Sukses

Pingsan di Lapangan Hingga Dapat CPR, Begini Kondisi Teranyar Pemain Buffalo Bills Damar Hamlin

Pemain Buffalo Bills Damar Hamlin mendadak pingsan di lapangan hingga mendapat CPR saat membela timnya dalam laga kontra Cincinnati Bengals. Belakangan terungkap sang atlet mengalami serangan jantung.

Liputan6.com, Jakarta Kejadian mencekam terjadi dalam pertandingan NFL yang mempertemukan Buffalo Bills dan Cincinnati Bengals pada Senin (2/1/2023) malam waktu setempat.

Damar Hamlin yang mengemban tugas sebagai safety bagi kubu Buffalo Bills di laga tersebut mendadak pingsan di lapangan. Laporan CBS Sports mengungkap peristiwa itu terjadi saat sang pemain hendak bangkit usai terlibat gesekan dengan penggawa lawan, Tee Higgins.

Hamlin berdiri usai melakukan tekel, sebelum tiba-tiba jatuh kembali ke tanah. Atlet berusia 24 tahun pun segera diberi CPR. Rekan-rekan setimnya mengelilingi dia, dengan beberapa di antaranya tampak menangis.

Sang pemain buru-buru dilarikan ke UC Medical Center di Cincinnati. Akibat kejadian itu, laga Buffalo vs Cincinnati terpaksa ditangguhkan sementara.

Belakangan terungkap bahwa Hamlin mengalami serangan jantung akibat benturan yang diterimanya di tengah laga. Detak jantungnya sudah pulih di lapangan, tetapi pihak klub menyebut penggawanya itu masih berada dalam kondisi kritis.

“Damar Hamlin menderita serangan jantung setelah benturan dalam pertandingan tim kami melawan Bengals,” tulis Buffalo Bills dalam unggahan di Twitter resminya, seperti dilansir dari pemberitaan CBS Sports.

“Detak jantungnya pulih di lapangan dan dia dipindahkan ke UC Medical Center untuk menjalani pemeriksaan dan perawatan lebih lanjut. Dia saat ini dibius dan terdaftar dalam kondisi kritis,” sambung pihak klub.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanggapan NFL

NFL juga ikut buka suara sejam setelah kejadian tersebut. Mereka mengonfirmasi bahwa pertandingan tidak dilanjutkan, dan berkomitmen untuk memberi kabar terkini mengenai peristiwa nahas yang menimpa Hamlin.

“Pikiran (rasa simpati kami) bersama Damar dan Buffalo Bills. Kami akan menyediakan lebih banyak informasi (terkait hal ini) saat tersedia,” bunyi pernyataan NFL.

“NFL terus berkomunikasi dengan Asosiasi Pemain dan kami sepakat untuk menunda pertandingan,” sambung mereka, seperti dilansir dari The Guardian.

3 dari 3 halaman

Kunjungan Pemain

Sejumlah anggota Bills dan Bengals turut memberi dukungan dengan mengunjungi rumah sakit pada Senin (2/1/2023) malam waktu setempat. Setelahnya, CBS Sports melaporkan para pemain Buffalo Bills memutuskan untuk kembali ke daerahnya pada Selasa pagi.

Agen Hamlin, Ira Turner, pun memberi pernyataan khusus terkait kliennya. Kepada NFL Media, ia mengaku belum mengantongi update terbaru seputar kondisi Hamlin. Walau begitu, sang agen mengharapkan doa bagi atlet kelahiran 1998 tersebut.

“Mohon untuk terus berdoa bagi Damar dan keluarganya. Saat ini kami tidak memiliki update (soal kondisi Hamlin). Kami akan tetap meminta Anda untuk berdoa bagi keluarga ini,” ujarnya, melansir pemberitaan CBS Sports.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.