Sukses

Didier Deschamps Tetap Tangani Prancis Hingga Piala Dunia 2026, Zinedine Zidane Gigit Jari

Federasi Sepak Bola Prancis (FFF) tetap mempercayakan tim nasional kepada Didier Deschamps. Mereka mengikatnya hingga Piala Dunia 2026.

Liputan6.com, Jakarta - Federasi Sepak Bola Prancis (FFF) tetap mempercayakan tim nasional kepada Didier Deschamps. Mereka mengikatnya hingga Piala Dunia 2026.

Kontrak Deschamps sudah habis usai Piala Dunia 2022. Les Bleus gagal mempertahankan gelar setelah dikalahkan Argentina di laga puncak melalui adu penalti.

Meski begitu, FFF tetap puas dengan kinerja Deschamps. Selain membawa Prancis masuk final Piala Dunia secara beruntun, yang berbuah satu gelar pada 2018, dia juga mempersembahkan titel UEFA Nations League 2021. Deschamps juga membantu Prancis lolos partai puncak Piala Eropa 2016.

Menurut laporan media, Presiden FFF Noel Le Graet awalnya hanya ingin memberi Deschamps perpanjangan kontrak dua tahun hingga Piala Eropa 2024.

Namun, Deschamps sukses melobi agar mendapat kesempatan bekerja pada Piala Dunia 2026 di Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko.

“Saya mengumumkan sesuatu yang merupakan kebahagiaan besar. Presiden telah memutuskan untuk memperpanjang (kontrak saya) sampai 2026,” kata Deschamps dilansir AFP.

“Saya berterima kasih kepada presiden atas dukungan dan kepercayaannya yang tiada henti kepada saya. Timnas Prancis harus berjalan dengan baik," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pelatih Tersukses

Deschamps menangani Prancis sejak Juli 2012. Mereka sudah mengarungi 139 pertandingan dan meraih 89 kemenangan, atau 64 persen.

Dengan bekerja di Piala Dunia 2022, dia sudah mengukuhkan diri sebagai pelatih resmi timnas Prancis terlama. Deschamps mengungguli Michel Hidalgo yang bekerja selama delapan tahun pada periode 1976-1984.

Sebelum Prancis, Deschamps juga pernah bekerja di level klub untuk menangani AS Monaco, Juventus, dan Olympique Marseille.

 

3 dari 3 halaman

Zidane Tetap Menunggu?

Keputusan FFF memperpanjang kontrak Deschamps bakal membuat Zinedine Zidane gigit jari. Pasalnya, sang legenda tengah menunggu tawaran untuk kembali bekerja.

Zidane rela menganggur sejak 2021 agar tidak terikat kontrak saat FFF menelpon. Eks nakhoda Real Madrid itu bahkan dilaporkan menolak pinangan sejumlah klub raksasa Eropa demi menunggu timnas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.