Sukses

Jelang Piala Dunia U-20 2023, Menpora Minta Kemenkumham Segera Tuntaskan Naturalisasi Pemain

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali berharap proses naturalisasi pemain dapat segera rampung jelang dihelatnya Piala Dunia U-20 2023 pada Mei hingga Juni mendatang.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengaku telah berkoordinasi dengan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) terkait naturalisasi sejumlah pemain jelang Piala Dunia U20 2023.

Sekadar informasi, saat ini terdapat penggawa yang ditargetkan untuk menjadi amunisi baru bagi Timnas Indonesia U-20 di FIFA World Cup U-20. Ketiga nama yang dimaksud adalah Justin Hubner, Ivan Jenner, dan Rafael Struick.

Menpora berharap proses naturalisasi tersebut dapat segera beres, agar para pemain bisa secepatnya memperkuat Garuda Nusantara dalam ajang sepak bola bergengsi yang dihelat di Tanah Air pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

“Mereka (pemain naturalisasi) dalam proses di Kemenkumham, saya sudah koordinasi. Semoga proses itu cepat,” ujarnya seperti dilansir dari situs Kemenpora.

“Semoga dengan kehadiran pemain naturalisasi, dapat membantu Timnas Indonesia meningkatkan kualitas (di Piala Dunia U-20 mendatang),” kata Zainudin Amali dalam kesempatan yang sama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harapan Presiden

Lebih lanjut, Menpora juga sempat mengungkap harapan Presiden Joko Widodo bagi Timnas Indonesia jelang perhelatan Piala Dunia U-20 2023. Menurutnya, tokoh tertinggi Tanah Air tak menuntut hasil yang muluk-muluk.

Jokowi hanya berharap Garuda Nusantara tampil maksimal. Jika memungkinkan, Timnas Indonesia U-20 setidaknya diharapkan lolos dari babak penyisihan.

“Bapak Presiden mengharapkan anak-anak (Timnas Indonesia) main secara maksimal. Beliau (Presiden) tidak menargetkan muluk-muluk. Presiden tahu (kualitas) tim yang berlaga nanti," ujar Menpora Amali, mengutip situs resmi Kemenpora.

“Sekali lagi, Bapak Presiden mengharapkan anak-anak main bagus, main maksimal. Kalau boleh ya jangan berhenti di babak penyisihan. Kita harus lolos, itu harapan dari Bapak Presiden," katanya menambahkan.

3 dari 3 halaman

Lokasi Piala Dunia U-20

Seperti diketahui, Indonesia telah dipercaya menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Pemerintah pun sudah menyiapkan enam stadion, yang tersebar di enam kota berbeda, untuk digunakan sebagai lokasi penyelenggaraan kompetisi tersebut.

Adapun tempat-tempat yang dimaksud ialah Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali), dan Stadion Jakabaring (Palembang).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sebelumnya membeberkan progres persiapan stadion-stadion di Indonesia jelang Piala Dunia U-20.

Dia menyatakan tahapan revitalisasi saat ini sudah mendekati 100 persen.Pihaknya juga memastikan revitalisasi stadion-stadion tersebut bakal rampung sebelum April 2023.

“(Persiapan) menuju itu (100 persen). (Sebelum April 2023) kami siap. Semua yang masuk dalam program (Piala Dunia) U20 dan tempat untuk latihan (juga siap),” kata Basuki Hadimuljono, seperti dilansir dari Antara, Kamis (2/2/2023) lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.