Sukses

Presiden Jokowi Akan Saksikan Langsung Laga Indonesia vs Kamboja di Piala AFF 2022

Presiden Jokowi dijadwalkan akan menonton pertandingan Indonesia melawan Kamboja pada laga Grup A Piala AFF di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan menonton pertandingan Indonesia melawan Kamboja pada laga Grup A Piala AFF 2022. Pertandingan ini bakal dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (23/12) pukul 16:30 WIB.

Untuk kelancaran, PSSI ikut menginspeksi lokasi pertandingan Piala AFF. Inspeksi dilakukan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Kamis, 22 Desember. Inspeksi meliputi kesiapan steward yang akan membantu kelancaran jalannya laga, tribun, simulasi masuknya penonton, venue operation center, ambulan, sampai mengecek kebersihan toilet.

"Saya memasuki area-area vital, mengecek segala sesuatunya terkait kelancaran pertandingan timnas. Saya tadi juga masuk ke area venue operation center dimana dari dalam ruangan tersebut mampu memonitor aktifitas di Stadion Utama Gelora Bung Karno, baik yang di dalam, ring dua serta ring tiga, hingga mempersiapkan kehadiran Presiden Jokowi di SUGBK nantinya," kata pria yang akrab disapa Iwan Bule itu dalam keterangan resminya seperti dikutip dari Antara.

Menurutnya, fasilitas di Stadion Utama Gelora Bung Karno memang mendukung sehingga akan lebih mudah memantau semua pergerakan. Apalagi, stadion ini menjadi salah satu lokasi pertandingan Piala Dunia U-20 tahun depan.

Inspeksi juga dilakukan Paspampres agar semuanya berjalan lancar. Ini mengingat duel Indonesia melawan Kamboja merupakan laga pertama dengan penonton terbatas.

"Terima kasih kepada Bapak Presiden Jokowi. Tentu ini menjadi sebuah kebanggaan bagi pemain timnas ketika berlaga disaksikan langsung Presiden, sekaligus tentunya menjadi semangat tambahan untuk memberikan penampilan terbaik kepada masyarakat Indonesia," kata Iwan Bule.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tugas dan fungsinya

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan jumlah steward di dalam lapangan adalah 239 orang. Mereka sudah diberikan pemahaman tugas dan fungsinya.

"Para steward itu berasal dari Stadion Utama Gelora Bung Karno, PSSI ketika bertugas di dalam lapangan memantau ketertiban para penonton dan memberikan pengarahan persuasif kepada para pendukung timnas nanti," papar Iwan Bule.

"Sedangkan jumlah keamanan yang berada di ring dua dan tiga sejauh ini berjumlah 1500 personil dan kita koordinasikan dengan pihak kepolisian."

Mantan Kapolda Metro Jaya itu mengimbau penonton tidak membawa tas yang terlalu besar dan barang-barang yang dinilai bakal mengganggu pertandingan.

"Jangan membawa tas yang terlalu besar, suar, rokok konvensional maupun rokok elektrik. Minuman dalam kemasan botol pun tidak boleh dibawa masuk dan akan dipindahkan ke wadah plastik. Mari kita sepakati bersama sehingga sukses penyelenggaraan ini menjadi kesuksesan kita bersama," pungkas Iwan. 

3 dari 3 halaman

Waspadai Kamboja

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong sangat mewaspadai atmosfer positif yang tengah menangungi Kamboja. Karena, skuad racikan Ryu Hirose mengalahkan Filipina 3-2 dalam pembuka Piala AFF pada Selasa, 20 Desember lalu.

"Suasana tim Kamboja saat ini sangat baik. Performa mereka saat melawan Filipina bagus," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers sebelum laga di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (22/12).

Menurut ahli taktik asal Korea Selatan tersebut, pencapaian itu bisa mendongkrak motivasi bermain Kamboja. Karena itu, dia meminta meminta Fachruddin Aryanto cs untuk tidak menganggap remeh lawannya itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.