Sukses

Kylian Mbappe Pencetak Hattrick Pertama di Final Piala Dunia 2022 Setelah Geoff Hurst 1966

Baru ada dua pemain yang bisa mencetak hattrick di final Piala Dunia. Sebelum Mbappe rekor tersebut sudah bertahan begitu lama.

Liputan6.com, Jakarta- Final Piala Dunia 2022 berakhir tragis bagi Prancis. Les Bleus gagal mempertahankan gelar juara setelah dikalahkan Argentina meski penyerang Kylian Mbappe sudah tampil cemerlang di laga puncak dengan mencetak hattrick.

Prancis harus mengakui keunggulan Argentina 2-4 lewat adu penalti. Partai final di Stadion Lusail pada 18 Desember 2022 berlangsung sangat seru dan penuh drama. Sayangnya pada akhirnya Prancis yang harus menangis.

Tertinggal dua gol di babak pertama. Prancis bangkit dan menyamakan skor lewat dua gol Kylian Mbappe dalam kurun dua menit. Pertandingan berlanjut ke perpanjangan waktu. Lagi-lagi Prancis tertinggal 2-3. Namun Mbappe kembali menyelamatkan Prancis lewat eksekusi penaltinya sehingga laga dilanjutkan ke adu penalti.

Pada adu penalti, Mbappe maju sebagai algojo pertama. Lagi-lagi dia sukses memperdaya kiper Emiliano Martinez yang selama ini dikenal piawai menepis penalti. Sayangnya Kingsley Coman dan Aurelian Tchouameni gagal mengeksekusi penalti sehingga Argentina yang keluar sebagi juara Piala Dunia Qatar.

Di luar hasil akhir, performa Mbappe selama partai final begitu mengundang decak kagum dan pujian. Tak banyak pemain bisa membuat hattrick di final Piala Dunia.

Mbappe menjadi pemain pertama yang bisa melakukannya sejak penyerang Inggris Geoff Hurst. Rekor Hurst sudah bertahan lama sekali sejak Piala Dunia 1966.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rekor Lain

Dalam sejarah Piala Dunia, baru ada dua pemain yang bisa membuat trigol di final Piala Dunia. Hanya Mbappe dan Hurst yang mampu. Yang lebih dahsyat, Mbappe melakukannya di usia 23 tahun.

Hat-trick di final Piala Dunia juga membuat Mbappe masuk buku sejarah lain sebagai pemain paling sering membuat gol di final Piala Dunia. Total Mbappe sudah melesakkan empat gol di dua final Piala Dunia. Pada 2018, Mbappe membuat sebiji gol. Mbappe pun melewati pencapaian Zinedine Zidane, Pele, Vava dan Hurst dengan tiga golnya.

3 dari 3 halaman

Sepatu Emas

Ketajaman Mbappe di Piala Dunia 2022 membuatnya juga meraih Sepatu Emas sebagai top skor. Total Mbappe membuat delapan gol selama Piala Dunia Qatar berlangsung. Mbappe mengalahkan pemain Argentina Lionel Messi.

Mbappe cuma unggul satu gol saja dari Messi yang mengoleksi tujuh gol selama bermain di Qatar. Sayangnya penghargaan pemain terbaik Piala Dunia 2022 gagal diraih Mbappe. Messi yang terpilih.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.