Sukses

PSSI Tunjuk Indra Sjafri Jadi Pelatih Timnas U-23 SEA Games 2023, Shin Tae-Yong Fokus ke Piala Dunia U-20

Indra Sjafri akhirnya ditunjuk untuk menjadi pelatih timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2023 Kamboja. Shin Tae-Yong diminta lebih fokus ke timnas U-20.

Liputan6.com, Jakarta PSSI melalui rapat Exco akhirnya memilih Indra Sjafri untuk menukangi timnas Indonesia U-23 yang akan tampil di event olahraga multicabang SEA Games 2023 di Kamboja. Ini merupakan hasil rapat Exco yang berlangsung Senin (30/1/2021) kemarin.

Sebelumnya, tugas timnas U-23 sempat diemban Shin Tae-Yong. Pada 2021 lalu, STY hanya bisa memberi perunggu untuk Indonesia usai kalah dari Vietnam di semifinal.

“Mengingat semakin dekatnya pelaksanaan SEA Games di Kamboja, PSSI perlu mengambil langkah untuk menunjuk pelatih yang akan bertanggung jawab pada event tersebut. Hal ini tentu sejalan dengan program Kemenpora dan KOI tentang persiapan cabang olahraga (cabor) untuk prestasi yang segera dilaksanakan,” ujar Sekjen PSSI Yunus Nusi seperti dilansir situs PSSI.

Penunjukkan Indra Sjafri ini dilakukan karena Shin Tae-yong akan fokus kepada tim U-20 Indonesia yang akan berlaga di Piala Dunia U-20.Seperti diketahui SEA Games 2023 rencananya akan digelar pada 5-17 Mei 2023. Sementara itu, Piala Dunia U-20 akan dilaksanakan pada 20 Mei-11 Juni 2023.

Sebelum main di Piala Dunia U-20, STY juga akan mempersiapkan timnas Indonesia U-20 ke Piala Asia U-20. Perhelatan ini digelar di Uzbekistan pada 1-18 Maret 2023 mendatang.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengalaman

 

Indra Sjafri tidak asing dengan tugas di timnas Indonesia. Dia pernah sukses dengan timnas U-19 dan sempat memimpin Indonesia di SEA Games 2019 Singapura.

Indra Sjafri juga merupakan pengawas untuk Shin Tae Yong karena duduk sebagai direktur teknik PSSI. SEA Games 2023 rencananya akan digelar mulai 15-17 Mei 2023 di Kamboja.

Sementara itu, Piala Dunia U-20 2023 akan dilaksanakan pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023 di Indonesia. Kondisi ini membuat PSSI harus mencari pelatih pengganti untuk SEA Games 2023.

Sebelumnya, Asisten Shin Tae-yong, Nova Arianto digadang-gadang akan menjadi pelatih timnas U-23 Indonesia.

 

3 dari 3 halaman

Evaluasi STY

 

PSSI melalui Komite Eksekutif telah menerima laporan hasil evaluasi terkait kinerja Shin Tae-yong (STY). Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan oleh Departemen Teknik PSSI, pelatih asal Korea Selatan ini diminta untuk bekerja lebih baik di berbagai kompetisi yang akan dihadapi skuat Garuda di sepanjang tahun ini.

“PSSI meminta pelatih Shin Tae-yong untuk bekerja lebih baik di kompetisi yang akan, mengingat timnas akan menghadapi kompetisi-kompetisi penting di sepanjang tahun. Utamanya bukan hanya skuat senior, namun juga tim U-19 yang tahun ini akan menghadapi Piala Asia dan Piala Dunia U-20” ungkap Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi.

Seperti diketahui, di sepanjang tahun 2022 hingga awal tahun 2023, Shin Tae-yong sudah menakhodai timnas di berbagai kompetisi tingkat ASEAN dan Asia. Mulai dari SEA Games Filipina, AFF U-19, Kualifikasi Piala Asia Senior dan U-19, hingga terakhir AFF Mitsubishi Electric Cup 2022.

Hasil yang didapat pun antara lain skuat tim U-23 Indonesia meraih medali perunggu di SEA Games Filipina. Kemudian Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia yang akan digelar di Qatar tahun ini. Serta lolosnya tim U-19 Indonesia ke Piala Asia AFC yang akan digelar di Uzbekistan bulan Maret.

Sayang, pada AFF Mitsubishi Electric Cup, timnas Indonesia tak mencatat hasil manis dan hanya puas sebagai semifinalis setelah kalah dari skuat Vietnam di babak semifinal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.