Sukses

Kejutan! Menpora Amali Panaskan Persaingan Bakal Calon Waketum PSSI

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali turut meramaikan persaingan bakal calon wakil ketua umum PSSI periode 2023-2027.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali turut meramaikan persaingan bakal calon wakil ketua umum PSSI periode 2023-2027. Kepastian ini diperoleh usai Komite Pemilihan (KP) mengumumkan daftar nama pasca ditutupnya pendaftaran pada Senin (16/1/2023).

Sekadar informasi, terdapat total 17 nama yang maju sebagai bakal calon waketum PSSI, terdiri atas 15 laki-laki dan 2 perempuan. Menpora Zainudin Amali menjadi salah satu nama yang terdaftar, bersama Sekjen PSSI Yunus Nusi dan eks Sekjen PSSI Ratu Tisha.

Menurut Ketua KP Amir Burhanudin, Menpora Amali menyampaikan kesedian untuk mencalonkan diri sebagai bakal cawaketum melalui stafnya yang hadir di kantor PSSI sekitar pukul 12 siang.

KP menyatakan pihaknya masih harus melakukan konfirmasi dengan syarat-syarat lain sebab para calon harus mengantongi dukungan setidaknya dari satu anggota PSSI

"Beliau (Menpora Amali), melalui stafnya, datang ke kantor PSSI sekitar pukul 12 siang. Beliau menyampaikan kesediaan mencalonkan diri sebagai calon wakil ketua umum," ungkap Amir kepada awak media

"Nanti akan kita konfirmasi dengan syarat-syarat lain, termasuk beberapa anggota yang mencalonkan diri. Karena syarat untuk mencalonkan adalah harus ada dukungan minimal dari satu anggota PSSI," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tahap Selanjutnya

Lebih lanjut, Amir menegaskan bahwa daftar nama bakal calon yang diumumkan malam ini merupakan data mentah. Nama-nama tersebut masih harus diverifikasi sebelum kemudian diumumkan menjadi daftar calon sementara.

"Ini adalah data mentah dan akan dilakukan verifikasi oleh komite pemilihan. Dari data-data tersebut, memungkinkan nama-nama yang sudah tidak boleh dicalonkan, atau mungkin yang merasa tidak mencalonkan, tetapi dicalonkan oleh anggota."

"Atau bisa jadi, nama-nama kami yang ada di KP yang semestinya tidak boleh mencalonkan, tetapi diusulkan. Jadi itu nanti akan dilakukan proses verifikasi yang (kemudian) akan diumumkan menjadi daftar calon sementara," ujarnya pada Senin (16/1/2022) malam.

Adapun tahapan terdekat setelah ini ialah penyampian berkas-berkas yang harus dilengkapi apabila terdapat kekurangan dari masing-masing bakal calon, mulai tanggal 19-21 Januari 2023.

3 dari 3 halaman

Daftar Bakal Calon Waketum

Berikut adalah daftar lengkap nama-nama bakal calon wakil ketua umum PSSI, seperti disampaikan oleh Komite Pemilihan (KP).

  1. Ahmad Riyadh
  2. Ahmad Syauqi Soeratno
  3. Andre Rosadie
  4. Azrul Ananda
  5. Doni Setiabudi
  6. Duddy S. Sutandi
  7. Fary Djemy Francis
  8. Hasani Abdul Gani
  9. Hasnuryadi Sulaiman
  10. Iwan Budianto
  11. Juni Ardianto Rachman
  12. Maya Damayanti
  13. Ratu Tisha
  14. Sadikin Aksa
  15. Yesayas Oktavianus
  16. Yunus Nusi
  17. Zainudin Amali

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.