Sukses

Ketum PSSI Ungkap Kondisi Timnas Indonesia Jelang Piala AFF 2022

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia tengah bersiap menyongsong kompetisi Piala AFF 2022 yang dijadwalkan berlangsung mulai 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023. Tim racikan Shin Tae-yong hingga kini masih menjalani pemusatan latihan (TC) di Bali.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengungkap kondisi terkini Skuad Garuda jelang menghadapi turnamen sepak bola bergengsi se-Asia Tenggara.

Sosok yang akrab disapa Iwan Bule itu memang menyaksikan langsung progres persiapan penggawa Merah Putih ketika menghadiri latihan fisik dan taktik Timnas Indonesia di Lapangan Bali United Training Center, Gianyar, pada Rabu (7/12/2022).

“Alhamdulillah kondisi pemain sangat baik saat ini. Mereka terus menunjukkan perkembangan yang positif. Saya datang ke sini untuk memberikan motivasi dan semangat bagi para pemain Timnas Indonesia,” tutur Iriawan seperti dilansir dari situs resmi PSSI.

Iwan Bule mengaku optimistis Skuad Garuda bisa meraih gelar juara Piala AFF edisi ini. Seperti diketahui, prestasi terbaik Indonesia di gelaran tersebut hanyalah menjadi runner-up pada 2000, 2002, 2004, 2010, 2016, serta teranyar 2020.

“Kami optimistis dengan skuad yang ada, (Indonesia) mampu meraih juara di Piala AFF 2022 nanti. Untuk itu, Skuad Garuda harus kerja keras, disiplin, dan berjuang maksimal demi hasil terbaik,” sambungnya dalam kesempatan yang sama.

“Tentu, PSSI mendukung penuh seluruh program dari pelatih Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia,” pungkas Iriawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Apresiasi Shin Tae-yong

Di sisi lain, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong juga mengapresiasi dukungan yang diberikan Ketua Umum PSSI terhadap anak-anak asuhnya. Juru taktik asal Korea Selatan itu mengeklaim kehadiran Iwan Bule amat berarti bagi Skuad Garuda.

“Situasi sempat sulit dengan adanya tragedi Kanjuruhan, baik untuk PSSI dan Timnas Indonesia. Namun, dengan kehadiran Pak Ketum (Iwan Bule) dalam latihan pagi tadi di gym, kemudian sore ini di lapangan untuk memberi dukungan, (itu) sangat berarti bagi kami,” katanya.

Sekadar informasi, Timnas Indonesia memang butuh upaya ekstra di Piala AFF 2022. Mereka sudah dinanti lawan berat sejak fase penyisihan. Skuad Garuda diketahui bakal bersua dengan juara bertahan Thailand karena sama-sama tergabung dalam Grup A.

3 dari 4 halaman

Format Pertandingan

Piala AFF yang bergulir mulai akhir Desember 2022 hingga awal Januari 2023 mendatang akan kembali menggunakan format kandang-tandang.

Artinya, seluruh tim dalam grup bakal saling berhadapan, dengan masing-masing peserta mendapat dua kali kesempatan bertanding di kandang (home) serta tandang (away). Dua tim terbaik dari setiap grup berhak melaju ke babak semifinal.

Timnas Indonesia bakal menjalani laga kandang melawan Kamboja pada 23 Desember, disusul pertandingan kontra Thailand pada 29 Desember 2022. Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) kabarnya telah ditunjuk menjadi kandang Skuad Garuda di Piala AFF 2022.

4 dari 4 halaman

Pembagian Grup

Berikut adalah pembagian grup di Piala AFF 2022.

Grup A:

  • Thailand
  • Filipina
  • Indonesia
  • Kamboja
  • Brunei Darussalam

Grup B:

  • Vietnam
  • Malaysia
  • Singapura
  • Myanmar
  • Laos

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS