Sukses

Lewat F1 Powerboat Danau Toba 2023, Menpora Berharap Muncul Atlet dan Federasi Nasional

Dari seri perdana F1 Powerboat Danau Toba 2023 Menpora Zainudin Amali berharap berdampak baik terhadap Indonesia dan dapat memicu lahirnya atlet berprestasi serta federasi nasional.

Liputan6.com, Toba Seri perdana F1 Powerboat Danau Toba 2023 berlangsung seru dan menarik. Juara Race 1, Bartek Marszalek asal Stromoy Racing hanya unggul 01,97 dari juara kedua, Sami Selio dari tim Sharjah. Posisi ketiga diraih oleh Eril Stark asal tim Victory.

Ajang F1 Powerboat Danau Toba 2023 berlangsung di Pelabuhan Muliaraja Napitupulu, Balige, Toba, Sumatera Utara pada Minggu (26/2). Presiden Joko Widodo, Menko Luhut Pandjaitan dan Menpora Zainudin Amali yang menyaksikan balapan air tersebut mendapat kesempatan untuk memberikan trofi F1 Powerboat Danau Toba 2023 kepada para juara sekaligus ucapan selamat kepada para pemenang.

Dari seri perdana F1 Powerboat Danau Toba 2023 ini, Menpora Zainudin Amali berharap berdampak baik terhadap Indonesia dan dapat memicu lahirnya atlet dan federasi nasional. Guna mencapai harapan itu, perlu kerja sama yang kuat dengan stakeholder terkait.

“Ini menjadi harapan kita untuk memicu dan menyiapkan federasi nasionalnya. Saya sudah minta tolong kepada IMI (Ikatan Motor Indonesia) untuk siapkan itu,” kata Menpora Amali usai meninjau venue F1 Powerboat di Kabupaten Toba, Sumatera Utara.

Menpora Amali menilai kepercayaan federasi internasional kepada Indonesia sangat luar biasa. Sebab, Indonesia saat ini belum memiliki federasi nasional dan juga pembalapnya. 

“Harapan saya IMI dan stakeholder terkait bersama-sama mendorong dalam upaya agar Indonesia punya federasi nasional dan juga punya pembalapnya,” sambung Menpora Amali.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Event Balap Berdampak bagi Sektor Ekonomi dan Sport Tourism

Di samping itu, Menpora Amali bilang F1 Powerboat Danau Toba 2023 memiliki dampak luar bisa di sektor ekonomi. Menpora Amali berharap event ini bisa secara terus menerus bisa berlangsung di Danau Toba.

“Setiap pelaksanaan balap air seperti ini berkaitan erat dengan sport tourism. Karena olahraga ini mendatangkan penonton lokal dan dunia. Dampak ekonomi sangat luar bisa dirasakan terutama daerah penyelenggara. Semoga mereka yang datang hari ini bisa akan datang lagi melihat Danau Toba yang indah,” pungkas Menpora Amali.

Secara khusus, Zainudin Amali memuji keindahan Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut) sebagai venue penyelenggaraan F1 Powerboat 2023. Ia menilai antusias masyarakat dalam menyambut penyelenggaraan balap diatas air ini sangat luar biasa.

“Kita bisa lihat antusiasme masyarakat sangat luar bisa. Mereka bahkan ada yang jalan kaki jauh. Mereka semangat menyambut penyelenggaraan F1 Powerboat,” ujar Menpora Amali.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.