Sukses

Prediksi Piala AFF 2022 Indonesia vs Kamboja: Membidik Start Sempurna

Indonesia akan melawan Kamboja pada laga pertamanya di Piala AFF 2022. Pertandingan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Liputan6.com, Jakarta- Timnas Indonesia akan memulai petualangan di Piala AFF 2022 pada Jumat 23 Desember 2022. Ujian pertama bagi pasukan Shin Tae-yong adalah Kamboja yang akan dihadapi di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Indonesia harus melakukan start sempurna dengan menghajar Kamboja demi bisa mewujudkan cita-cita menjuarai Piala AFF untuk pertama kalinya. Persaingan di Grup A Piala AFF 2022 cukup sengit sehingga kemenangan dan gol yang banyak diperlukan.

Selain Kamboja, Indonesia harus bersaing dengan Thailand, Filipina dan Brunei Darussalam. Saat ini Thailand dan Kamboja menguasai klasemen Grup A setelah sama-sama memetik kemenangan di laga pertama.

Kemenangan atas Kamboja akan mendongkrak moral dan semangat juang Skuad Garuda. Indonesia wajib menyapu dua laga awal melawan Kamboja dan kemudian Brunei karena setelah itu sudah ditunggu Thailand dan Filipina.

Kamboja tak bisa dipandang sebelah mata oleh Timnas Indonesia. Pada laga pertamanya mereka sukses mengalahkan Filipina 3-2. Sepak bola Kamboja mulai bangkit dalam beberapa tahun terakhir.

Shin Tae-yong kemungkinan akan memberikan kesempatan kepada pemain naturalisasi Jordi Amat melakukan debut di timnas Indonesia. Jordi Amat iktu dibawa dalam skuad Piala AFF 2022.

Jordi Amat bakal mengawal lini belakang timnas Indonesia bersama Rachmat Irianto dan Fachruddin Aryanto. STY kemungkinan bakal turun dengan formasi tiga bek. Peluang Jordi Amat langsung jadi starter sangat besar. Pasalnya Indonesia tak bisa menurunkan Elkan Baggott di Piala AFF 2022.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keyakinan

Jelang melawan Kamboja, STY masih dipusingkan kondisi bek kiri Pratama Arhan yang kondisinya diragukan. Jika Arhan tak bisa turun maka Edo Febriansyah yang bakal mengisi pos di sektor kiri.

Indonesia sendiri memasang target juara di Piala AFF 2022. Terlebih setelah Thailand tidak turun dengan kekuatan terbaiknya diajang kali ini. Menghadapi Piala AFF 2022, Indonesia juga mendapat kabar baik karena pertandingan kandang sudah bisa disaksikan penonton.

"Seluruh pemain Timnas Indonesia sudah siap mengikuti Piala AFF 2022. Kami optimistis dengan skuad pilihan dari coach Shin Tae-yong. Insya Allah pada tahun ini Indonesia menjadi juara," kata ketua umum PSSI Mochamad Iriawan di situs resmi PSSI.

"Dengan adanya izin penonton yang hadir di stadion dari Polri tentu menambah semangat dan motivasi pemain. Kami berharap pemain selalu fokus, kerja keras dan jangan pernah anggap enteng lawan," tambahnya.

3 dari 4 halaman

Prediksi Susunan Pemain

Indonesia: Nadeo Argawinata; Fachruddin Aryanto, Jordi Amat, Rachmat Irianto,; Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam, Marc Klok, Ricky Kambuaya; Saddil Ramdani, Ilija Spasojevic, Witan Sulaeman

Kamboja: Keo Soksela; Tes Sambath, Choun Chanchav, Soeuy Visal; Yeu Muslim, Orn Chanpolin, Sos Souhana, Seut Baraing; Sieng Chanthea, Reung Bunheing, Lim Pisoth

4 dari 4 halaman

Rekor Pertemuan

Piala AFF 1996 - Indonesia vs Kamboja 3-0 (Kurniawan DY 15, Peri Sandria 23, Eri Irianto 60)

Piala AFF 2002 - Indonesia vs Kamboja 4-2 (Zaenal Arief 35, Bambang Pamungkas 58, 79, 80; Hok Sochetra 16, 45)

Piala AFF 2004 - Indonesia vs Kamboja 8-0 (Ilham Jaya Kesuma 5, 48, 59, Elie Aiboy 30, 55, Kurniawan DY 74, 79, Ortizan Solossa 90)

Piala AFF 2008 - Indonesia vs Kamboja 4-0 (Budi Sudarsono 15, 54, 70, Bambang Pamungkas 76)

Piala AFF 2020 - Indonesia vs Kamboja 4-2 (Rachmat Irianto 5, 33, Evan Dimas 17, Ramai Rumakiek 54; Yue Safy 37, Mony Udom 60)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.