Sukses

Rekrut 2 Pemain Baru, Jurgen Klopp Pastikan Roberto Firmino Bakal Tinggalkan Liverpool

Liverpool dan Firmino awalnya masih membahas mengenai kontrak baru buat Roberto Firmino, namun gagal setelah kedatangan Cody Gakpo dan Darwin Nunez

Liputan6.com, Jakarta Roberto Firmino akan meninggalkan Liverpool ketika kontraknya habis pada akhir musim. Hal ini dikonfirmasi langsung sang manajer Jurgen Klopp, belum lama ini. Pemain internasional Brasil itu akan mengakhiri kariernya di Anfield sekaligus mengakhiri musim delapan tahun yang penuh dengan trofi.

Firmino dalam beberapa musim terakhir ini sering dilanda cedera, namun dia tetap menjadi favorit penggemar di Anfield, serta menjadi anggota skuad Jurgen Klopp yang sangat dihargai.

Liverpool dan Firmino awalnya masih membahas mengenai kontrak baru untuk pemain berusia 31 tahun itu. Namun, kedatangan Cody Gakpo dan Darwin Nunez telah membatasi waktu bermainnya ketika dirinya sudah pulih dari cedera.

Namun, Firmino sempat diturunkan dari bangku cadangan untuk melengkapi skor dalam kemenangan 7-0 timnya atas Manchester United pada Minggu lalu. Saat itu dia melakukan selebrasi yang emosional di depan Klopp.

Usai pertandingan, Klopp mengkonfirmasi kepergian Firmino dari Merseyside. Dia mengakui bahwa itu bukanlah keputusan yang mudah untuk diambil oleh sang penyerang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bukan Keputusan Mudah

"Semua orang bisa membacanya - ini adalah situasi normal ketika kontrak berada pada satu titik dan pemain memutuskan itu [untuk pergi]," kata bos Liverpool itu.

"Itu bukan keputusan yang mudah baginya. Penerimaan yang dia dapatkan hari ini luar biasa. Dari semua gol yang kami cetak, itu adalah gol yang paling diinginkan."

3 dari 5 halaman

Pencetak Gol Terbanyak

Selain mencetak gol ketujuh Liverpool dalam kemenangan bersejarah mereka atas MU, Firmino juga mebuat assist untuk gol kedua Mohamed Salah, dan menjadikan pemain Mesir itu menjadi pencetak gol terbanyak untuk The Reds sepanjang masa.

Firmino kini membukukan 108 gol dan 79 assist dalam 354 penampilan untuk Liverpool sejak bergabung pada 2015, termasuk 10 gol dan lima assist dari 27 pertandingan pada musim 2022-23.

4 dari 5 halaman

Banyak Tawaran

Terlepas dari masalah kebugarannya, Firmino sepertinya tidak akan kekurangan tawaran ketika dia menjadi pemain bebas di musim panas. Bahkan, kepindahan ke Arab Saudi telah diperdebatkan dengan kuat.

Atletico Madrid juga dikabarkan mengincar pemain asal Amerika Selatan itu jika Joao Felix bergabung dengan Chelsea secara permanen. Selain itu, tiga klub Serie A juga siap memberikan penawaran.

Namun, agen Firmino Roger Wittmann baru-baru ini mengatakan kepada Football Insider bahwa sang penyerang belum memikirkan masa depannya usai tinggalkan Liverpool.

5 dari 5 halaman

Selamat Tinggal

"Rencana kami untuk beberapa minggu ke depan - ini adalah rencana Roberto - adalah untuk menunjukkan kepada manajer dan Liverpool akhirnya kembali mengucapkan selamat tinggal versi terbaiknya.Inilah yang ingin dia lakukan," katanya.

"Ini adalah pertama kalinya dalam hidup saya dia adalah pemain bebas agen dan dia berkata tidak perlu berbicara dengan orang lain! Jadi dia tidak termotivasi oleh klub lain atau dengan persyaratan keuangan - jauh dari itu."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.