Sukses

Jelang Piala Asia U-20 2023, Madura United Belum Bisa Pastikan Waktu Kepulangan Ronaldo Kwateh

Direktur Utama Madura United Annisa Zhafarina Qosasi mengaku belum bisa memberi kepastian soal kapan Ronaldo Kwateh kembali ke Tanah Air untuk membela Timnas Indonesia jelang Piala Asia U-20 2023

Liputan6.com, Jakarta Direktur Utama Madura United Annisa Zhafarina Qosasi mengaku belum bisa memberi kepastian soal kapan Ronaldo Kwateh kembali ke Tanah Air untuk membela Timnas Indonesia jelang Piala Asia U-20 2023.

Menurutnya, pihak klub saat ini masih menjalin komunikasi dengan PSSI serta sang pemain sendiri. Akan tetapi ia tak bisa mengonfirmasi apakah Ronaldo bakal ikut tampil dalam mini tournament yang berlangsung mulai 17 Februari mendatang.

"Memang kita lagi komunikasikan sama Ronaldo-nya sendiri, dia bagaimana keadaannya di sana. Kita komunikasi langsung juga sama PSSI, komunikasinya lancar. Jadi mungkin kita tunggu saja tanggal Ronaldo pulang membela Indonesia, ya," ujarnya kepada awak media.

"(Tanggalnya) belum (bisa dipstikan). Nanti pasti kita kabari kok ke media, kapan Ronaldo pulang, dan apakah dia akan ikut TC segala macam, pasti ada (informasinya)," sambung Annisa saat ditemui selepas acara Kaukus Sepak Bola Nasional di My Ten Cafe, Senayan, Senin (13/2/2023).

Seperti diketahui, Garuda Nusantara memang bakal dihadapkan dengan sejumlah agenda penting dalam waktu dekat. Skuad asuhan Shin Tae-yong harus melakoni laga uji coba kontra Fiji, Selandia Baru, dan Guatemala pada 17, 19, serta 21 Februari.

Setelahnya, Timnas Indonesia harus menyongsong kompetisi Piala Asia U-20 2023 yang dijadwalkan berlangsung di Uzbekistan pada 1-18 Maret mendatang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemusatan Latihan

Pelatih Timnas Indonesia U-20 telah merancang berbagai agenda persiapan bagi anak-anak asuhnya sebelum mentas di turnamen sepak bola level Asia.

Juru taktik asal Korea Selatan itu memanggil 30 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) sejak 1 Februari lalu. Sayangnya hingga kini, skuad Garuda Nusantara tak kunjung komplet.

Ronaldo Kwateh menjadi satu dari sekian banyak penggawa yang belum bergabung dengan rekan-rekannya di timnas. Selain itu, Marselino Ferdinan juga masih berada di Belgia dengan klub barunya KMSK Deinze.

3 dari 3 halaman

Tanggapan PSSI

Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri sempat angka bicara terkait posisi Ronaldo dan Marselino. Ia berharap kedua penggawa dapat segera kembali ke Indonesia, agar bisa memperkuat Garuda Nusantara di mini tournament dan Piala Asia.

“Kalau dulu, kita ingin anak-anak kita main di Eropa. Sekarang sudah main di Eropa, kita ingin dia kembali cepat-cepat ke Tanah Air,” tuturnya saat ditemui di sela-sela FGD Penyempurnaan Inpres No 3 Tahun 2019 pada Senin (13/2/2023).

“Kalau dari sisi kita, timnas, kadang-kadang mereka memang butuh bareng-bareng. Karena siapa yang bisa jamin Marselino benar-benar (dapat menit) main di situ (di klub barunya)? Kan jadi menurun performanya (jika tidak main).”

“Walaupun latihannya bagus, tetapi kalau tidak ada main kan susah juga. Jadi kita berharap (mereka bisa kembali). PSSI bersurat ke klubnya, tetapi klubnya belum balas,” tandas dia kepada awak media.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.