Sukses

Piala AFF 2022: Shin Tae-yong Kecewa Elkan Baggott dan Sandy Walsh Batal Bela Timnas Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menyayangkan batalnya Elkan Baggot dan Sandy Walsh ikut serta membela Skuad Garuda di ajang Piala AFF 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia bakal segera menghadapi laga perdana Grup A Piala AFF 2022. Skuad Garuda dijadwalkan bersua dengan Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (23/12/2022).

Terdapat total 23 pemain yang dipanggil Shin Tae-yong untuk memperkuat tim racikannya di kompetisi sepak bola bergengsi Asia Tenggara. Deretan penggawa ini juga sudah mengikuti sesi pemusatan latihan (TC) di Bali sejak akhir November.

Sayangnya, dua nama bintang yakni Elkan Baggott dan Sandy Walsh batal mentas di Piala AFF 2022. Padahal mereka semula diharapkan mampu menjadi benteng kokoh bagi lini pertahanan Tanah Air di turnamen level ASEAN.

Adapun Elkan memilih untuk bermain bersama klubnya Gillingham FC. Ia memutuskan mangkir dari panggilan Shin Tae-yong di Skuad Garuda, meski Gillingham serta Ipswich Town sejatinya memberi kebebasan kepada sang pemain.

Sementara itu, Sandy Walsh tak mendapat restu dari KV Mechelen. Klub asal Belgia itu belum rela melepas pemain berusia 27 tahun lantaran jasanya masih sangat dibutuhkan jelang menghadapi agenda penting yang bertepatan dengan Piala AFF 2022.

Sandy sendiri sempat mengunggah video klarifikasi melalui Instagram untuk menjelaskan ketidakhadirannya di Timnas Indonesia. Pemain naturalisasi baru itu mengaku turut kecewa lantaran batal membela Merah Putih di Piala AFF edisi ini.

“Saya tahu banyak dari kalian yang merasa sangat kecewa dan bingung karena saya tidak menjadi bagian dari Timnas Indonesia di turnamen mendatang (Piala AFF),” tutur Sandy.

“Pertama, saya juga kecewa seperti kalian. Semua orang tahu, saya butuh waktu 6–7 tahun agar bisa menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Saya juga sudah ke Bali untuk melakukan persiapan bersama tim dengan harapan saya bisa bergabung dengan skuad di Piala AFF.”

“Sayang sekali, klub saya punya pertandingan penting juga di saat yang bersamaan dengan Piala AFF,” pungkasnya dalam video Instagram yang diunggah pada Selasa (20/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanggapan Shin Tae-yong

Shin Tae-yong juga sempat menyinggung perihal ketidakikutsertaan Elkan Baggott dan Sandy Walsh di Piala AFF 2022. Dalam konferensi pers jelang laga perdana Indonesia vs Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Kamis (22/12/2022) siang WIB, juru taktik asal Korea Selatan itu menyayangkan absennya kedua pemain.

Walau begitu, Shin Tae-yong tetap bersyukur Skuad Garuda secara keseluruhan berada dalam kondisi baik, meski sempat digeber latihan tanpa henti saat menjalani TC di Bali.

“AFF sudah mulai sejak dua hari lalu, tetapi bagi kita pertandingan perdana baru (dihelat) besok. Para pemain sudah menyelesaikan TC di Bali selama hampir 20 hari tanpa jeda. Semuanya dalam kondisi baik,” tutur Shin.

“Hal yang disayangkan, Elkan (Baggott) dan Sandy (Walsh) tidak bisa bergabung. Akan tetapi, sisa pemain lain kondisinya baik. Saya percaya para pemain bisa berjuang keras mulai pertandingan perdana besok,” sambung dia.

3 dari 3 halaman

Pantang Anggap Remeh

Shin Tae-yong mengaku pantang menganggap remeh Kamboja jelang menghadapi duel perdana Piala AFF 2022. Meski unggul dari segi rekor pertemuan, juru taktik asal Negeri Ginseng menilai Angkor Warriors kini menunjukkan performa yang kian apik.

“Saat ini Kamboja situasinya sangat baik. Di pertandingan home melawan Filipina, mereka baru saja memetik kemenangan. Performanya pun apik. Sedangkan kita (Indonesia), beberapa bulan terakhir memang tidak bisa bertanding secara resmi,” ujarnya dalam konferensi pers jelang laga di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (22/12/2022).

“Saya bisa tegaskan bahwa bola itu bundar, jadi saya tidak bisa bilang (Indonesia) akan menang mudah atau tidak, tergantung situasi. Akan tetapi di pertandingan ini, (kita) memang harus mendapatkan kemenangan,” sambung Shin Tae-yong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.