Sukses

Seri Perdana F1 Powerboat Danau Toba 2023, Menpora Amali Serahkan Trofi Juara Tiga Eril Stark

Menpora Zainudin Amali menyerahkan trofi F1 Powerboat Danau Toba 2023 kepada juara ketiga, Eril Stark asal tim Victory.

Liputan6.com, Toba Perhelatan ajang balap F1 Powerboat Danau Toba 2023 di Pelabuhan Muliaraja Napitupulu, Balige, Toba, Sumatera Utara pada Minggu (26/2) mendapat antusiasme tinggi dari para penggemar balap dan masyarakat luas, termasuk Presiden RI Joko Widodo, Menko Luhut Pandjaitan, dan Menpora Zainudin Amali.

Ketiganya, secara bergantian memberikan trofi kepada para pemenang race pertama F1 Powerboat Danau Toba 2023. Dimulai dengan Menpora Zainudin Amali yang menyerahkan trofi kepada juara ketiga, Eril Stark asal tim Victory. 

Disusul kemudian Menko Luhut Binsar Pandjaitan yang memberikan trofi kepada Sami Selio dari tim Sharjah yang menempati urutan kedua. Setelahnya, Presiden Joko Widodo memberikan trofi kepada sang juara race 1 Bartek Marszalek, pembalap dari Stromoy Racing.

Usai memberikan selamat dan trofi, ketiganya kemudian foto bersama dengan para pemenang race pertama F1 Powerboat Danau Toba 2023 yang berlangsung pada Minggu pagi. Untuk race kedua sejatinya berlangsung pada sore hari, namun balapan air itu dihentikan karena alasan keselamatan karena cuaca dan angin kencang sehingga tinggi ombak mencapai 1,5 meter.

Berkaitan dengan F1 Powerboat Danau Toba 2023, Presiden Joko Widodo mengaku balapan air yang berlangsung di Danau Toba tahun ini sangat seru untuk disaksikan. Ini merupakan pengalaman pertama yang dirasakan.

“Ya saya bicara apa adanya ya, ini adalah sebuah event yang sangat seru sekali dan saya baru pertama kali melihat F1 Powerboat ini. Diharapkan event internasional ini bisa membangun brand di Danau Toba,” kata Presiden.

Menurut Kepala Negara, beberapa event olahraga internasional yang sudah terselenggara di Indonesia membawa dampak ekonomi yang baik pada setiap daerah. 

“Saya kira (event olahraga internasional) ini akan men-trigger ekonomi daerah. Tentu ini sangat bagus sekali. Semua akan kita jajaki,” ujar Presiden. 

Menpora Amali menilai antusias masyarakat dalam menyambut penyelenggaraan balap diatas air ini sangat luar biasa. Ini bisa dilihat masyarakat ramai-ramai datang ke lokasi.

“Kita bisa melihat antusiasme masyarakat sangat luar biasa. Mereka bahkan ada yang jalan kaki jauh. Mereka semangat menyambut penyelenggaraan F1 Powerboat,” ujar Menpora Amali yang tiba di Bandara Silangit, Tapanuli Utara, Sabtu (25/2).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menpora Puji Venue Balap dan Keindahan Danau Toba

Kemenpora sendiri telah melakukan berbagai upaya untuk menyukseskan gelaran F1 Powerboat Danau Toba 2023. Koordinasi intens dengan berbagai pihak, termasuk meninjau langsung venue balapan.

Menpora Amali tiba di Bandara Silangit, Tapanuli Utara, Sabtu (25/2) sekitar pukul 14.35 WIB. Kedatangan Menpora Amali disambut Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumut Baharuddin Siagian. 

Dalam peninjauannya, Menpora Amali ditemani Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan sejumlah pejabat lainnya. Rombongan tampak mengecek sejumlah area hingga tribun. Secara khusus, Zainudin Amali memuji keindahan Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut) sebagai venue penyelenggaraan F1 Powerboat 2023.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.