Sukses

Menyentuh! Cristiano Ronaldo Turut Ucapkan Duka Cita atas Meninggalnya Pele

Legenda Brasil, Pele meninggal dunia di usia 82 karena kanker dan komplikasi penyakit. Bintang sepak bola dunia termasuk Cristiano Ronaldo

Liputan6.com, Jakarta Pele telah meninggal dunia. Legenda sepak bola dunia itu mengembuskan nafas terakhir di usia 82 tahun. Seperti dilansir dari BBC, Pele meninggal dunia, Jumat (30/12/2022) dini hari di San Paolo Brasil, di Rumah Sakit Albert Einstein.

Pele yang memiliki nama lengkap Edson Arantes do Nascimento ini menderita penyakit kanker usus besar. Ia sudah dirawat di rumah sakit sejak 29 November 2022. Sang 'Raja Sepak Bola' juga didiagnosa menderita infeksi paru-paru, gangguan ginjal dan jantung.

Saat penyelenggaraan Piala Dunia 2022 lalu, para pendukung timnas Brasil sempat berdoa untuk kesembuhan Pele. Mereka memberi dukungan dengan membentangkan spanduk raksasa saat jelang duel Brasil melawan Korea Selatan, beberapa waktu lalu.

Kabar kepergian pemegang tiga kali juara dunia ini dikonfrimasi oleh agennya, Joe Fraga. Keluarga Pele juga menuliskan ucapan selamat tinggal untuk Pele di akun twitter Pele yang dikelola oleh keluarga.

"Inspirasi dan cinta menandai perjalanan Raja Pelé, yang meninggal dengan damai hari ini," tulisnya.

"Cinta, cinta dan cinta, selamanya."

Pele menjadi salah satu pemain yang bisa mengubah dunia sepak bola. Dalam kenangannya, pemain Brasil, Neymar Jr menyebutkan Pele banyak berjasa untuk menjadikan sepak bola sebagai permainan kesenangan yang indah.

"Sebelum ada Pele, sepak bola hanyalah salah satu olahraga saja," tulis Neymar di akun Instagram.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Duka Cita Ronaldo

Megabintang Portugal, Cristiano Ronaldo juga ikut menyampaikan pesan duka cita atas meninggalnya Pele. Di Instagram pribadibya, dia menulis: "Belasungkawa mendalam saya kepada seluruh Brasil, dan khususnya kepada keluarga Edson Arantes do Nascimento.

"Selamat tinggal kepada Raja Pelé yang abadi tidak akan pernah cukup untuk mengungkapkan rasa sakit yang saat ini dirasakan oleh seluruh dunia sepak bola. Sebuah inspirasi bagi jutaan orang, referensi kemarin, hari ini dan selamanya.

"Cinta yang selalu engkau tunjukkan padaku terbalas di setiap momen yang kita bagikan bahkan dari jarak jauh. Engkau tidak akan pernah dilupakan dan kenangannya akan hidup selamanya di setiap kita pecinta sepak bola.

"Beristirahatlah dengan tenang Raja Pelé." Cristiano mengakhiri.

Lionel Messi juga memberikan penghormatan kepada Pele lewat pesan singkat di Instagramnya: "Beristirahatlah dengan tenang, Pele."

Kylian Mbappe memposting foto dirinya bersama Pele, disertai dengan tulisan: "Raja sepakbola telah meninggalkan kita tetapi warisannya tidak akan pernah terlupakan. RIP KING.

 

3 dari 4 halaman

Doa dari Qatar

Pada Piala Dunia 2022 di Qatar, tuan rumah ajang tersebut menunjukkan empati atas kondisi Pele. Salah satunya lewat videotron di salah satu gedung tinggi di Doha, Qatar, yang menampilkan doa untuk peraih tiga kali Piala Dunia tersebut.

Para pemain tidak ketinggalan. Usai mengalahkan Korea Selatan 4-1 di babak 16 besar, Neymar dan kawan-kawan juga membentangkan spanduk dukungan kepada Pele. Mereka juga mendedikasikan kemenangan yang baru diraih untuk mantan penyerang Santos tersebut.

Perhatian memang tertuju pada Pele yang dikabarkan sedang berada dalam kondisi kritis di rumah sakit. Tersiar kabar bahwa Pele sudah memutuskan untuk melepas alat yang menopang dirinya untuk bertahan hidup dari kanker.

Walaupun pada awal-awal Desember, Pele mengaku sedang menonton Piala Dunia 2022 dari rumah sakit. Ia mendukung Neymar dan kawan-kawan untuk bisa kembali menyabet juara dunia untuk Brasil.

Sayangnya, perjalanan Brasil di Piala Dunia 2022 harus terhenti sampai perempat final. Tim Samba dikalahkan Kroasia lewat drama adu penalti.

 

4 dari 4 halaman

Sosok Pele

Seperti diberitakan sebelumnya, Pele sempat melakukan pengangkatan tumor dari usus besar, pada September 2021. Sejak saat itulah, Pele mendapatkan penangangan medis intensif. Pele tercatat juga sempat terkena Covid-19.

Sekedar membua memori publik, karier Pele di dunia sepak bola tercatat sangatlah cemerlang. Ia membawa kemenangan untuk Brasil pada Piala Dunia tahun 1958, 1962, dan 1970. Tercatat Pele mencetak 77 gol selama berkarier di timnas Brasil.

Selama karirnya Pele sudah mencetak 1.283 gol dan masih menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa. Ia juga dinobatkan sebagai FIFA Football Player of The Century.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.