Sukses

Bikin Khawatir, Dua Pemain Inggris Kurang Fit Jelang Lawan Prancis di 8 Besar Piala Dunia 2022

Liputan6.com, Doha- Gareth Southgate harus bekerja keras untuk menyiapkan pasukannya jelang Inggris menghadapi Prancis pada duel perempat final Piala Dunia 2022 di Al Bayt Stadium, Minggu (11/12/2022). Soalnya, ada dua pemain yang tidak fit kondisinya.

Kedua pemain itu yakni Declan Rice dan Callum Wilson. Keduanya tak tampak mengikuti latihan dengan rekan mereka di Timnas Inggris. Ini tentu membuat Southgate khawatir, utamanya kondisi Rice.

Seperti diketahui, Declan Rice merupakan pilar di lini tengah Inggris. Dia selalu bertandem dengan Jude Bellingham di posisi gelandang bertahan.

Rice dikabarkan merasa sedikit sakit sehingga absen d latihan Rabu Inggris. Sedangkan Wilson yang tampil dua kali sebagai pemain cadangan mengalami masalah otot.

Sebelumnya, dua pemain Inggris Ben White dan Raheem Sterling harus pulang kampung lebih cepat. Keduanya harus menghadapi masalah keluarga yang tak bisa ditinggalkan.

Sterling seperti diketahui mendapatkan laporan kalau rumahnya di Surrey sudah didatangi perampok bersenjata. Kabarnya perampok berhasil memaksa masuk ke rumah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Redam Mbappe

 

Jelang menghadapi Prancis, inggris konsentrasi penuh untuk bisa kalahkan lawan. Pelatih Inggris, Gareth Southgate utamanya ingin meredam Kylian Mbappe.

Seperti dilansir Metro, Southgate mungkin akan tiru taktik Jose Mourinho. Taktik yang dimaksud yaitu taktik militer yang dipakai Mourinho untuk stop Mbappe.

Asisten Pelatih Inggris, Steve Holland memastikan kalau tugas timnya tak hanya stop Mbappe. Mereka juga ingin bisa mengontrol ancaman dari sektor lain.

 

3 dari 5 halaman

Komentar Holland

aktik Mourinho yaitu man marking atau menjaga terus Mbappe sepanjang pertandingan. Namun taktik ini juga bisa halangi rencana Inggris untuk menyerang.

"Saya pikir banyak pemain di planet yang harus mewaspadai Lionel Messi. Anda juga harus melihat Mbappe diperlakukan seperti itu," kata Holland.

"Kami tentu tak akan hanya stop satu pemain, tapi kami akan lakukan segalanya agar bisa membatasi kekuatan supernya dan tentu fokus dengan kekuatan kami sendiri. Soalnya kami juga punya pemain bagus."

4 dari 5 halaman

Dua Tahun

Inggris rupanya sudah sangat siap untuk menghadapi Prancis. Seperti dilansir theguardian, Inggris sudah memantau Prancis sejak dua tahun lalu.

Inggris meyakini sudah siap baik fisik maupun taktik untuk menghadapi juara Piala Dunia 2018 ini. Inggris tak punya banyak waktu istirahat.

Setelah kalahkan Senegal 3-0 pada Minggu (4/12/2022) akhir pekan kemarin, pasukan Gareth Southgate sudah harus bersiap untuk hadapi Prancis. Sejak hari Senin lalu, pemain Inggris dan staf pelatih kumpul di hotel untuk mendengarkan analisa Tim Dittmer, kepala kepelatihan di Federasi Sepak Bola Inggris.

"Kami kembali ke hotel pada pukul 3 pagi, lalu tidur. Kami bangun lagi di pukul 9," kata asisten pelatih Inggris, Steve Holland.

"Kami disuguhi presentasi dari orang FA, soal salah satu pelatih Inggris yang sudah memantau terus Prancis di berbagai turnamen selama dua tahun terakhir."

5 dari 5 halaman

Diuntungkan

Inggris memang lebih banyak dapatkan istirahat. Maklum duel lawan Prancis dimainkan paling akhir di rangkaian perempat final Piala Dunia 2022.

Steven Holland pun mengaku ini jadi sesuatu yang melegakan buat Inggris. Ini juga mengangkat semangat dan juga moral mereka untuk persiapan.

"Ini tidak biasa, bisa mengembalikan fisik pemain secara ideal dan menyiapkan pemain secara taktik dan fisik. Kami punya kesempatan sempurna, tak ada alasan," ujarnya.

"Kami punya waktu. Kami membangun dari apa yang sudah kami lakukan. Kami tak akan meulai dari awal."

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS