Sukses

Hasil 16 Besar Piala Dunia 2022: Portugal Gilas Swiss, Goncalo Ramos Hattrick

Liputan6.com, Jakarta Portugal mengamankan tempat di babak perempat final Piala Dunia 2022 setelah menaklukkan Swiss dengan skor 6-1 dalam laga 16 besar di Stadion Lusail Iconic, Rabu (7/12/2022) dini hari WIB.

Dalam pertandingan ini, striker muda Benfica, Goncalo Ramos jadi bintang kemenangan setelah menjawa kepercayaan besar pelatih Fernando Santos menggantikan Cristiano Ronaldo di depan.

Keputusan Santos mencadangkan Ronaldo adalah salah satu dari delapan perubahan dalam komposisi starting XI Portugal dibandingkan starting line up ketika kalah dari Korea Selatan pada laga terakhir Grup H.

Sementara Swiss di pertandingan ini, membuat dua perubahan dalam susunan pemain inti dibandingkan kemenangan atas Serbia. Edimilison Fernandes menggantikan Silvan Widmer di posisi bek kanan, dan Yann Sommer yang fit kembali kembali mengawal gawang Swiss.

Jalannya Pertandingan

Tak lama setelah wasit Cesar Ramos dari Meksiko meniup peluit kick-off, Joao Felix memberikan operan tajam ke dalam kotak penalti, kepada Bruno Fernandes, namun penyerang Manchester United itu, gagal menembak.

Portugal memegang kendali dengan terus menguasai bola dengan kombinasi operan-operan. Mereka menunggu momentum yang tepat saat ada celah di garis pertahanan Swiss.

Akhirnya keputusan berani Fernando Santos menurunkan Goncalo Ramos, membuahkan hasil setelah striker 21 tahun itu, membobol gawang Swiss lewat tendangan kaki kiri yang keras.

Gol diawali ketika Joao Felix mengumpan bola pada Goncalo Ramos yang berada di dalam kotak penalti di bawah kawalan Fabian Schar. Tetapi dengan cepat, Ramos mengirim tembakan ke sudut kiri atas gawang. Yann Sommer terlihat kaget dan tak kuasa mencegah bola masuk ke gawang.

Juara Eropa 2016 itu, makin berenergi dan percaya diri untuk terus menggempur pertahanan Swiss yang digalang Manuel Akanji, Fabian Schar, Edimilison Fernandes, dan Ricardo Rodriguez.

Akhirnya Portugal menggandakan keunggulan ketika eksekusi sepak pojok Bruno Fernandes disambut sundulan Pepe yang menempatkan bola ke sisi kiri gawang, untuk membawa A Selecao unggul 2-0.

Tidak lama berselang Edimilson Fernandes mengirim crossing yag cukup membahayakan ke dalam area penalti Portugal. Namun kiper Diogo Costa berhasil mengintersepsi bola.

Remo Freuler mencoba untuk menyundul bola rebound, tetapi berhasil digagalkan oleh Diogo Costa. Kiper FC Porto itua berhasil melakukan sebuah penyelamatan penting yang membuat skor 2-0 untuk Portugal bertahan sampai turun minum.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Jelang babak kedua dimulai, pelatih Swiss, Murat Yakin, menarik keluar Fabian Schar yang digantikan Eray Comert. Di babak pertama, Schar memang terlihat kewalahan dan sempat mengalami masalah hingga harus ditangani tim medis.

Tetapi perubahan tersebut tak banyak mengubah situasi menjadi lebih baik untuk Swiss, setelah Portugal dengan cepat mencetak gol ketiga, kembali lewat Goncalo Ramos memanfaatkan umpan Diogo Dalot.

Unggul tiga gol, Portugal makin tersengat. Tidak lama berselang, Raphael Guerreiro membuat Swiss makin tenggelam setelah merobek gawang Yann Sommer di menit 55. Portugal unggul 4-0.

Di awali dari situasi sepak pojok, Swiss merespons untuk memperkecil ketinggalan jadi 1-4 lewat sontekan Manuel Akanji pada menit 58 yang memberikan sedikit harapan.

Portugal tak lantas panik karena kebobolan. Mereka tetapi tampil percaya diri dan berhasil menjauh lagi, berkat kerja sama apik Joao Felix dengan Goncalo Ramos.

Felix menyodorkan umpan kepada Ramos di dalam area penalti yang kemudian menuntaskannya dengan sontekan indah untuk mencetak gol ketiganya alias hattrick di laga ini pada menit 67, sekaligus mengubah skor jadi 5-1.

Keunggulan 5-1 membuat Portugal lebih nyaman. Fernando Santos kemudian menarik keluar Goncalo Ramos bersama Joao Felix dan Otavio, tujuannya jelas yakni agar siap untuk pertandingan selanjutnya. Mereka digantikan Ricardo Horta, Vitinha, dan Cristiano Ronaldo.

Rafael Leao melengkapi kemenangan Portugal menjadi 6-1 di menit-menit akhir pertandingan lewat gol indah tendangan kaki kanannya yang membuat Yann Sommer tak berkutik. 

Di babak perempat final Piala Dunia 2022, Portugal akan menghadapi Maroko yang secara mengejutkan menyingkirkan Spanyol lewat drama adu penalti.

Duel Maroko vs Portugal akan digelar di Stadion Al Thumama, Kota Doha, pada Sabtu (10/12/2022), pukul 22.00 WIB.

 

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

PORTUGAL: Diogo Costa; Diogo Dalot, Pepe, Ruben Dias, Raphael Guerreiro; Otavio (Vitinha 73), William Carvalho; Bernardo Silva (Ruben Neves 81), Bruno Fernandes (Rafael Leao 87), Joao Felix (Cristiano Ronaldo 73); Goncalo Ramos (Ricardo Horta 73).

SWISS: Yann Sommer; Edimilison Fernandes, Fabian Schar (Eray Comert 46), Manuel Akanji, Ricardo Rodriguez; Remo Freuler (Denis Zakaria 54), Granit Xhaka; Xherdan Shaqiri, Djibril Sow (Haris Seferovic 54), Ruben Vargas (Noah Okafor 66); Breel Embolo (Ardhon Jashari 88).

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS