Sukses

Elkan Baggot Absen Bela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Shin Tae-yong: Tidak Ada Pengganti

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong tidak berencana menambah pemain meski Elkan Baggott memutuskan absen dari Piala AFF 2022. Shin Tae-yong menyebut hanya akan mengandalkan mereka yang tengah menjalani pemusatan latihan (TC) di Bali.

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong tidak berencana menambah pemain meski Elkan Baggott memutuskan absen dari Piala AFF 2022. Shin Tae-yong menyebut hanya akan mengandalkan mereka yang tengah menjalani pemusatan latihan (TC) di Bali.

Sosok asal Korea Selatan itu juga memastikan tidak bakal merekrut nama baru dari BRI Liga 1 yang kembali bergulir awal bulan ini.

“Tidak ada pemain tambahan, hanya pemain-pemain TC sekarang yang ikut turnamen (Piala AFF) nanti,” kata Shin Tae-yong saat ditemui pada sela-sela sesi latihan di Training Ground Bali United, Pantai Purnama, Gianyar, Jumat (16/12/2022).

“Pemain Liga 1 tidak saya pantau, karena fokus ke TC. Sebelum Liga 1 juga semua sudah cek, karena itu kami hanya menurunkan pemain yang ada di sini saja,” sambungnya, dilansir Antara.

Elkan Baggott saat ini bermain bersama klub asal Inggris Gillingham dengan status pinjaman dari Ipswich Town. Dia memilih absen untuk memperkuat Skuad Garuda di Piala AFF 2022 meski pihak Gillingham dan Ipswich Town membebaskan. Meski begitu, PSSI sejauh ini belum memberi keterangan resmi dari pemain.

“Saya selalu mendukung apa yang pemain inginkan, terutama saat ada kesempatan bermain di depan banyak orang. Elkan memutuskan untuk tetap di sini. Keputusan itu tentu didukung oleh Ipswich dan kami,” kata pelatih Gillingham Neil Harris Harris dilansir KentOnline.

Tanpa Elkan Baggot, Skuad Garuda berisi 28 pemain yang seluruhnya telah mengikuti TC di Bali sejak 28 November 2022.

Berikut daftar pemain:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daftar Pemain

Kiper: Nadeo Argawinata, Muhammad Riyandi, Syahrul Trisna

Belakang: Asnawi Mangkualam, Jordi Amat, Sandy Walsh, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Muhammad Ferrari, Pratama Arhan, Hansamu Yama, Andy Setyo, Edo Febriansyah

Tengah: Marc Klok, Syahrian Abimanyu, Marselino Ferdinan, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Dzaky Asraf, Yakob Sayuri, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani

Depan: Dimas Drajad, Muhammad Rafli, Dendy Sulistyawan, Ramadhan Sananta, Ilija Spasojevic

3 dari 4 halaman

Kehadiran Penonton

Shin Tae-yong berharap aparat keamanan memberi izin kehadiran penonton pada Piala AFF 2022. Dia menilai suporter bisa membantu anak asuhnya meraih hasil terbaik.

"Karena ini pertandingan internasional, saya berharap mendapatkan izin dari pihak yang berwenang agar penonton atau suporter dapat datang ke stadion untuk memberikan dukungan langsung kepada Timnas Indonesia," kata Shin Tae-yong.

"Tentunya bila hal tersebut terjadi, menambah motivasi serta semangat pemain dan hasil terbaik dapat kita dapatkan di Piala AFF 2022," tukas pelatih Korea Selatan di ajang Piala Dunia 2018 tersebut.

Kehadiran penonton di stadion sepak bola masih dalam tanda tanya menyusul tragedi Kanjuruhan, Oktober lalu. Akibat musibah tersebut, kompetisi BRI Liga 1 sempat terhenti dua bulan sebelum akhirnya kembali bergulir awal bulan ini.

Namun, kompetisi kali ini menggunakan sistem gelembung di DI Yogyakarta dan Jawa tengah. Penonton juga tidak boleh datang ke stadion.

Piala AFF 2022 digelar mulai 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023. Indonesia masuk Grup A dan bakal melakoni laga perdana melawan Kamboja pada 23 Desember mendatang. 

Shin Tae-yong mengatakan perkembangan skuad Garuda semakin membaik setelah melahap materi selama pemusatan latihan dua pekan lebih di Bali.

"Mulai pekan kemarin hingga saat ini materi latihan intensitasnya sangat tinggi untuk para pemain. Para pemain mengikuti latihannya dengan baik, semangat dan kerja keras. Saya puas dengan perkembangan pemain hingga saat ini," kata Shin Tae-yong.

4 dari 4 halaman

Format Kompetisi

Piala AFF edisi ini bakal kembali dihelat menggunakan format kandang-tandang. Semua tim dalam grup saling berhadapan, dengan masing-masing peserta mendapat dua kali kesempatan bertanding di kandang (home) serta tandang (away).

Terdapat total dua grup, yang terdiri atas masing-masing lima negara partisipan, dalam perhelatan Piala AFF 2022. Dua tim yang berhasil meraih peringkat terbaik dari tiap-tiap grup akan mendapat tempat tampil di semifinal.

Timnas Indonesia sendiri merupakan bagian dari Grup A Piala AFF 2022. Dengan demikian, skuad asuhan Shin Tae-yong sudah harus siap meladeni perlawanan sang juara bertahan Thailand sejak fase penyisihan.

Adapun tiga slot lainnya diisi oleh Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam. Tebuan menjadi tim terakhir yang melengkapi persaingan Grup A, usai menaklukkan Timor Leste dalam pertandingan kuaifikasi.

Sekadar informasi, Brunei Darussalam memetik kemenangan agregat 6–3 dari dua laga yang dilakoni. Skuad asuhan Mario Rivera lebih dulu berjaya dengan 6–2 dalam laga yang dihelat pada Sabtu (5/11/2022), sebelum takluk 0–1 dari Timor Leste tiga hari berselang.

Capaian itu mengantar Brunei menyegel tempat di babak penyisihan grup Piala AFF 2022. Penampilannya kali ini sekaligus menandai keikutsertaan kedua Tebuan dalam perhelatan sepak bola Asia Tenggara.

Di sisi lain, persaingan Grup B akan diramaikan oleh sejumlah tim papan atas. Vietnam, Malaysia, Singapura, Myanmar, dan Laos bakal saling berhadapan demi memperebutkan kursi menuju babak empat besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.