Sukses

AC Milan Lolos Perempat Final Liga Champions, Stefano Pioli: Tidak Ada yang Mustahil!

AC Milan lolos ke babak perempat final Liga Champions 2022/2023 usai menang agregat 1-0 atas Tottenham Hotspur di fase 16 besar. Pelatih AC Milan Stefano Pioli langsung angkat bicara dan menyatakan tidak ada hal yang mustahil dalam sepak bola.

Liputan6.com, Jakarta- Stefano Pioli sukses mengantar AC Milan lolos ke babak perempat final Liga Champions 2022/2023. Kepastian ini didapat usai Milan menang agregat 1-0 atas Tottenham Hotspur dalam pertandingan fase 16 besar yang dihelat Rabu (15/2/2023) dan Kamis (9/3/2023).

Rossoneri memang lebih dulu mendapat keuntungan di laga leg pertama pada pertengahan Februari lalu. Gol semata wayang Brahim Diaz di menit ke-7 mengantar timnya unggul sementara atas The Lilywhites dengan 1-0.

Pasukan Antonio Conte mencoba tampil lebih tangguh dalam pertandingan kedua. Clement Lenglet dan kawan-kawan sanggup mencegah AC Milan membobol gawang untuk kedua kalinya. Malang, upaya ini tak diimbangi dengan ketajaman di lini depan.

Harry Kane bersama kolega gagal membongkar lini pertahanan Rossoneri. The Lilywhites malah harus kehilangan satu penggawa di 12 menit akhir waktu normal.

Cristian Romero diusir keluar lapangan usai diganjar kartu kuning kedua. Skor 0-0 pun bertahan hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan.

Pelatih Milan Stefano Pioli langsung angkat bicara pasca keberhasilan tembus ke quarter final UCL. Ia mengakui bahwa jalan Rossoneri di kompetisi Liga Champions tidaklah mudah.

Walau begitu, Pioli menilai tak ada yang mustahil dalam sepak bola. Ia pun berharap para pemain AC Milan dapat terus mempertahankan kepercayaan diri saat melaju ke fase berikutnya.

“Saya berpikir bahwa tidak ada yang mustahil di olahraga. Tentu hanya tim terbaik Eropa yang akan bertahan, dan setiap putaran (di kompetisi Liga Champions) bakal menjadi makin sulit,” tuturnya kepada Amazone Prime Italia seperti dilansir dari Football.Italia.

“Akan tetapi saya percaya, semua pengalaman yang didapat di level Eropa–terutama pengalaman negatif–akan membantu kita naik level. Sekarang, kita harus melaju ke perempat final dengan kepercayaan diri dan keyakinan,” sambung Pioli.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kunci Kemenangan di Laga Milan vs Tottenham

Stefano Pioli juga sempat mengungkap kunci keberhasilan timnya mempertahankan keunggulan di pertandingan babak 16 besar Liga Champions antara Milan vs Tottenham.

Juru taktik berusia 57 tahun itu mengeklaim timnya memang tampil cukup baik saat meladeni perlawanan The Lilywhites. Olivier Giroud dan kawan-kawan juga mampu menunjukkan karakter di lapangan hijau.

Kendati demikian, Pioli sedikit menyayangkan kurangnya penguasaan bola AC Milan, terlebih di babak pertama. Brahim Diaz dan kawan-kawan pun gagal memanfaatkan sejumlah peluang untuk mencetak gol tambahan.

“Kami menyelesaikannya dengan baik. Kami memang meminta tim untuk bermain dengan karakternya. Akan tetapi, jujur saja, kami seharusnya memiliki lebih banyak penguasaan bola di babak pertama,” beber sang pelatih.

Terlepas dari hal itu, Pioli menilai AC Milan memang layak tembus ke perempat final Liga Champions. Eks manajer Inter Milan itu pun menyiratkan dirinya puas dengan cara bermain Rossoneri di dua leg pertandingan 16 besar.

“Ini adalah kualifikasi yang sangat layak jika melihat cara bermain kami dalam dua leg (melawan Tottenham Hotspur),” tandas Pioli.

3 dari 4 halaman

Akhir Penantian AC Milan ke Perempat Final Liga Champions

Kemenangan atas Tottenham menandai akhir penantian AC Milan untuk lolos ke babak 8 besar Liga Champions. Seperti diketahui, sang raksasa Serie A sudah 11 tahun tak berkiprah di perempat final. Mereka terakhir kali meraih pencapaian serupa pada 2012.

Stefano Pioli sendiri ogah membicarakan hal yang terlalu muluk-muluk terkait peluang timnya di Liga Champions. Ia hanya berharap Rossoneri mampu berjalan selangkah demi selangkah dan mencatatkan peningkatan hasil dibanding musim lalu.

“Kita harus berjalan selangkah demi selangkah. Sangat penting bagi kami untuk melewati fase grup dan meraih peningkatan dibanding musim lalu. Sekarang, kami harus menunggu drawing dan melihat apa yang terjadi,” tuturnya.

“Kami tentu akan dipasangkan dengan lawan yang luar biasa, tetapi Tottenham juga merupakan tim yang hebat. Bermimpi itu baik. (Namun) sekarang kami perlu fokus ke Serie A untuk memperbaiki sejumlah kekalahan,” sambung dia.

4 dari 4 halaman

Daftar Tim yang Lolos ke Perempat Final Liga Champions

Sejauh ini, terdapat total empat tim termasuk AC Milan yang sudah lolos ke babak perempat final Liga Champions 2022/2023. Simak daftar lengkapnya berikut ini.

  • AC Milan (Italia)
  • Benfica (Portugal)
  • Bayern Munchen (Jerman)
  • Chelsea (Inggris)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.