Sukses

Hasil Liga Inggris: Chelsea Terpeleset, Manchester City Juga Tergelincir dan Gagal Kudeta Arsenal

Juara bertahan Manchester City harus puas bermain 1-1 melawan Nottingham Forest pada lanjutan Liga Inggris 2022/2023. Hasil di City Ground, Sabtu (18/2/2023), membuat anak asuh Pep Guardiola gagal ke puncak klasemen sementara.

Liputan6.com, Jakarta - Juara bertahan Manchester City harus puas bermain 1-1 melawan Nottingham Forest pada lanjutan Liga Inggris 2022/2023. Hasil di City Ground, Sabtu (18/2/2023), membuat anak asuh Pep Guardiola gagal ke puncak klasemen sementara.

Disalip Arsenal yang membungkam Aston Villa, The Citizens membutuhkan hasil positif atas Nottingham untuk merebut kembali posisi pertama. Mereka sempat kesulitan menembus pertahanan tuan rumah walau mendominasi penguasaan bola dan menghasilkan banyak peluang.

Gol yang dinanti akhirnya tiba melalui Bernardo Silva pada menit ke-41. Namun, tim tamu tidak bisa mencetak gol kedua demi menyudahi semangat tuan rumah. Ketidakmampuan tersebut pun berakibat fatal dengan tercipitanya gol Chris Wood di menit ke-84.

Man City kini mengoleksi 52 poin dari 24 pertandingan. Mereka tertinggal dua gol dari Arsenal meski bermain sekali lebih banyak.

Pada waktu bersamaan, klub raksasa lain Chelsea kembali harus menanggung mallu. Mereka ditaklukkan penghuni urutan buncit Southampton 0-1 di Stamford Bridge. 

Gol James Ward-Prowse pada menit ke-45+1 menjadi biang petaka The Blues. Dengan hasiil tersebut, anak asuh Graham Potter gagal menang di empat partai terakhir Premier League. Ambisi Chelsea lolos ke Liga Champions musim depan pun perlahan memudar.

Simak hasil Liga Inggris selengkapnya di halaman berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Arsenal Menang

Beberapa jam sebelumnya, Arsenal menang super dramatis 4-2 ketika dijamu Aston Villa. Pada laga di Villa Park itu, Meriam London ketinggalan dua kali dan baru bisa mencetak dua gol kemenangan di injury time babak kedua.

Dengan kemenangan ini Arsenal kembali memuncaki klasemen Liga Inggris dengan raihan 54 poin, unggul tiga dari juara bertahan Manchester City. Villa sendiri tertahan di urutan 11 karena baru mendapat 28 angka.

Aston Villa memulai laga dengan sangat baik. Laga berjalan lima menit Villa sudah membuka keunggulan. Penyerang Olie Watkins dengan baik menyelesaikan umpan dari Matty Cash.

Arsenal merespons dengan baik. Papan skor sudah berimbang 1-1 pada menit 16. Winger Bukayo Saka menyamakan skor setelah menyambar bola sapuan bek tengah Villa Tyrone Mings yang tidak sempurna.

Tiga menit kemudian Arsenal nyaris berbalik unggul. Bek Oleksandr Zinchenko melepaskan tendangan jarak jauh yang memaksa kiper Villa Emiliano Martinez jatuh bangun menyelamatkan gawangnya.

Villa secara mengejutkan bisa unggul lagi di menit 32. Philippe Coutinho merobek gawang Aaron Ramsdale lewat tendangan akurat meneruskan sodoran dari Alex Moreno. Skor 2-1 bertahan sampai turun minum.

Setelah jeda Arsenal berusaha keras segera menyamaka skor. Peluang emas terbuang percuma di menit 56. Sundulan penyerang Eddie Nketiah masih membentur mistar gawang Villa.

Papan skor akhirnya imbang 2-2 pada menit 61. Arsenal mencetak gol lewat skema tendangan penjuru pendek. Martin Odegaard mengumpankan bola sepak pojok kepada Zinchenko. Pemain Ukraina itu kemudian melepaskan tendangan keras ke gawang Villa.

Arsenal makin percaya diri dan mencari gol ketiga. Sayangnya dua peluang Nketiah dan satu kesempatan dari Odegaard masih belum membuahkan gol.

Villa justru nyaris kembali unggul lagi di menit 82 melalui aksi Leon Bailey. Beruntung bagi Arsenal, Ramsdale masih bisa menggagalkan aksi eks pemain Bayer Leverkusen itu.

Usaha Arsenal mencetak gol kemenangan baru berhasil di menit ketiga masa injury time. Tembakan keras Jorginho membentur tiang gawang, namun bola mengenai Martinez dan bergulir masuk ke gawang.

Arsenal memastikan tiga poin berkat gol Gabriel Martinelli di detik akhir. Gol ini tercipta karena Martinez maju ke kotak penalti Arsenal saat terjadi tendangan penjuru. Bola bisa dihalau, Martinelli kemudian berlari dan menceploskan bola ke gawang kosong.

3 dari 3 halaman

Hasil dan Jadwal Pekan Ini

Sabtu, 18 Februari 2023

Aston Villa vs Arsenal: 2-4

Brentford vs Crystal Palace: 1-1

Brighton & Hove Albion vs Fulham: 0-1

Chelsea vs Southampton: 0-1

Everton vs Leeds United: 1-0

Nottingham Forest vs Manchester City: 1-1

Wolverhampton Wanderers vs Bournemouth: 0-1

Minggu, 19 Februari 2023

00:30 WIB, Newcastle United vs Liverpool

21:00 WIB, Manchester United vs Leicester City

23:30 WIB, Tottenham Hotspur vs West Ham United

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.