tampil dalam ajang tersebut sebab pelatih Shin Tae-yong diminta fokus menangani Piala Dunia U-20.

Juru taktik berusia 60 tahun pun telah melakukan pemusatan latihan (TC) awal sebagai ajang seleksi bagi total 51 pemain yang dipanggil pada Maret lalu.

Indra Sjafri kala itu sama sekali tidak menyentuh penggawa Timnas Indonesia U-20 lantaran mereka harus melakoni persiapan sebelum mentas di ajang FIFA U-20 World Cup.

Namun, batalnya keikutsertaan Indonesia memberi celah bagi Indra untuk mencomot anak-anak asuh Shin Tae-yong. Langkah ini dilakukan guna menambah kekuatan skuad saat tampil dalam kompetisi multi event level Asia Tenggara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tunggu Waktu yang Tepat

Walau demikian, Indra Sjafri mengaku belum bisa mengungkap nama-nama pemain Timnas Indonesia U-20 yang dipanggil. Ia juga tak memberi kepastian kapan penggawa tersebut bakal bergabung ke pemusatan latihan.

Direktur Teknik PSSI itu mengaku masih ingin menanti waktu yang tepat sekaligus memberi ruang bagi para penggawa untuk bersedih usai kehilangan tiket untuk tampil dalam ajang Piala Dunia U-20 2023.

“(Kami) lagi menunggu timing yang pas untuk memanggil anak-anak Timnas U-2u karena bagaimana pun secara psikis, mereka masih berduka,” tutur Indra kepada awak media di SUGBK, Jakarta, Sabtu (1/4/2023).

“Saya berusaha untuk membangkitkan semangat mereka kembali agar bisa bergabung di timnas SEA Games,” tambhanya dalam kesempatan yang sama.

3 dari 4 halaman

Indra Sjafri Sudah Panggil 36 Pemain

Sebelumnya, Indra Sjafri telah memanggil total 36 pemain untuk menjalani pemusatan latihan (TC) bersama Timnas Indonesia U-22 sejak awal April.

Sang pelatih mengeklaim beberapa penggawa belum bergabung lantaran masih harus melakoni pertandingan dengan klub. Kendati demikian, Indra memastikan nama-nama tersebut bakal bertolak secepatnya usai menunaikan tugas di liga domestik.

“Jadi dari 36 pemain ini, di hari pertama ada beberapa yang masih (menjalani) pertandingan. Nanti setelah itu mereka akan datang ke sini, termasuk juga dari PSM. Tentu mereka lagi happy karena juara. Setelah itu, kami berharap secepat mungkin bergabung di tim SEA Games.”

“Pemain-pemain yang ada sekarang sampai dengan 10 April, itu akan ada promosi degradasi. Mungkin 3 hari kita lihat, kita akan pulangkan (beberapa nama), dan ada juga yang baru masuk,” paparnya kepada awak media.

4 dari 4 halaman

Daftar Lengkap 36 Pemain untuk TC Timnas Indonesia U-22

  1. Seiya Da Costa (Arema FC)
  2. Komang Tri Arta (Bali United)
  3. Amiruddin Bagas Kaffa (Barito Putera)
  4. David Maulana (Bhayangkara FC)
  5. Titan Agung Bagus (Bhayangkara FC)
  6. Komang Teguh Trisnanda (Borneo FC)
  7. Muhammad Andy Harjito (Borneo FC)
  8. Muhammad Fajar Fathurrahman (Borneo FC)
  9. M. Taufany Muslihuddin (Borneo FC)
  10. Ramai Melvin Rumakiek (Dewa United)
  11. Theo Fillo Numberi (Dewa United)
  12. Ernando Ari Sutaryadi (Persebaya Surabaya)
  13. Muhammad Salman Alfarid (Persebaya Surabaya)
  14. Rizky Ridho Ramadhani (Persebaya Surabaya)
  15. Beckham Putra Nugraha (Persib Bandung)
  16. Satrio Azhar Santoso (Persib Bandung)
  17. Salmani (Persiba Balikpapan)
  18. Muhammad Akbar Arjunsyah (Persija Jakarta)
  19. Ilham Rio Fahmi (Persija Jakarta)
  20. Witan Sulaeman (Persija Jakarta)
  21. Braif Fatari (Persik Kediri)
  22. Jeam Kelly Sroyer (Persik Kediri)
  23. Rangga Widiansyah (Persik Kediri)
  24. Mohammad Haykal Alhafiz (Persikab Bandung)
  25. Irfan Jauhari (Persis Solo)
  26. Mohammad Kanu Helmiawan (Persis Solo)
  27. Rifky Dwi Septiawan (Persita Tangerang)
  28. Muhamad Darmawan (Persita Tangerang)
  29. Alfeandra Dewangga Santosa (PSIS Semarang)
  30. Moh. Bahril Fajar Fahresa (PSIS Semarang)
  31. Muhammad Adisatryo (PSIS Semarang)
  32. Muhammad Ramadhan Sananta (PSM Makassar)
  33. Tri Setiawan (Persipal Palu)
  34. Ifan Nanda Pratama (PSS Sleman)
  35. Ikhsan Nul Zikrak (RANS Nusantara FC)
  36. Muhammad Fadilla Akbar (RANS Nusantara FC)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.