Sukses

Hasil Thailand Masters 2023: Diadang Wakil Chinese Taipei, Langkah Fikri/Bagas Terhenti di Semifinal

Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana gagal merebut tiket ke babak final Thailand Masters 2023 usai ditaklukkan wakil Chinese Taipei Su Ching Heng/Ye Hong Wei lewat drama rubber game 17-21, 21-13, dan 19-21 pada Sabtu (4/2/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Ganda putra bulu tangkis Indonesia Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana gagal merebut tiket ke babak final Thailand Masters 2023.

Kepastian ini didapat usai keduanya takluk di tangan wakil Chinese Taipei Su Ching Heng/Ye Hong Wei lewat drama rubber game 17-21, 21-13, dan 19-21 dalam pertarungan babak semifinal yang dihelat Sabtu (4/2/2023).

Fikri/Bagas sudah dipaksa terlibat dalam drama kejar-kejaran skor sejak awal set pembuka. Kedua pasangan saling jual beli serangan dan bergantian meraih angka hingga kedudukan 8-8.

Permainan masih ketat hingga mendekati interval. Namun, kesalahan sendiri yang dilakukan Fikri/Bagas membuat wakil China Taipei memimpin lebih dulu dengan 9-10, sebelum menutup interval set pembuka lewat keunggulan dua angka, 9-11.

Ganda putra Indonesia berupaya mengikis ketertinggalan selepas jeda. Namun, aksinya lagi-lagi diganggu oleh unforced error. Service dari kubu Tanah Air yang tidak sampai kian memberi angka tambahan bagi Su/Ye.

Fikri/Bagas sudah tertinggal lima angka di kedudukan 11-16. Namun, perlahan tapi pasti, juara All England 2022 mulai mendapat kesempatan untuk mendekatkan selisih jarak.

Pasangan China Taipei melakukan empat kesalahan beruntun, yang membuat kedua pasangan menjadi hanya terpaut satu poin dengan 15-16. Tak butuh waktu lama bagi duo Merah Putih untuk membalikkan keadaan. Smash keras Fikri di sisi depan gagal dikembalikan oleh Su/Ye.

Skenario kejar-mengejar skor kembali tersaji mendekati poin-poin kritis. Duo Taipei terus menggempur area pertahanan Indonesia, hingga kembali memimpin dua angka dengan 17-19. Game pertama gagal diamankan Fikri/Bagas setelah keduanya tungul 17-21 dari lawan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Game Kedua

Fikri/Bagas berupaya bangkit di babak kedua. Keduanya tampil lebih ganas dan mampu menciptakan selisih jarak empat poin dengan duo China Taeipei dalam kedudukan 8-4.

Dominasi wakil Indonesia coba dipatahkan oleh Su/Ye mendekati interval. Mereka mendapat tambahan tiga angka berturut-turut, yang membuat torehan skornya menjadi hanya terpaut dua poin dari Fikri/Bagas dengan 10-8.

Beruntung tren tersebut mampu segera diakhiri oleh pasangan Merah Putih. Fikri/Bagas sukses menutup interval game kedua dengan keunggulan relatif tipis 11-8.

Wakil Indonesia melesat selepas jeda. Su/Ye hanya dibiarkan mengoleksi dua angka tambahan, sebelum Fikri/Bagas tancap gas hingga kedudukan 18-10.

Tak butuh waktu lama bagi duo Tanah Air untuk menuntaskan perlawanan di set kedua. Fikri/Bagas memaksa terjadinya rubber game usai unggul 21-13 atas ganda putra China Taipei.

3 dari 4 halaman

Game Ketiga

Su/Ye nampaknya tak ingin kecolongan dari wakil Indonesia di babak ketiga. Mereka buru-buru mengungguli torehan poin pasangan Tanah Air pada awal permainan. Serangan demi serangan yang dilancarkan efektif membuat Fikri/Bagas tertinggal dengan 3-5.

Kondisi tersebut belum mampu diubah hingga mendekati interval. Fikri/Bagas masih berada di posisi minor lima angka dengan 6-11 saat jeda set penentu.

Pasangan Indonesia berupaya mati-matian untuk bangkit pasca interval. Fikri/Bagas akhirnya mampu menyamakan skor di kedudukan 14-14. Sayang situasi ini, tak bertahan lama. Wakil China Taipei melesat lagi dengan 16-18.

Su/Ye lebih dulu mendapat match point opportunity di kedudukan 18-20. Service error dari kubu Tanah Air mengantar duo China Taipei selangkah lebih dekat dengan kemenangan. Wakil Indonesia akhirnya harus mengakui keunggulan lawan setelah dipaksa bungkam 19-21.

4 dari 4 halaman

Jadwal dan Hasil Pertandingan

Berikut jadwal dan hasil pertandingan wakil-wakil Indonesia di babak semifinal Thailand Masters 2023, pada Sabtu (4/2/2023).

Lapangan 1:

Pertandingan ke-7: Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin vs Supak Jomkoh/Kittinupong Kedren (Thailand)

Lapangan 2:

Pertandingan ke-2: Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana vs Su Ching-heng/Ye Hong-wei (Chinese Taipei); 17-21, 21-13, 19-21

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.