Sukses

BRI Liga 1: Polisi Keluarkan Izin, Persib Bandung vs Persija Jakarta Digelar 11 Januari 2023

Polrestabes Bandung memastikan pertandingan BRI Liga 1 Persib Bandung vs Persija Jakarta bisa berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Rabu (11/1/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Polrestabes Bandung memastikan pertandingan Persib Bandung vs Persija Jakarta bisa berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Rabu (11/1/2023).

Plt Wakapolrestabes Bandung AKBP Asep Pujiyono mengatakan personel kepolisian telah dipersiapkan untuk melakukan pengamanan laga berjuluk El Clasico Indonesia. Dia pun memastikan suporter tuan rumah bisa datang ke stadion.

"Ini sudah masuk ke putaran kedua, tapi ada laga di putaran pertama yang tertunda. Sehingga kita rapatkan hari ini dengan jadwal yang sudah ditentukan yaitu tanggal 11 Januari," kata Asep di Polrestabes Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (5/1/2023).

Laga Persib dan Persija pada BRI Liga 1 seharusnya digelar pada 2 Oktober 2022. Namun, partai ditunda karena tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, sehari sebelumnya. PT Liga Indonesia Baru selaku operator kompetisi lalu menjadwalkan laga itu pada 11 Januari 2023.

Asep menjelaskan, pengamanan laga tersebut bakal mengacu kepada Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 10 Tahun 2022. Dia pun memastikan tidak ada anggota polisi yang membawa senjata api dan gas air mata.

"Tetap, steward dari panitia penyelenggara ada di ring 1 pengamanan, tapi polisi juga tidak lepas melakukan pengawasan," katanya dilansir Antara.

Di samping itu, dia juga memastikan tidak ada pendukung Persija yang boleh hadir ke Stadion GBLA pada laga tersebut. Karena, kata dia, penonton yang bisa hadir adalah yang telah membeli tiket untuk laga itu.

"Digantikan yang baru sesuai dengan teman-teman yang sudah membeli online itu akan kembali mengambil tiket yang baru," kata Asep.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sebelum Direnovasi

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyatakan GBLA tetap bisa digunakan untuk laga Persib vs Persija sebelum direnovasi untuk Piala Dunia U-20.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung Eddy Marwoto mengatakan pembenahan stadion rencananya digelar pada Januari hingga Mei 2023. Adapun laga Persib dan Persija digelar pada 11 Januari 2023.

Eddy menjelaskan, renovasi yang akan dilakukan sejauh ini masih dalam proses administrasi. Menurutnya, rencana digelarnya laga itu pun sudah dikoordinasikan dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan PSSI.

"Memang GBLA menjadi salah satu stadion yang digunakan untuk Piala Dunia U-20. Selama belum dilaksanakan renovasi bisa dipergunakan hanya untuk pertandingan sepak bola, di luar itu tidak diperkenankan," kata Eddy.

3 dari 3 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.