Sukses

Portugal Tidak Mampu Manfaatkan Kartu Merah Maroko di Menit Akhir Perempat Final Piala Dunia 2022

Portugal kalah 0-1 dari Maroko pada laga perempat final Piala Dunia 2022. Dalam laga itu, Maroko bermain dengan 10 pemain Walid Cheddira diganjar kartu merah di menit ke-90+2.

Liputan6.com, Jakarta - Portugal harus angkat koper dari Piala Dunia 2022 Qatar. Langkah skuad racikan Fernando Santos terhenti di perempat final setelah kalah dari Maroko 0-1 di Stadion Al Thumama, Doha, Sabtu (10/12) malam WIB.

Gol kemenangan Maroko dicetak Youssef En-Nesyri pada menit ke-42. Berawal dari umpan Yahia Attiyat Allah, tandukan striker berusia 25 tahun itu lebih cepat dari upaya kiper Diogo Costa menangkap bola.

Menghadapi Portugal, Maroko sempat tampil impresif di awal pertandingan. Namun setelah 15 menit, Portugal menguasai permainan. Meski begitu, Bruno Fernandes cs sulit membongkar pertahanan Maroko yang rapat.

Sementara itu, Maroko mengandalkan serangan balik dengan memaksimalkan umpan-umpan silang. Hasilnya lahir gol Youssef En-Nesyri.

Babak kedua baru berjalan enam menit, pelatih Portugal Fernando Santos memasukkan Cristiano Ronaldo dan Joao Cancelo dengan menarik keluar Ruben Neves serta Raphael Guerreiro. Tapi, Maroko yang bermain disiplin membuat Portugal masih kesulitan mencetak gol.

Santos kemudian memainkan Rafael Leao dan Vitinha di menit ke-69. Sepuluh menit kemudian, giliran Ricardo Horta yang masuk menggantikan Diogo Dalot. Portugal terus mengurung pertahanan Maroko hingga menguasai bola hingga 75 persen.

Pada menit ke-82, Portugal hampir menyamakan kedudukan andai tendangan melengkung Joao Felix dari luar kotak penalti tidak bisa ditepis Yassine Bounou. Kiper berusia 31 tahun itu juga bisa mengantisipasi tendangan Cristiano Ronaldo yang lahir dari serangan balik.

Maroko harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-90+2 setelah Walid Cheddira mendapat kartu kuning kedua. Unggul jumlah pemain, Portugal terus membombardir pertahanan Portugal. Tetapi, justru Maroko yang nyaris mencetak gol kedua di menit ke-90+5.

Lewat serangan balik, Zakaria Aboukhlal tinggal berhadapan dengan kiper Diego Costa. Tapi, sontekan Zakaria bisa dengan mudah diantisipasi Costa.

Di sisi lain, keunggulan jumlah pemain juga tidak mampu dimaksimalkan Portugal. Hingga akhir laga, Ronaldo dan kawan-kawan tidak bisa mencetak gol balasan dan harus mengakui keunggulan Maroko.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sejarah baru

Berkat kemenangan atas Portugal, Maroko berhak melangkah ke semifinal Piala Dunia 2022. Hakim Ziyech cs akan menghadapi juara bertahan Prancis yang mengalahkan Inggris 2-1.

Tak hanya itu, Maroko juga mencetak sejarah. Skuad racikan Walid Regragui menjadi tim Afrika pertama yang mencapai empat besar Piala Dunia.

Maroko juga menjadi negara pertama di luar Eropa dan Amerika Selatan yang mencatatkan empat chean sheet atau nirbobol dalam satu edisi Piala Dunia. Sebelumnya gawang Maroko tidak kebobolan saat melawan Kroasia, Belgia, dan Spanyol.

3 dari 3 halaman

Susunan pemain

Maroko (4-2-3-1): Yassine Bounou; Achraf Hakimi, Jawad El Yamiq, Romain Saiss (Achraf Dari 58), Yahia Attiyat Allah; Azzedine Ounahi, Sofyan Amrabat; Selim Amallah (Walid Cheddira 65), Sofiane Boufal, Hakim Ziyech (Zakaria Aboukhlal 82); Youssef En-Nesyri (Badr Benoun 65)

Portugal (4-3-3): Diogo Costa; Diiogo Dalot (Ricardo Horta 80), Ruben Dias, Danilo Pereira, Raphael Guerreiro (Joao Cancelo 51); Otavio (Vitinha 65), Ruben Neves (Cristiano Ronaldo 51), Bruno Fernandes; Bernardo Silva, Joao Felix, Goncalo Ramos (Rafael Leao 69)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.