Sukses

PSSI Ingin Laga Kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 Boleh Dihadiri Penonton

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia bakal segera menghadapi Piala AFF 2022. Kompetisi sepak bola bergengsi se-Asia Tenggara dijadwalkan berlangsung mulai 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023.

Seperti diketahui, Piala AFF edisi ini kembali mengusung format kandang-tandang. Artinya, seluruh tim dalam grup bakal saling berhadapan, dengan masing-masing peserta mendapat dua kali kesempatan bertanding di kandang (home) serta tandang (away).

Timnas Indonesia bakal melakoni laga kandang melawan Kamboja pada 23 Desember, disusul pertandingan kontra Thailand pada 29 Desember. Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) kabarnya sudah direstui menjadi kandang Skuad Garuda di Piala AFF 2022.

Jelang perhelatan tersebut, muncul pertanyaan terkait kehadiran penonton di duel kandang Timnas Indonesia. Pasalnya, dalam lanjutan kompetisi domestik Liga 1, penyelenggara diharuskan menerapkan sistem bubble tanpa penonton sepanjang periode pertama.

Sistematika serupa dikhawatirkan bakal ikut berlaku di Piala AFF 2022. Namun, PSSI selaku federasi sepak bola Tanah Air menyatakan pihaknya masih berupaya menanti izin dari yang berwenang, agar duel turnamen tersebut nantinya boleh dihadiri penonton.

“Kita tunggu (izin dari pihak berwenang). Kami akan usahakan itu (laga kandang Indonesia di Piala AFF) untuk bisa dihadiri penonton,” ungkap Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

“Pelatih (Shin Tae-yong) juga tadi sampaikan, (pertandingan bakal) lebih memberikan semangat kepada anak-anak timnas apabila itu bisa dihadiri penonton,” sambung dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Kondisi Timnas Indonesia

Sebelumnya, Ketum PSSI juga sempat mengungkap kondisi terkini Skuad Garuda jelang menghadapi turnamen sepak bola level Asia Tenggara.

Sosok yang akrab disapa Iwan Bule itu memang menyaksikan langsung progres persiapan Timnas Indonesia ketika menghadiri latihan fisik dan taktik di Lapangan Bali United Training Center, Gianyar, pada Rabu (7/12/2022).

“Alhamdulillah kondisi pemain sangat baik saat ini. Mereka terus menunjukkan perkembangan yang positif. Saya datang ke sini untuk memberikan motivasi dan semangat bagi para pemain Timnas Indonesia,” tutur Iriawan seperti dilansir dari situs resmi PSSI.

3 dari 4 halaman

Optimis Juara

Iwan Bule mengaku optimistis Skuad Garuda bisa meraih gelar juara Piala AFF 2022. Seperti diketahui, prestasi terbaik Indonesia di gelaran tersebut hanyalah menjadi runner-up pada edisi 2000, 2002, 2004, 2010, 2016, serta teranyar 2020.

“Kami optimistis dengan skuad yang ada, (Indonesia) mampu meraih juara di Piala AFF 2022 nanti. Untuk itu, Skuad Garuda harus kerja keras, disiplin, dan berjuang maksimal demi hasil terbaik,” ujarnya dalam kesempatan yang sama.

“Tentu, PSSI mendukung penuh seluruh program dari pelatih Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia,” pungkas Iriawan.

4 dari 4 halaman

Pembagian Grup

Berikut adalah pembagian grup di Piala AFF 2022.

Grup A:

  • Thailand
  • Filipina
  • Indonesia
  • Kamboja
  • Brunei Darussalam

Grup B:

  • Vietnam
  • Malaysia
  • Singapura
  • Myanmar
  • Laos

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS