Sukses

PSSI dan China Jajaki Kerja Sama di Sepak Bola

PSSI ingin menjajal kerja sama dengan China dalam pengembangan sepak bola usia dini dan aspek lainnya.

Liputan6.com, Jakarta PSSI dan CFA (Chinese Football Association) berencana untuk menjalin kerja sama dalam berbagai aspek pengembangan sepak bola dan penguatan hubungan internasional. Hal ini seusai CFA mengunjungi kantor PSSI di GBK Arena, Senayan, Jakarta, Sabtu (28/1).

PSSI diwakili oleh Direktur Teknik Indra Sjafri dan Wakil Sekretaris Jenderal PSSI Maaike Ira Puspita, sementara perwakilan dari CFA, hadir Wang Bin (CFA Senior Consultant & Head of Delegation), Nan Zhe (Director of Grassroots Football Dept. of CFA), Yuan Jiayang (International Relations Department of CFA).

“Kami berbagi pengalaman, mereka mempresentasikan stadion kemudian program pengembangan usia muda di Tiongkok, itu bagus bagi kami, pasalnya Indonesia juga akan menghelat turnamen akbar Piala Dunia U-20 tahun ini. Saya berharap kita bisa sama-sama menjalin hubungan di pengembangan sepak bola usia muda, infratruktur, kompetisi dan yang lainnya,” kata Indra Sjafri seperti dikutip situs PSSI.

Wang Bin mengatakan, kehadiran dia dan dua rekannya membantu Indonesia dalam pengembangan sepak bola. Dengan pertemuan itu, keduanya berharap akan lebih menguatkan kerjasama dan hubungan sepak bola di masa depannya nanti.

“Kami merepresentasikan pengalaman pengembangan sepak bola, stadion dan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh CFA. Semoga bisa membantu sepak bola Indonesia, saya melihat ada kesempatan besar bagi sepak bola Indonesia untuk berkembang lebih baik di masa depan,” jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Persiapan Piala Asia U-20

Sementara itu, PSSI dan Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong atau STY akan bersiap untuk melakukan persiapan untuk Piala Asia U-20. STY sudah memanggil 30 pemain untuk pemusatan latihan (TC) tim U-20 Indonesia persiapan Piala AFC U-20 2023. TC ini direncanakan di Jakarta mulai tanggal 1 hingga 28 Februari mendatang.

Pada ajang Piala AFC U-20 yang dihelat di Uzbekistan, Indonesia berada di grup A bersama tuan rumah, Irak, dan Suriah.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan bahwa pihaknya optimistis dengan skuad yang dipanggil oleh Shin Tae-yong.

"Semoga pada ajang Piala AFC U-20 2023, kami meraih prestasi terbaik. Turnamen ini juga menjadi tolak ukur persiapan Garuda Nusantara menghadapi Piala Dunia U-20 mendatang," kata Iriawan.

 

3 dari 4 halaman

Wajah Baru

 

Pada pemanggilan ini, sejumlah nama baru dipanggil seperti Brandon Scheunemann (PSIS), Hugo Samir (Persis) dan Ahmad Raia (Persik). Selain itu juga terdapat pemain dari tim U-16 tahun lalu yakni Arkhan Kaka (Persis) dan Sulthan Zaky (PSM).

"Kami berharap kepada pemain selama mengikuti pemusatan latihan dan turnamen Piala AFC U-20 2023 mampu memberikan kemampuan yang maksimal, kerja keras, fokus, dan disiplin," tambah pria yang akrap disapa Iwan Bule tersebut.

Pada laga perdana, Indonesia akan melawan Irak pada 1 Maret, lalu berduel dengan Suriah 4 Maret, dan menantang tuan rumah Uzbekistan 7 Maret mendatang.

"Selama pemusatan latihan, PSSI telah menyiapkan sejumlah laga uji coba untuk tim U-20 Indonesia. Apalagi kita ketahui lawan-lawan di grup A Piala AFC U-20 merupakan negara-negara yang berkualitas," kata Direktur Teknik, Indra Sjafri.

 

4 dari 4 halaman

Daftar Pemain

 

 

*Daftar 30 Nama Pemain di Pemusatan Latihan Tim U-20 Indonesia:

1. Arkhan Fikri - Arema FC

2. Dimas Juliano Pamungkas - Bhayangkara FC

3. Frezy Al Hudaifi - Bhayangkara FC

4. Daffa Fasya Sukawijaya - Borneo FC

5. Rabbani Tasnim Siddiq - Borneo FC

6. Ronaldo Joybera R. Junior Kwateh - Madura United

7. Marselino Ferdinan - Persebaya Surabaya

8. Aditya Arya Nugraha - Persebaya Surabaya

9. Ferdiansyah - Persib Bandung

10. Kakang Rudianto - Persib Bandung

11. Robi Darwis - Persib Bandung

12. Achmad Maulana Syarif - Persija Jakarta

13. Alfriyanto Nico Saputro - Persija Jakarta

14. Cahya Supriadi - Persija Jakarta

15. Doni Tri Pamungkas - Persija Jakarta

16. Frengky Deaner Missa - Persija Jakarta

17. Ginanjar Wahyu Ramadhani - Persija Jakarta

18. Muhammad Ferarri - Persija Jakarta

19. Resa Aditya Nugraha - Persija Jakarta

20. Barnabas Sobor - Persija Jakarta

21. Ahmad Raia Irvanza Arditian - Persik Kediri

22. Arkhan Kaka Putra Purwanto - Persis Solo

23. Erlangga Setyo Dwi Saputra - Persis Solo

24. Hugo Samir - Persis Solo

25. Marcell Januar Putra - Persis Solo

26. Zanadin Faris - Persis Solo

27. Brandon Marsel Scheunemann - PSIS Semarang

28. Muhammad Dzaky Asraf Huwaidi - PSM Makassar

29. Sulthan Zaky Pramana Putra Razaq - PSM Makassar

30. Hokky Caraka Bintang Brilliant - PSS Sleman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.