Sukses

Chelsea Rela Bayar Mahal Demi Datangkan Pemain PSV Noni Madueke

Chelsea kabarnya rela menggelontorkan dana besar senilai 35 juta poundsterling demi menyewa jasa pemain PSV Eindhoven, Noni Madueke.

Liputan6.com, Jakarta Raksasa Liga Inggris Chelsea rela menggelontorkan dana besar-besaran demi mendatangkan pemain PSV Eindhoven, Noni Madueke, ke Stamford Bridge.

Laporan Eindhovens Dagblad mengeklaim The Blues telah menyepakati biaya transfer senilai 35 juta poundsterling, atau setara kurang lebih Rp652 miliar, dengan pihak klub untuk menyewa jasa pesepak bola berusia 20 tahun tersebut.

Adapun Chelsea kini tinggal melakukan proses finalisasi pada proposal mereka. Tim besutan Graham Potter juga tengah mendiskusikan persyaratan pribadi dengan Madueke serta mengatur agar sang pemain bisa menjalani tes medis di London.

Madueke sejatinya baru tampil dalam sembilan pertandingan bersama PSV di semua kompetisi musim ini. Ia lebih banyak menepi dari lapangan hijau lantaran mengalami cedera ankle parah saat menjalani latihan pramusim pada Juli lalu.

Walau begitu, bukan berarti kontribusi sang pemain bisa dianggap remeh. Pesepak bola muda Inggris, yang kerap bermain di posisi sayap kanan itu, tercatat sudah mengoleksi 20 gol dalam 80 pertandingan selama waktunya di klub.

Pelatih Kepala PSV Ruud van Nistelrooy sendiri nampaknya belum rela berpisah dengan Madueke. Ia berharap sang pemain masih mau bertahan hingga akhir musim, mengingat klub asal Belanda baru saja ditinggal Cody Gakpo ke Arsenal pada jendela transfer Januari.

“Saya lebih suka tidak membiarkan dia pergi. Akan tetapi, saya tak bisa menghentikan klub-klub besar untuk menunjukkan minat padanya. Madueke sendiri yang menciptakan ketertarikan itu, berkat kualitasnya yang luar biasa serta penampilannya di sini, di Belanda,” ujar sang pelatih.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemain Berkualitas

Lebih lanjut, Nistelrooy juga tak segan menyebut Madueke sebagai salah satu pemain berkualitas dalam klub. Ia pun mengaku telah menginstruksikan jajaran PSV untuk mengupayakan segala cara agar bisa menahan sang pemain lebih lama di Belanda.

“Saya ingin tahu apakah ada cara untuk menahannya di sini. Harapan saya adalah Madueke memiliki musim yang lebih panjang di PSV Eindhoven. Jadi, saya mengatakan kepada pihak klub untuk mencoba melakukan segala cara demi mempertahankan dia,” katanya.

“Dia adalah (pemain) berkualitas untuk klub ini. Akan tetapi, saya tahu semuanya akan berubah jika uang (tawaran) besar muncul,” sambung Nistelrooy, seperti dilansir dari Metro.

3 dari 4 halaman

Karier Madueke

Madueke memulai karier sepak bolanya dengan bergabung bersama akademi Crystal Palace pada 2011. Ia lantas hijrah ke Tottenham Hotspur tiga tahun berselang. Pesepak bola kelahiran 2002 itu menghabiskan waktu empat tahun dengan klub London Utara.

Ia lalu memilih untuk menandatangani kontrak profesional pertamanya bersama PSV pada 2018, meski sempat menerima tawaran dari Chelsea dan Manchester United (MU).

“Chelsea, Manchester United, (dan) banyak klub Eropa (mengajukan tawaran). Saya datang ke sini (PSV) sekali, dan begitu saya tiba, saya ingin langsung menandatangani kontrak,” tuturnya kepada BBC Sport 2021 lalu, saat ditanyai soal keputusan bergabung dengan PSV.

“Saya tahu, pergi dari Tottenham ke United adalah hal yang hampir sama. Alasan saya ingin pergi adalah untuk maju lebih cepat ke tim utama. PSV adalah klub top Eropa. (Keputusan) tersebut sangat masuk akal kala itu dan saat ini,” tandas Madueke.

4 dari 4 halaman

Bukan Satu-satunya

Madueke bukanlah satu-satunya pemain yang dikaitkan dengan Chelsea akhir-akhir ini. Sang raksasa Liga Inggris kabarnya juga menaruh hati pada kiper Brentford David Raya.

Laporan mengeklaim The Blues memang ingin mencari opsi baru untuk ditempatkan di bawah mistar gawang. Hal ini dilakukan demi mengantisipasi performa kurang meyakinkan yang diperlihatkan duo kipernya Edouard Mendy dan Kepa Arrizabalaga.

Akan tetapi, Chelsea lebih dulu harus menghadapi persaingan dengan rivalnya di Premier League. Manchester United konon juga meminati jasa Raya untuk dijadikan pengganti David de Gea, jika ia memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak di Old Trafford.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.