Sukses

Liverpool Vs Real Madrid, Ini Fakta Mengenaskan Jurgen Klopp dari Carlo Ancelotti

Duel Liverpool vs Real Madrid pada babak 16 besar Liga Champions akan menjadi kesempatan Jurgen Klopp balas dendam ke Carlo Ancelotti.

Liputan6.com, Jakarta - Juergen Klopp dihadapkan dengan tugas yang sulit untuk diatasi tengah pekan ini. Manajer Liverpool itu akan menghadapi pelatih yang sepertinya tidak bisa dia dominasi.

Carlo Ancelotti namanya. Ahli taktik asal Italia itu akan membawa Real Madrid ke Stadion Anfield untuk menghadapi Liverpool pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Rabu dini hari WIB, (22/2/2023).

Klopp sudah 11 kali menghadapi Ancelotti di sepanjang kariernya yang terkenal bersama Napoli, Everton, dan Real Madrid.

Hasilnya, Klopp cuma menang tiga kali, dan tiga kali imbang. Sedangkan lima pertandingan lainnya, Klopp dibuat Ancelotti tak berdaya.

Kekalahan terakhir yang dialami Klopp dari Ancelotti adalah final Liga Champions musim lalu. Los Blancos mengalahkan Liverpool 1-0 dalam laga final di Stade de France, Paris, Prancis, 29 Mei 2022.

Satu gol Vinicius Junior pada menit ke-59 menjadi gol penentu kemenangan. Dengan hasil tersebut , Real Madrid kini mengoleksi 14 trofi Kejuaraan Eropa.

Bagi Ancelotti, itu menjadi trofi Liga Champions keempat dari lima final yang dia jalani. Dua gelar bersama AC Milan pada 2003 dan 2007, serta dua kali dengan Real Madrid pada 2014 dan 2022.

Ancelotti pun menjadi pelatih pertama yang pernah menjuarai Liga Champions sebanyak empat kali dalam sejarah. Pelatih berusia 63 tahun itu melewati pencapaian legenda Real Madrid, Zinedine Zidane dan pelatih legendaris Liverpool, Bob Paisley.

Kehebatan Ancelotti pun diakui Klopp. Dia menyebut Ancelotti merupakan salah satu pelatih terberat yang pernah dia temui.

Klopp bahkan merasa Ancelotti adalah yang terbaik ,terutama dalam mengatur sumber daya pemain di  skuad Real Madrid.

"Dia adalah salah satu orang paling santai yang bisa Anda temui. Dia sangat rendah hati, dan manajemen manusianya berada pada level yang berbeda dari kita semua," kata Klopp dilansir BBC.

"Real Madrid selalu sangat kompetitif. Kombinasi ini merupakan kombinasi yang sulit," tambah Klopp tentang kehebatan Ancelotti.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Dendam Membara

Tapi, Klopp tak patah arang. Dia tidak sabar menantikan laga dan segera menuntaskan dendamnya yang terpendam sejak kekalahan di final Liga Champions musim lalu.

Klopp ingin membalaskan dendam Liverpool dengan kemenangan di hadapan publik sendiri. Kemenangan akan menjadi harga mati mengingat Liverpool akan kesulitan untuk mencari kemenangan pada leg kedua ketika bermain di Santiago Bernabeu.

"Saya tidak sabar menunggu pertandingan. Pergi ke Bernabeu juga akan sulit. Tapi, siapa yang peduli? Ini adalah Liga Champions! Salah satu pertandingan terbesar di dunia. Ini akan menjadi permainan top dan saya senang kita bisa bermain sekarang," terang Klopp

"Untuk Real Madrid itu berbeda - bahkan jika mereka tidak bermain sebaik mungkin, mereka masih punya peluang. Itulah yang istimewa dari mereka," tambah Klopp.

3 dari 5 halaman

Liverpool Mulai Bangkit

Liverpool memang sedang dalam penurunan performa di Liga Inggris musim 2022/23. Namun hasil positif di dua laga terakhir membuat The Reds mulai percaya diri jelang laga melawan Real Madrid.

Dalam dua laga terakhir, Liverpool berhasil menang di derbi Merseyside dan taklukkan tim peringkat empat, Newcastle United.

"Empat minggu lalu itu akan berbeda, tetapi hidup adalah tentang waktu. Kami harus memainkan dua pertandingan super untuk dilalui. Kami harus berada dalam kondisi terbaik kami untuk mendapatkan peluang," ucap Klopp.

4 dari 5 halaman

Head to Head

Head to Head Liverpool vs Real Madrid

28/05/22: Liverpool 0-1 Real Madrid

14/04/21: Liverpool 0-0 Real Madrid

06/04/21: Real Madrid 3-1 Liverpool

26/05/18: Real Madrid 3-1 Liverpool

04/11/14: Real Madrid 1-0 Liverpool

5 dari 5 halaman

Prediksi Susunan Pemain

Liverpool: Alisson; Alexander-Arnold, Gomez, Van Dijk, Andrew Robertson; Bajcetic, Fabinho, Jordan Henderson; Mohamed Salah, Cody Gakpo, Diogo Jota

Real Madrid: Thibaut Courtois ; Dani Carvajal, Eder Militao, Antonio Rudiger, David Alaba; Dani Ceballos, Camavinga, Luka Modric; Valverde, Karim Benzema, Vinicius Jr.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.