Sukses

Orang Terkaya Inggris Siap Kalahkan Investor Qatar untuk Beli MU

Orang terkaya di Inggris mengambil jalan pintas untuk membeli MU dari keluarga Glazer.

Liputan6.com, Jakarta Sir Jim Ratcliffe telah meningkatkan usahanya untuk membeli Manchester United. Orang terkaya di Inggris itu dikabarkan bakal menggandeng dua bank yakni Goldman Sachs dan JPMorgan untuk mengalahkan investor Qatar.

Sir Jim Ratcliffe mengonfirmasi pada Januari 2023 bahwa dia bermaksud untuk mencoba dan merebut kendali di Old Trafford dari keluarga Glazer, yang mengumumkan pada November bahwa klub tersebut akan dijual.

Ratcliffe adalah pihak pertama yang mengumumkan minatnya pada MU, tetapi laporan awal pekan ini mengklaim dia akan menghadapi persaingan dari sekelompok investor Qatar.

Tawaran resmi untuk United akan diajukan karena Avram dan Joel Glazer ingin segera menjual dan mengakhiri hampir 18 tahun kepemilikan.

Ratcliffe pun menyusun rencana untuk memuluskan hasratnya memiliki MU. Dia mengambil jalan pintas saat menawarkan kerja sama dengan Goldman Sachs dan JPMorgan.

Menurut laporan Bloomberg, kedua jasa keungan itu akan melakukan studi kelayakan atas tawaran Ratcliffe untuk mengambil alih Setan Merah.

Laporan itu menambahkan Goldman Sachs dan JPMorgan akan bersedia mendukung tawaran pengambilalihan dengan obligasi dan pinjaman yang akan membuat kedua bank menutupi nilai utang United yang ada - mencapai sekitar $800 juta (£658 juta).

The Glazers awalnya menetapkan label harga antara £6 miliar dan £8 miliar untuk Setan Merah, tetapi jumlah sekitar £4 miliar hingga £4,5 miliar tampak lebih realistis.

Klub ini memiliki nilai sekitar £3 miliar di New York Stock Exchange, jadi tawaran hingga £4,5 miliar sudah cukup untuk menutup pengambilalihan penuh dari keluarga kaya raya Amerika itu.

Ratcliffe, yang merupakan penggemar United sejak kecil, dan pemegang tiket musiman di Stamford Bridge sebelumnya telah gagal dalam upaya terakhirnya untuk membeli Chelsea dari Roman Abramovich tahun lalu. Chelsea pada akhirnya jatuh ke tangan Todd Boehly.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sudah Punya Klub

Sebenarnya, Pemilik INEOS itu sudah memiliki beberapa usaha di bidang olahraga dan memiliki klub Prancis Nice. Namun, dia berbicara beberapa waktu lalu tentang keinginannya untuk memiliki klub papan atas.

Pada bulan Januari, juru bicara Ratcliffe mengonfirmasi kepada The Times, "Kami telah secara resmi memasukkan diri kami ke dalam proses mengenai tawaran pengambilalihan untuk United," ucapnya.

Setan Merah telah dimiliki oleh keluarga Glazer sejak 2005, ketika mereka menyelesaikan pembelian dengan leverage yang kontroversial.

Fans semakin marah pada pemilik klub dalam beberapa tahun terakhir karena hasil yang buruk, pembayaran dividen yang tidak populer dan skandal Liga Super Eropa.

Ratcliffe sebelumnya berbicara sangat tinggi tentang Glazers, tetapi tidak dapat disangkal dia akan menjadi pemilik yang jauh lebih populer di mata setia Setan Merah jika berhasil membeli klub tersebut.

3 dari 5 halaman

Investor Qatar

Sebelumnya, Investor asal Qatar dikabarkan juga siap menggelontorkan dana untuk membeli Setan Merah. Dilansir Daily mereka siap membelanjakan lebih dari £6 miliar (Rp109 triliun) hanya untuk membeli klub tersebut.

Bukan cuma itu, investor Qatar juga tidak keberatan untuk menghabiskan £2 miliar (Rp37 triliun) untuk memperbaiki atau membangun kembali Old Trafford, sebelum bersaing dengan klub elite Eropa di bursa transfer.

Investor Qatar ini akan mulai mengajukan penawaran dalam beberapa hari ke depan. Penguasa Man United Glazers bersaudara disebutkan membuka tenggat negosiasi hingga pertengahan Februari.

Menurut laporan yang sama, para investor dari Timur Tengah itu 'percaya diri untuk mengalahkan para pesaing,' karena mereka berusaha untuk membeli klub yang disebut 'permata mahkota' sepak bola.

"Ada dana signifikan yang tersedia. Orang-orang ini serius. Mereka ingin memastikan bahwa United berada di tempat yang seharusnya dan mereka yakin penawaran mereka akan menjadi yang terkuat," kata seorang sumber Daily Mail.

"Mereka ingin memperkuat skuad untuk menempatkan mereka kembali di puncak tetapi mereka juga ingin menjadikan pembelian ini untuk kebaikan masyarakat.

"Mereka juga ingin membangun keberhasilan Piala Dunia. Mereka menyadari bahwa Manchester United adalah klub sepak bola terbesar di dunia, permata mahkota, dan ada tekad kuat untuk membelinya dan membawanya ke tempat yang seharusnya." ucap sumber tersebut.

4 dari 5 halaman

Keluarga Besar PSG?

Namun perkara pembelian saham ini tak akan berjalan mudah. Man United setidaknya harus mendapat persetujuan dari Liga Premier sebelum transaksi dilakukan.

Apalagi, ada dugaan bahwa para investor ini masih satu keluarga dengan Qatar Sports Investments (QSI).

Peraturannya, UEFA melarang satu entitas punya dua klub yang bermain di kompetisi yang sama, PSG dan United mungkin akan bertemu di Liga Champions atau kompetisi antarklub Eropa lain.

5 dari 5 halaman

Persaingan Timur Tengah

Ambisi menguasai Man United dari investor Qatar ini disebut ada kaitannya dengan sang tetangga Manchester United. Saat ini The Citizens lebih dominan karena didukung investor asal Abu Dhabi.

Jika investor Qatar masuk ke United, maka persaingan antarklub akan makin ketat. Sebab, bakal ada adu gengsi antara negara Timur Tengah di lapangan Premier League.

Saat ini, sudah ada dua klub Premier League yang dimiliki investor asal Timur Tengah. Manchester City berada di bawah kendali pemilik asal Uni Emirat Arab. Lalu, ada Newcastle United yang mendapat investor dari Arab Saudi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.