Sukses

MU Diminta Datangkan Kiper Argentina di Piala Dunia 2022 Sebagai Pengganti David de Gea

MU diminta mengontrak kiper Timnas Argentina Emiliano Martinez untuk menggantikan posisi David de Gea di Old Trafford.

Liputan6.com, Jakarta Manchester United (MU) diminta untuk mendatangkan kiper Timnas Argentina, Emiliano Martinez, untuk menggantikan posisi David de Gea di Old Trafford.

Tak dapat dimungkiri, penjaga gawang Aston Villa itu memang tampil mengesankan bersama La Albiceleste di Piala Dunia 2022. Martinez memainkan peran penting dalam mengantar Tim Tango menyabet trofi FIFA World Cup perdana sejak 1986.

Mirror mencatat pemain berusia 30 tahun sempat membuat penyelamatan epik dalam laga final kontra Prancis pada Minggu (18/12/2022). Martinez menepis upaya Randal Kolo Muani di masa perpanjangan waktu, serta menggagalkan eksekusi Kingsley Coman saat adu penalti.

Penampilan gemilang tersebut membuat Martinez dianugerahi penghargaan Golden Glove sebagai penjaga gawang terbaik Piala Dunia 2022. Ia juga kini sukses menarik perhatian pengamat dan sejumlah klub papan atas, termasuk raksasa Budesliga Bayern Munchen.

Eks pemain Inggris Jay Bothroyd pun ikut-ikutan menjodohkan Martinez dengan klub lain. Ia menilai Manchester United bisa menjadi pelabuhan yang tepat buat penjaga gawang kelahiran 1992. Penggawa La Albiceleste juga dipandang cocok untuk menggantikan posisi David de Gea.

“Dia (David de Hea) adalah penjaga gawang papan atas, dia menjalani musim dengan baik tahun lalu. Akan tetapi, dia memiliki banyak uang, dia adalah salah satu pemain dengan bayaran tertinggi di Liga Premier. Saya pikir (gajinya) mencapai 350.000 poundsterling per minggu.”

“Itu sangat banyak untuk ukuran penjaga gawang. Sekarang, jika saya adalah Manchester United, saya akan mencoba mencari opsi lain. Martinez adalah salah satunya. Memang dia di Aston Villa, tetapi (Martinez) berpotensi menjadi alternatif bagi mereka,” ujarnya kepada Sky Sports News, seperti dilansir dari Mirror.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

De Gea di MU

David de Gea telah menjadi pemilik nomor punggung satu yang nyaris tak tergeser di MU selama 11 tahun. Ia tercatat sudah tampil dalam 507 pertandingan bersama Setan Merah dan menyatakan ingin pensiun di Old Trafford.

Kiper berusia 32 tahun itu juga tak kesulitan menetralisir ancaman Dean Henderson. De Gea sanggup memenangkan persaingan di bawah mistar gawang MU, yang memaksa penggawa internasional Inggris bertolak Nottingham Forest dengan status pinjaman.

Adapun kesepakatan De Gea bersama Setan Merah saat ini bakal berakhir pada pengujung musim. Mirror mengeklaim pihak klub sudah mulai membuka pembicaraan terkait potensi perpanjangan kontrak.

Akan tetapi, Bothroyd menilai langkah tersebut merupakan hal yang salah. Pasalnya, ia menganggap Martinez mampu menjadi sosok pengganti sempurna bagi eks penjaga gawang Atletico Madrid di Old Trafford.

3 dari 3 halaman

Martinez di Aston Villa

Di sisi lain, Martinez saat ini juga masih terikat kontrak dengan Aston Villa hingga Juni 2027. Klub asuhan Unai Emery nampaknya tidak berniat menguangkan kiper Timnas Argentina. The Villa dikabarkan siap mengadakan pembicaraan terkait masa depan sang pemain.

Klub Liga Inggris memang punya alasan kuat untuk mempertahankan Martinez. Pasalnya, pesepak bola berusia 30 tahun dipandang sebagai calon penerus John McGinn yang kini menyandang status kapten di Villa Park.

Melansir laporan Mirror, Martinez tercatat telah membuat tiga clean sheet dalam 15 penampilan bersama The Villa sepanjang musim ini. Ia juga cukup terampil ketika dihadapkan dengan ancaman penalti.

Buktinya terlihat saat Martinez menggagalkan upaya Virgil van Dijk dan Steven Berghuis dalam drama adu penalti kontra Belanda di perempat final Piala Dunia. Kesuksesan tersebut kembali diulanginya kala Tim Tango meladeni Prancis di partai puncak.

Sekadar informasi, Martinez sempat menjalani masa-masa yang kurang menyenangkan sebelum menjadi pahlawan Argentina di Piala Dunia 2022. Mayoritas kariernya dulu ia habiskan di level bawah kompetisi Inggris.

Martinez dibeli oleh Arsenal dari Independiente saat berusia 17 tahun pada 2012. Namun, ia terus-terusan dipinjamkan ke klub yang lebih rendah seperti Oxford United, Sheffield Wednesday, Rotherham United, Wolverhampton Wanderers, Getafe, hingga Reading.

Uniknya, Arsenal justru baru membuang Emiliano Martinez usai ia tampil bagus di final Piala FA 2019-2020. Saat itu, pemain internasional Argentina berkontribusi di balik keberhasilan The Gunners menang 2-1 atas Chelsea. Setelahnya, Martinez dibiarkan pergi ke Aston Villa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • David De Gea adalah kiper sepak bola profesional yang berasal dari Spanyol.
    David De Gea adalah kiper sepak bola profesional yang berasal dari Spanyol.

    David De Gea

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Emiliano Martinez