Sukses

Respons MU Usai Kasus Dugaan Pemerkosaan Greenwood Dihentikan

Manchester United telah bereaksi setelah kasus dugaan kekerasan dan percobaan pemerkosaan Greenwood dihentikan.

Liputan6.com, Jakarta Manchester United telah mengeluarkan pernyataan singkat setelah tuduhan percobaan pemerkosaan, penyerangan terhadap Mason Greenwood dihentikan oleh Kejaksaan Inggris, Kamis (2/2/2023).

Greenwood telah ditangguhkan MU sejak kasus tersebut mencuat pada Januari 2022. Awalnya, dia didakwa melakukan kekerasan dan percobaan pemerkosaan kepada mantan kekasihnya pada saat itu.

Greenwood bahkan sempat ditahan beberapa hari. Kemudian ia dibebaskan bersyarat sambil menunggu kasusnya ditindaklanjuti oleh Kejaksaan setempat.

Saat kasus itu mulai ditangani, MU memilih untuk menangguhkannya, namun Greenwood masih tetap menerima gaji £75.000 per minggu. Namanya juga tetap ada di daftar skuat tim utama Setan Merah di situs resmi klub.

Selain ditangguhkan dari skuad MU, tuduhan tersebut membuat kontraknya dihentikan oleh sponsor Nike dan dikeluarkan dari permainan seperti FIFA dan Football Manager.

Merchandise yang berkaitan dengan Greenwood dihilangkan dari situs web United, sementara beberapa rekan setimnya berhenti mengikutinya di media sosial.

Awalnya, pemain 22 tahun itu dijadwalkan bakal menjalani persidangan pada 23 Februari 2023. Namun, kejaksaan setempat mengklaim bahwa kasus tersebut harus dihentikan karena seorang saksi kunci menarik diri dari keterlibatan di kasus ini.

"Mundurnya saksi kunci dan bahan-bahan baru yang mengemuka menunjukkan bahwa tak ada prospek realistis adanya hukuman yang bisa dijatuhkan. Dalam kondisi ini, adalah tugas kami untuk menghentikan kasus," pernyataan kejaksaan, dilansir BBC.

"Kami telah menjelaskan keputusan ini ke semua pihak. Kami juga ingin mendorong korban potensial lainnya untuk maju dan melaporkan diri ke polisi dan kami akan melakukan tindakan di mana pun tes legal terpenuhi." sambung pernyataan itu.

Beberapa jam kemudian, United mengeluarkan pernyataan mereka sendiri. Pihak Setan Merah akan memutuskan langkah apa yang akan diambil untuk sang pemain.

"Manchester United mencatat keputusan Kejaksaan bahwa semua tuduhan terhadap Mason Greenwood telah dibatalkan. Klub sekarang akan melakukan prosesnya sendiri sebelum menentukan langkah selanjutnya." bunyi pernyataan MU.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pernah Kena Skandal

Mason Greenwood tak terlepas dari tindakan kriminal kala dunia masih dilanda pandemi Covid-19 yang dimana seluruh dunia khususnya Inggris tengah memberlakukan lockdown.

Saat itu, Greenwood bersama Phil Foden segera menjalani debut bersama timnas senior Inggris untuk melakoni pertandingan di Nations League 2020. Namun, kedua pemain tersebut diciduk oleh kepolisian setempat dengan melakukan skandal yaitu memasukan dua wanita ke dalam hotel.

Alhasil Greenwood dan Foden dicoret dari timnas Inggris. Tindakan itu dinilai melanggar protokol kesehatan untuk tidak mengajak siapapun masuk ke dalam kamar hotel demi terhindari dari virus Corona.

3 dari 4 halaman

Calon Bintang MU

Terlepas dari kasus pidananya, Mason Greenwood digadang-gadang calon bintang masa depan Manchester United karena bakat dan talentanya yang luar biasa.

Greenwood sendiri pemain paket komplit karena bisa mengisi berbagai posisi di lini serang. Lalu Greenwood juga dianugerahi punya kedua kakinya aktif hingga mengancam jala gawang tim lain.

Selanjutnya cara bermainnya bisa dibilang mirip Robin van Persie, di mana positioning dan timing serta mengambil keputusan menembak bola yang sangat mirip dengan striker asal Belanda tersebut.

Sejak promosi ke tim utama Setan Merah pada 14 April 2019 lalu, dia menyumbangkan 35 gol dan 12 assist dalam 129 pertandingan. Puncak kariernya saat musim 2020/2021 kala masih pandemi Covid-19 tanpa dihadiri penonton.

Mason Greenwood tampil ganas bersama Anthony Martial dan Marcus Rashford kala itu mampu mengalahkan statistik milik trio Liverpool yakni Roberto Firmino, Sadis Mane, dan Mohamed Salah atau bisa disebut trio Firmansah.

 

4 dari 4 halaman

Butuh Latihan Ekstra

Andai Greenwood kembali ke skuat MU, ia kemungkinan butuh waktu untuk latihan ekstra agar bisa membela Setan Merah lagi.

Sejak kasus ini menyerebak, Greenwood diskors sementara dari skuat Manchester United. Ia bahkan tidak diizinkan ikut berlatih di Carrington selama kasus hukumnya berjalan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mason Greenwood adalah pemain sepak bola Profesional asal Inggris yang saat ini membela Manchester United
    Mason Greenwood adalah pemain sepak bola Profesional asal Inggris yang saat ini membela Manchester United

    Mason Greenwood

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United