Sukses

Dirut Madura United Akui Ronaldo Kwateh Sudah Lama Dilirik Klub Turki

Direktur Utama Madura United Annisa Zhafarina Qosasi mengakui bahwa Ronaldo Kwateh sejatinya sudah lama menjadi subjek ketertarikan klub asal Turki.

Liputan6.com, Jakarta Direktur Utama Madura United Annisa Zhafarina Qosasi mengakui bahwa Ronaldo Kwateh sudah lama menjadi subjek ketertarikan klub asal Turki.

Menurutnya, perhatian terhadap wonderkid Timnas Indonesia itu mulai muncul ketika ia menjalani pemusatan latihan di negara tersebut pada 2022 silam.

“Sebenarnya sudah rada lama (Ronaldo Kwateh diincar klub Turki). Ya, (hampir) setahun, dari 2022, sejak TC (di Turki),” ujar Annisa saat ditemui selepas acara Kaukus Sepak Bola Nasional yang dieselenggarakan PSSI Pers di My Ten Cafe, Senayan Park, Jakarta, Senin (13/2/2023).

“Jadi kita dealing-nya memang sudah cukup lama untuk Ronaldo ini. Dealing prosesnya yang cukup lama,” sambung putri Achsanul Qosasi itu.

Sekadar informasi, Ronaldo Kwateh saat ini sedang tidak berada di Tanah Air. Ia belum bergabung dengan rekan-rekannya di Timnas Indonesia U-20 yang tengah menjalani TC sejak  awal Februari untuk mempersiapkan diri menghadapi kompetisi Piala Asia mendatang.

Usut punya usut, pesepak bola berusia 18 tahun itu memang tengah berupaya merampungkan kepindahannya ke klub Turki. Annisa sendiri sempat ogah membeberkan tim tujuan Ronaldo. Walau begitu, kabar menyebut sang pemain hijrah ke klub divisi kedua, Bodrumspor.

Mengacu pada informasi yang tertera di situs resmi kompetisi Liga Turki, TFF.org, nama Ronaldo Kwateh sudah tertera sebagai salah satu penggawa Bodrumspor musim ini.

Pemain yang pernah menimba ilmu di Akademi Persib itu diklaim mendapat lisensi per 13 Februari 2023 dan akan menjalani masa kontrak berdurasi dua tahun bersama Bodrumspor hingga 31 Mei 2025 mendatang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kembali ke Timnas Indonesia

Sebelumnya, Annisa juga sempat angkat bicara terkait peluang Ronaldo Kwateh kembali ke Tanah Air untuk membela skuad Garuda Nusantara jelang dihelatnya mini tournament dan kompetisi Piala Asia U-20 2023.

Ia mengeklaim pihak klub masih menjalin komunikasi dengan sang pemain dan PSSI. Namun, Dirut Madura United belum berani memberi kepastian terkait tanggal kepulangan Ronaldo.

"Memang kita lagi komunikasikan sama Ronaldo-nya sendiri, dia bagaimana keadaannya di sana. Kita komunikasi langsung juga sama PSSI, komunikasinya lancar. Jadi mungkin kita tunggu saja tanggal Ronaldo pulang membela Indonesia, ya," beber Annisa.

"(Tanggalnya) belum (bisa dipstikan). Nanti pasti kita kabari kok ke media. kapan Ronaldo pulang, dan apakah dia akan ikut TC segala macam, pasti ada (informasinya)," tambahnya.

3 dari 3 halaman

Agenda Timnas Indonesia U-20

Sekadar informasi, Timnas Indonesia U-20 bakal dihadapkan dengan sejumlah agenda penting dalam waktu dekat. Skuad asuhan Shin Tae-yong harus melakoni laga uji coba berjuluk ‘mini tournament’ melawan Fiji, Selandia Baru, dan Guatemala pada 17, 19, serta 21 Februari.

Setelahnya, Garuda Nusantara juga harus menyongsong kompetisi Piala Asia U-20 2023 yang dijadwalkan berlangsung di Uzbekistan pada 1-18 Maret mendatang. Ajang ini sekaligus menjadi tolok ukur TImnas Indonesia sebelum tampil di Piala Dunia U-20 2023.

Malang hingga kini komposisi skuad Garuda Nusantara tak kunjung komplet. Ronaldo menjadi satu dari sekian banyak penggawa yang belum bergabung dengan rekan-rekannya di timnas. Selain itu, Marselino Ferdinan juga masih berada di Belgia dengan klub barunya KMSK Deinze.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.