Sukses

Wajah Barcelona Usai Disingkirkan MU dari Liga Europa 2022/2023: Kokoh di Liga, Rapuh di Eropa

Barcelona harus mengubur asanya untuk meraih kejayaan di kompetisi Eropa setelah takluk di Old Trafford, Jumat (24/2/2023) dini hari dengan skor 2-1.

Liputan6.com, Jakarta - Barcelona harus mengubur asanya untuk meraih kejayaan di kompetisi Eropa setelah takluk di Old Trafford, Jumat (24/2/2023) dini hari dengan skor 2-1 (Agregat 4-3). Skuad besutan Xavi Hernandez mau tak mau harus pulang ke Spanyol dengan kekecewaan. Padahal, mereka saat ini sedang memimpin perburuan gelar La Liga dengan selisih delapan poin dari Real Madrid di posisi kedua.

Sebelumnya, Barcelona gagal lolos ke fase gugur Liga Champions setelah finis di urutan ketiga setelah Inter Milan dan Bayern Munchen yang membuat mereka harus turun kasta ke Liga Europa.

Namun, Sergio Busquets dan kawan-kawan gagal memanfaatkan kesempatan kedua mereka untuk memperoleh gelar di tingkat Eropa setelah dipaksa mengakui keunggulan The Red Devils.

Hasil buruk yang diraih Barca di kancah Eropa sangat kontras dengan apa yang sejauh ini mereka capai di La Liga. Pasukan Xavi tersebut saat ini berada di puncak klasemen dan terpaut delapan poin dari rival El Clasico mereka, Real Madrid yang berada di posisi kedua. Selain itu, Blaugrana hanya kebobolan tujuh gol dari 22 pertandingan yang dimainkannya di kompetisi domestik.

Bahkan, Barca belum terkalahkan dalam 10 pertandingan liga terakhir yang dilakoninya dan hanya tiga kali Marc Andre Ter-Stegen harus memungut bola dari gawangnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rentetan Hasil Buruk di Eropa

Kendati performa Barcelona sangat solid di liga, Xavi tidak bisa membawa penampilan serupa ke kancah Eropa. Saat masih berkompetisi di Liga Champions, Barca hanya mampu memetik dua kemenangan dari enam laga yang dimainkan di fase grup dan menelan tiga kekalahan dan satu hasil imbang.

Atas hasil buruk tersebut, Xavi harus puas melihat tim asuhannya bertengger di urutan ketiga dan turun kasta ke Liga Europa.

Namun, turun ke Liga Europa ternyata tidak membuat jalan Barcelona menjadi mulus. Barca langsung dihadapkan dengan Manchester United pada babak play off. Di leg pertama, Blaugrana hanya meraih hasil imbang kala menjamu Setan Merah di Camp Nou.

Hingga akhirnya, Xavi dan skuadnya harus angkat kaki dari Liga Europa setelah takluk di Old Trafford dengan skor 2-1. Dengan begitu, Barcelona total telah kebobolan sebanyak 16 gol dari 8 laga yang dimainkannya di kompetisi Eropa.

3 dari 4 halaman

Fokus di La Liga

Dengan terdepaknya Barcelona dari Liga Europa, Xavi kini dapat memusatkan energi pasukannya untuk memetik kejayaan di kancah domestik. Saat ini, mereka memiliki peluang besar untuk menjadi juara La Liga. Performa Barca di liga belakangan sedang konsisten dengan mencatatkan lima kemenangan dari lima laga terakhirnya.

Sementara rival mereka, Real Madrid sedang angin-anginan di liga. Skuad besutan Carlo Ancelotti tersebut hanya dapat memetik tiga kemenangan, satu kekalahan dan hasil imbang dari lima pertandingan domestik terakhirnya. Inkonsistensi Los Blancos harus membuat mereka puas terpisah delapan poin dari pemuncak klasemen La Liga.

Kedua raksasa Spanyol ini juga akan bertemu dalam leg pertama putaran semi final Copa del Rey pada Jumat (3/3/2023). Melihat performa Madrid belakangan ini, sepertinya Barcelona memiliki kesempatan yang bagus untuk memenangkan laga El Clasico tersebut.

4 dari 4 halaman

Beda Nasib

Sementara itu, skuad Erik ten Hag semakin menanjak meneruskan tren positif. Saat ini, hanya Manchester United satu-satunya tim di Liga Inggris yang masih berkesempatan memenangkan empat trofi di musim ini.

The Red Devils sejauh ini masih kokoh berada di urutan ketiga dengan mengantongi 49 poin dari 24 pertandingan. Mereka hanya terpisah lima poin dari pemuncak klasemen, Arsenal. Ten Hag dan pasukannya juga akan melakoni laga final Piala Liga atau Carabao Cup di Wembley Stadium, Minggu (26/2/2023) pukul 23.30 WIB.

Tidak hanya itu, Bruno Fernandes dan rekan-rekannya diagendakan akan menjamu West Ham dalam putaran kelima Piala FA di Old Trafford, Kamis (2/3/2023) pukul 02.45 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Fútbol Club Barcelona, juga dikenal sebagai Barcelona atau Barça.
    Fútbol Club Barcelona, juga dikenal sebagai Barcelona atau Barça.

    Barca

  • Liga Europa adalah ajang kompetisi bergengsi kedua di daratan Eropa setelah Liga Champions
    Liga Europa adalah ajang kompetisi bergengsi kedua di daratan Eropa setelah Liga Champions

    Liga Europa

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Xavi Hernandez merupakan eks pemain sekaligus legenda FC Barcelona yang kini menjajaki karier sebagai seorang pelatih Blaugrana
    Xavi Hernandez merupakan eks pemain sekaligus legenda FC Barcelona yang kini menjajaki karier sebagai seorang pelatih Blaugrana

    Xavi Hernandez

  • Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga
    Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga

    Real Madrid

  • Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa
    Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa

    Liga Champions