Sukses

Dapat Lampu Hijau dari FIFA, Menpora Pastikan Ada Seremoni Pembuka dan Penutup di Piala Dunia U-20 2023

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali memastikan bakal ada seremoni pembukaan dan penutupan Piala Dunia U-20 2023 Indonesia setelah pihaknya mendapat lampu hijau dari FIFA.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali menyatakan Indonesia sudah mendapat lampu hijau dari FIFA untuk mengadakan acara seremoni pembukaan dan penutupan Piala Dunia U20 2023.

Menurut dia, agenda tersebut sejatinya tidak umum diadakan di negara-negara lain yang sudah lebih dulu menjadi tuan rumah FIFA World Cup U-20. Walau begitu, Tanah Air telah mengantongi izin untuk menghelat ceremony yang dimaksud.

“Ada satu hal yang berbeda di (Piala Dunia) U-20 (Indonesia). Di beberapa negara sebelumnya, sebenarnya U-20 itu tidak ada seremonial pembukaan atau opening-nya,” tutur Menpora.

“Akan tetapi, khusus untuk Indonesia, (seremoni) ini, oleh Presiden FIFA diizinkan,” sambungnya usai menyaksikan laga BRI Liga 1 2022/2023 antara Persib Bandung vs PSS Sleman di Stadion GBLA, Bandung, Minggu (5/2/2023), seperti dilansir dari Antara.

Zainudin Amali mengeklaim, pembicaraan terkait hal ini dilakukannya secara langsung dengan Gianni Infantino selaku Presiden FIFA, saat hendak menyaksikan pertandingan final Piala Dunia di Qatar beberapa waktu lalu. Infantino kala itu sudah memberi sinyal persetujuan.

“Kita berbicaraa (saat) siang (dengan Presiden FIFA), dan (dia menyatakan) oke,” sambung menteri berusia 60 tahun tersebut.

Sekadar informasi, upacara pembukaan dan penutupan Piala Dunia U20 rencananya bakal dihelat di Gelora Bung Karno, Jakarta. Menpora menyatakan pihaknya bakal berupaya membatasi seremoni agar tidak semeriah yang dilakukan di Piala Dunia level senior.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadwal Piala Dunia U-20

Piala Dunia U-20 2023 akan dihelat pada 20 Mei hingga 11 Juni mendatang. Kompetisi sepak bola bergengsi ini akan diikuti oleh 24 negara partisipan. Walau begitu, sejauh ini baru 12 negara yang dipastikan bertanding.

Mereka adalah Indonesia selaku tuan rumah, Republik Dominika, Guatemala, Honduras, Amerika Serikat, Fiji, Selandia Baru, Inggris, Prancis, Israel, Italia, dan Slovakia.

Sisanya, yakni tim-tim lain dari benua Asia, Afrika dan Amerika Selatan, baru akan mendapat tiket untuk tampil dalam Piala Dunia U-20 2023 setelah menuntaskan fase kualifikasi yang dijadwalkan berlangsung pada Februari sampai Maret tahun ini.

Adapun terkait pengundian atau drawing grup Piala Dunia U-20 2023, Menpora menyatakan agenda tersebut baru akan dilaksanakan pada awal April mendatang.

Drawing-nya pada 1 April. Sampai saat ini baru 12 negara yang dipastikan tampil di Piala Dunia U-20 2023,” kata Menpora di Jakarta pada Senin (31/1/ 2023) lalu, dilansir dari Liputan6.com.

3 dari 3 halaman

Lokasi Penyelenggaraan

Pemerintah Indonesia telah menyiapkan enam stadion, yang tersebar di enam kota berbeda, untuk digunakan sebagai lokasi penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023.

Keenam tempat yang dimaksud ialah Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali), dan Stadion Jakabaring (Palembang).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkap progres persiapan stadion-stadion di Indonesia jelang Piala Dunia U-20.

Dia menyatakan tahapan revitalisasi saat ini sudah mendekati 100 persen.Pihaknya juga memastikan revitalisasi stadion-stadion tersebut bakal rampung sebelum April 2023.

“(Persiapan) menuju itu (100 persen). (Sebelum April 2023) kami siap. Semua yang masuk dalam program (Piala Dunia) U20 dan tempat untuk latihan (juga siap),” kata Basuki Hadimuljono, melansir Antara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.