Sukses

Profil Ekuador di Piala Dunia U-20 2023: Calon Lawan Tangguh, Pernah Rebut Posisi Ketiga

Ekuador bakal menjadi salah satu lawan tangguh di Piala Dunia U-20 2023. Pasalnya negara yang mewakili Amerika Selatan tersebut pernah menyabet predikat juara tiga dalam Piala Dunia U-20 edisi 2019 lalu.

Liputan6.com, Jakarta Ekuador telah memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 2023. Negara yang berbasis di Amerika Selatan itu berhak memanaskan persaingan FIFA World Cup U-20 usai mengalahkan Paraguay di leg terakhir kualifikasi pada Februari lalu.

Keberadaan Ekuador tak pelak bakal menjadi tantangan besar buat Timnas Indonesia sekaligus peserta lain dalam kompetisi sepak bola bergengsi kali ini. Pasalnya, pasukan muda La Tri punya track record apik selama mentas di Piala Dunia U-20.

Timnas Ekuador mampu menyabet posisi ketiga usai mengalahkan Italia dalam duel perebutan juara tiga FIFA World Cup U-20 2019. Meski sempat bermain imbang 0-0 hingga masa perpanjangan waktu, gol tunggal Richard Alexander Mina Caicedo menyelamatkan La Tri.

Melansir situs resmi FIFA, Ekuador memang turun ke Piala Dunia U-20 2019 dengan catatan positif. La Tri muda menyandang status sebagai juara South American U-20 Championship, mengungguli Argentina dan Uruguay yang masing-masing finis di urutan dua serta tiga.

Hasil itu nampaknya menjadi suntikan kepercayaan diri buat Ekuador selama tampil di turnamen sepak bola bergengsi dunia. La Tri tembus dari fase grup dan mengalahkan Timnas Amerika Serikat U-20 dengan 2-1 di perempat final.

Setelahnya, Ekuador tersandung oleh Korea Selatan akibat gol semata wayang Choi Jun di fase empat besar. Beruntung kekalahan ini mampu dibayar oleh La Tri. Mereka menumbangkan Italia dalam laga perebutan posisi ketiga pada 15 Juni 2019.

Timnas Ekuador diprediksi bakal memiliki ambisi besar saat bertolak ke Indonesia. Kesebelasan asal Amerika Selatan itu jelas ingin meraup prestasi lebih baik dibanding catatan yang mereka torehkan empat tahun silam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Timnas Ekuador U-20 Ganti Pelatih

Demi mewujudkan ambisi tersebut, Federasi Sepak Bola Ekuador (FEF) rela mengambil langkah berani. Mereka memutuskan untuk melakukan pergantian pelatih hanya dalam kurun waktu tiga bulan sebelum perhelatan Piala Dunia U-20 2023 resmi dimulai

Situs resmi FIFA mencatat, Miguel Bravo diangkat sebagai pengganti Jimmy Bran sejak 27 Februari. Juru taktik berusia 36 tahun diharapkan mampu membawa La Tri mendulang kesuksesan serupa–atau bahkan lebih baik–dibanding Piala Dunia U-20 2019.

Bravo memang bukanlah sosok yang asing dengan dunia kepelatihan. Pria kelahiran 29 Oktober 1986 itu pernah menukangi tim U-20 Independiente del Valle, yang terkenal banyak menyumbangkan talenta-talenta sepak bola di Ekuador.

Dengan tangan dinginnya, Bravo bahkan berhasil mengantar anak-anak asuhnya melaju ke babak final Copa Libertadores U-20 tahun lalu, sebelum akhirnya tumbang dari klub asal Uruguay Penarol lewat drama adu penalti.

3 dari 4 halaman

Pemain Kunci Timnas Ekuador U-20

Miguel Bravo bukanlah satu-satunya sosok yang diharapkan bakal membawa dampak krusial bagi Timnas Ekuador di Piala Dunia U-20 2023. Justin Cuero yang kini menjadi pemain kunci La Tri juga ditargetkan membantu negaranya melangkah jauh di turnamen sepak bola FIFA.

Sejauh ini, kontribusi Cuero bagi Timnas Ekuador U-20 memang tak bisa dianggap enteng. Penggawa jebolan Independiente del Valle itu tercatat sanggup melesakkan empat gol saat kualifikasi, termasuk brace saat timnya bersua dengan Paraguay.

FIFA sendiri mencatat terdapat sejumlah kualitas yang berpotensi dipamerkan Cuero saat dirinya mentas di Indonesia. Pemain kelahiran 2004 itu merupakan striker atletis. Ia sanggup menciptakan peluang sendiri dan dikenal sebagai finisher yang intuitif.

Posisinya dalam skuad racikan Bravo pun boleh dikata nyaris tak tersentuh. Terlepas dari kedatangan sejumlah penggawa yang bermain di Eropa, Cuero diprediksi bakal tetap mendapat tempat di Timnas Ekuador saat tampil di Piala Dunia U-20 2023.

4 dari 4 halaman

Daftar Peserta Piala Dunia U-20 2023

Di samping Ekuador, terdapat total 23 peserta yang telah memastikan diri bakal tampil di Piala Dunia U-20 2023. Berikut daftar lengkapnya!

Tuan Rumah: Indonesia

Eropa: Israel, Inggris, Prancis, Italia, Slovakia

Amerika Utara: Republik Dominika, Guatemala, Honduras, Amerika Serikat

Oseania: Fiji, Selandia Baru

Asia: Irak, Uzbekistan, Korea Selatan, Jepang

Afrika: Gambia, Senegal, Nigeria, Tunisia

Amerika Selatan: Brasil, Uruguay, Kolombia, Ekuador

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.