Sukses

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Saksikan Seri Perdana F1 Powerboat Lake Toba 2023

Presiden Jokowi menilai balapan F1 Powerboat Lake Toba 2023 erupakan ajang internasional yang sangat menarik untuk disaksikan.

Liputan6.com, Danau Toba - Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo menyaksikan langsung balapan F1 Powerboat Lake Toba 2023 di Pelabuhan Muliaraja Napitupulu Balige, Kabupaten Toba Sumatra Utara, Minggu (26/2).Balapan di Danau Toba tersebut merupakan seri pertama kompetisi perahu balap kursi tunggal pada musim ini.

Pada balapan ini, Bartek Marszalek dari tim Stromoy Racing F1H2O meraih juara pertama F1 Powerboat Lake Toba. Start dari posisi terdepan, dia mengalahkan Sami Selio dari tim Sharjah yang harus puas finis di posisi kedua.

Sementara itu, Eric Stark dari tim Victory finis di peringkat ketiga. Sedangkan juara bertahan Shaun Torrente dari tim Abu Dhabi harus puas finis di posisi ke-10.

Dengan capaian tersebut, Bartek Marszalek yang berasal dari Polandia mengantongi 20 poin dan duduk di puncak klasemen sementara F1H2O. Sedangkan Sami Selio dan Eric Stark berada di peringkat kedua serta ketiga dengan nilai masing-masing 15 dan 12 poin.

Usai balapan, Presiden Jokowi menyerahkan langsung trofi kepada juara di podium. Presiden yang untuk pertama kalinya menyaksikan balapan F1H2O menilai gelaran ini merupakan ajang internasional yang sangat menarik untuk disaksikan.

"Saya bicara apa adanya ya, ini sebuah event yang sangat seru dan saya juga baru pertama kali melihat F1 Powerboat ini," kata Presiden dalam keterangannya kepada awak media selepas acara.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pembalap favorit

Saat ditanya pembalap favoritnya, Presiden Jokowi menyebut Marit Stromoy. Pembalap asal Norwegia itu merupakan satu-satunya peserta wanita pada ajang F1H2O.

"Tadi ada yang cewek, Stromoy, yang tadi saya sampaikan ternyata dia juga seorang penyanyi, musisi yang baik di negaranya," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Jajaran menteri

Selain Presiden Joko Widodo, turut hadir menyaksikan gelaran F1H2O antara lain Ketua MPR Bambang Soesatyo, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Selain itu, ada juga Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno,

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi, dan Bupati Toba Poltak Sitorus juga menyaksikan langsung balapan ini. Ada juga Direktur Utama InJourney Dony Oskaria, dan Presiden F1H2O/Powerboat Nicola di San Germano.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.