Sukses

Thomas Partey Jadi Tumbal Kekalahan Arsenal dari Manchester City di Piala FA

Bak jatuh tertimpa tangga, Arsenal harus menelan kekalahan dari Manchester City, sekaligus menyaksikan pemain bintangnya Thomas Partey mengalami cedera di putaran keempat Piala FA 2022/2023, Sabtu (28/1/2023).

Liputan6.com, Jakarta Arsenal mengalami nasib buruk di putaran keempat Piala FA 2022/2023. Bak jatuh tertimpa tangga, skuad racikan Mikel Arteta harus menelan kekalahan dari Manchester City, sekaligus menyaksikan pemain bintangnya Thomas Partey mengalami cedera.

Seperti diketahui, The Gunners takluk 0-1 saat bertandang ke Stadion Etihad, Sabtu (28/1/2023) dini hari WIB. Gol tunggal yang dilesakkan Nathan Ake pada menit ke-64 menandai dimulainya mimpi buruk Bukayo Saka dan kawan-kawan.

Mirisnya, kekalahan tersebut juga ikut memakan tumbal. Thomas Partey, yang semula diturunkan sebagai starter, tak sempat bermain di babak kedua.

Hingga kini belum diketahui kondisi apa yang menimpa pada sang pemain. Walau begitu, laporan Metro mengeklaim Partey mengalami sakit di bagian tulang rusuknya.

“Dia merasakan sesuatu, dan kami tidak ingin mengambil risiko apa pun. Oleh karenanya, dia tidak bisa melanjutkan (permainan),” ujar Mikel Arteta mengenai alasan Partey ditarik keluar dalam babak kedua laga kontra Manchester City di Piala FA.

“Dia merasa tidak nyaman dan (kondisi) itu makin buruk, jadi dia tidak bisa meneruskan (pertandingan). Dia tidak nyaman untuk melanjutkannya,” sambung manajer Arsenal.

Arteta mengungkap, penggawa internasional Ghana selanjutnya bakal diminta menjalani pemindaian. Hal tersebut dilakukan agar pihaknya mengetahui secara pasti masalah apa yang dialami anak asuhnya.

“Lusa dia harus menjalani pemindaian MRI untuk melihat (masalah) apa yang dia miliki,” pungkas juru taktik berusia 40 tahun, seperti dilansir dari Metro.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengganti Thomas Partey

Sekadar informasi, Thomas Partey merupakan salah satu pemain dengan performa apik di Arsenal sepanjang musim ini. Cedera yang dialaminya jelas akan memberi kerugian buat The Gunners, mengingat tim racikan Arteta tengah fokus mengejar titel Liga Inggris 2022/2023.

Walau begitu, Arsenal nampaknya bisa segera mendapat alternatif pengganti. Pihak klub baru-baru ini dilaporkan telah mengajukan tawaran senilai 60 juta poundsterling untuk mengontrak pemain Brighton & Hove Albion, Moises Caicedo.

The Seagulls sejatinya belum mengiyakan proposal tersebut. Mereka diperkirakan masih ingin mengincar mahar lebih besar, yakni mencapai 80 juta poundsterling, dari klub yang meminati jasa pemain internasional Ekuador.

Terlepas dari hal itu, Caicedo sendiri telah mengonfirmasi keinginannya untuk hengkang dari klub. Metro memprediksi kesepakatan antara kedua belah pihak bisa terlaksana sebelum jendela transfer Januari resmi ditutup.

3 dari 4 halaman

Jalannya Pertandingan

Kedua tim banyak merotasi pemain dalam pertandingan babak keempat Piala FA yang dihelat di Stadion Etihad pada Sabtu (28/1/2023). Arsenal lebih banyak menurunkan pemain lapis keduanya ketimbang Manchester City.

Skuad asuhan Pep Guardiola langsung mendapat kesempatan emas pertama di menit 8, ketika penyerang Erling Haaland lolos dari jebakan off-side. Beruntung kiper Arsenal Matt Turner masih bisa menutup ruang tembak Haaland.

Peluang kembali didapat City lewat gelandang serang Kevin de Bruyne beberapa waktu setelahnya. Namun, kesempatan ini lagi-lagi gagal dikonversi menjadi gol lantaran tembakan jarak jauhnya meleset tipis dari gawang The Gunners.

Arsenal baru mendapat ruang untuk mencetak gol pertama di menit 32. Pemain baru Leandro Trossard memberikan umpan silang. Bola disambar oleh Eddie Nketiah, tetapi masih melebar. Alhasil, Skor kacamata bertahan hingga turun minum.

4 dari 4 halaman

Babak Kedua

Manchester City kembali menggempur pertahanan Arsenal selepas jeda. Namun, gol pembuka baru bisa tercipta pada menit 64. Nathan Ake tampil sebagai pemecah kebuntuan usai menyambar umpan dari Jack Grealish.

Arsenal melewatkan peluang bagus untuk menyamakan skor di menit 66. Umpan matang yang dilepaskan Granit Xhaka tak mampu disambar oleh Nketiah.

Tiga menit sebelum bubaran, Arsenal kembali gagal mencetak gol. Kali ini giliran umpan tarik Gabriel Martinelli yang tak bersambut. Kondisi tersebut membuat City tetap unggul 1-0 hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya laga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.