Sukses

Langka, Ini Deretan 3 Pemain MU yang Mampu Cetak Gol di Camp Nou

Manchester United atau MU berhasil menahan imbang Barcelona 2-2 pada leg pertama babak playoff Liga Europa 2022/2023.

Liputan6.com, Jakarta - Bermain di liga yang berbeda, duel Manchester United vs Barcelona terbilang sangat langka. Reptuasi dan sejarah panjang kedua tim juga membuat laga selalu menarik perhatian penggemar sepak bola. 

Biasanya, MU dan Barca bertemu di kompetisi paling elite di Eropa, seperti Liga Champions maupun Piala Winners. Dari total 13 pertemuan sebelumnya, Setan Merah selalu kesulitan dan hanya mampu memenangkan tiga laga. Sementara 6 partai berakhir dengan kekalahan dan empat lainnya imbang.

Tahun ini, suasana sedikit berbeda. Kedua tim sama-sama terpaksa bermain di Europa League. Barcelona turun kasta setelah gagal menembus fase knock out Liga Champions 2022/2023. Sedangkan MU harus rela tampil di level kedua kompetisi Eropa karena terlempar dari posisi empat besar Liga Inggris musim lalu. MU dan Barcelona pun saling sikut di babak playoff Europa League 2022/2023 demi satu tiket ke 16 besar.

Leg pertama berlangsung di Camp Nou, Jumat (17/2/2023). Dalam duel ini, Setan Merah berhasil memberi perlawanan sengit hingga mampu memaksa pertandingan berakhir tanpa pemenang dengan skor 2-2. 

Dua gol Manchester United dicetak oleh Marcus Rahsford (52') dan bunuh diri Jules Kounde (59'). Sedangkan dua gol tuan rumah dicetak Marcos Alonso pada menit ke-50 dan Raphinha menit ke-76.  

MU masih barus berjuang pada leg kedua yang berlangsung di Old Trafford pada 24 Februari mendatang. Hanya saja, hasil imbang pada leg pertama setidaknya mengakhiri masa paceklik gol Manchester United di markas Barca yang terkenal angker bagi penyerang Setan Merah. Hingga saat ini, baru tiga pemain Setan Merah yang mampu mengukir skor di Camp Nou dengan total torehan secara keseluruhan 5 gol.   

Nah, siapa saja pemain-pemain hebat tersebut?  Berikut ini adalah profil singkat 3 pemain Manchester United yang mampu mencetak gol melawan Barcelona di Camp Nou.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Dwight Yorke

Striker berkebangsaan Trinidad dan Tobago ini tercatat membela Manchester United dari tahun 1998-2002. Ia berhasil mengantongi 65 gol dari 152 penampilannya dengan MU. Yorke juga merupakan salah satu pemain yang tergabung dalam skuad MU ketika mereka berhasil meraih treble winner pada tahun 1999.

Pemain kelahiran tahun 1971 tersebut tercatat berhasil mencetak brace melawan Barcelona pada babak grup Liga Champions musim 1998/99. Dua golnya tersebut datang pada menit 25 dan 68. Kendati begitu, MU hanya mampu meraih hasil seri pada pertandingan tersebut.

3 dari 4 halaman

2. Andy Cole

Andy Cole menjadi andalan ujung tombak MU selama tahun 1995-2001. Dari 275 penampilannya bersama setan merah, Cole berhasil mencetak 121 gol. Bersama dengan Dwight Yorke, mereka dikenal sebagai salah satu pasangan striker paling tajam sepanjang sejarah Manchester United. Sama seperti Yorke, Cole juga merupakan salah satu pemain yang ada di dalam skuad treble Manchester United.

Gol Andy Cole ke gawang Barcelona di Camp Nou dicetak di laga yang sama dengan Dwight Yorke. Umpan terobosan dari Yorke pada menit 53 berhasil dikonversi menjadi gol oleh Cole. Gol tersebut menjadikannya pemain Manchester United kedua yang dapat mencetak gol di Camp Nou.

4 dari 4 halaman

3. Marcus Rashford

Selepas berakhirnya ajang Piala Dunia 2022, Marcus Rashford berhasil menemukan performa terbaiknya. Sejauh ini, ia telah memberikan 30 kontribusi gol dari 35 pertandingan yang dilakoninya bersama Manchester United, terdiri dari 22 gol dan 8 assist. Dari 22 golnya tersebut, 14 di antaranya dicetak setelah gelaran Piala Dunia 2022. Statistik gemilang tersebut menjadikannya pemain dengan gol terbanyak di tahun 2023 sejauh ini.

Menyusul Andy Cole dan Dwight Yorke, Rashford berhasil mencatatkan namanya menjadi salah satu pemain MU yang dapat mencetak gol di Camp Nou. Gol tersebut datang 2 menit setelah gol Barcelona yang dicetak oleh Marcus Alonso ke gawang David de Gea. Pemain jebolan akademi MU tersebut berhasil mengeksploitasi sudut sempit pada gawang Ter Stegen dan mengonversinya menjadi gol penyeimbang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.