Sukses

Susunan Pemain Portugal vs Swiss di Laga 16 Besar Piala Dunia 2022: Cristiano Ronaldo Dicadangkan

Liputan6.com, Jakarta Portugal bentrok dengan Swiss dalam pertandingan babak 16 Besar Piala Dunia 2022, di Stadion Lusail, Qatar, Rabu (7/12/2022) pukul 02.00 WIB. Kedua tim sudah mengumumkan daftar 11 pemain yang diturunkan sejak menit pertama.

Yang mengejutkan adalah keputusan pelatih Portugal, Fernando Santos, setelah menyimpan Cristiano Ronaldo di bangku cadangan.

Di lini depan, Fernando Santos, memilih kombinasi Joao Felix, Bruno Fernandes dan penyerang muda milik Benfica, Goncalo Ramos.

Sebelumnya ada sedikit drama seputar Portugal jelang pertandingan babak 16 Besar Piala Dunia 2022 kontra Swiss. Fernando Santos mengkritik Cristiano Ronaldo pada atas reaksinya yang ditarik dari pertandingan melawan Korea Selatan di penyisihan grup.

Portugal kalah di pertandingan tersebut dengan skor 2-1. Di laga itu, Ronaldo ditarik keluar sejak menit 65.

“Saya tidak menyukainya. Tidak semuanya. Aku benar-benar tidak menyukainya,” ujar Santos.

Menurut Rob Dawson dari ESPN, kamera menangkap Ronaldo yang tampak frustrasi dan seolah mengatakan, ‘Dia terburu-buru untuk menundukkan saya’ saat dia berjalan keluar lapangan.

Ronaldo juga terlibat cekcok verbal dengan Cho Gue-Sung dari Korea Selatan sebelum keluar dari pertandingan.

Setelah kekalahan Portugal 2-1, Ronaldo mengatakan reaksinya ditujukan pada Cho, bukan Santos.

“Apa yang terjadi adalah sebelum pergantian saya, pemain Korea Selatan itu menyuruh saya untuk segera turun. Saya mengatakan kepadanya untuk diam karena dia tidak memiliki otoritas itu,” ujar Ronaldo.

“Tidak ada perselisihan (dengan pelatih),” ujar Ronaldo menambahkan.

Santos mengatakan dia awalnya hanya melihat Ronaldo berdebat dengan Cho, tetapi sang manajer telah melihat rekaman dari seluruh insiden. Dia menambahkan bahwa masalah ini telah ‘diselesaikan secara tertutup’.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Selain mencadangkan Cristiano Ronaldo, pelatih Fernando Santos, juga akhirnya memutuskan tidak melibatkan Nuno Mendes dan Danilo Pereira yang mengalami cedera.

Sebelumnya kedua pemain dilaporkan cukup siap diturunkan di laga Portugal vs Swiss, malam dini hari ini waktu Indonesia.

Sementara gawang Swiss kembali dikawal Yann Sommer yang di laga terakhir babak grup melawan Serbia absen karena sakit.

Swiss juga kembali memaksimalkan striker AS Monaco, Breel Embolo yang didukung Xherdan Shaqiri, Djibril Sow, dan Ruben Vargas.

Berikut susunan pemain Portugal dan Swiss:

PORTUGALl (4-2-3-1): Costa; Dalot, Pepe, Dias, Guerreiro; Otavio, Carvalho; B Silva, Fernandes, Felix; Ramos.

SWISS (4-2-3-1): Sommer; Fernandes, Schar, Akanji, Rodriguez; Freuler, Xhaka; Shaqiri, Sow, Vargas; Embolo.

3 dari 3 halaman

Jadwal Live TV Portugal vs Swiss

Pertandingan Piala Dunia 2022 ini dapat disaksikan melalui siaran langsung di berbagai platform EMTEK, mulai dari saluran televisi SCTV dan Moji, aplikasi OTT Vidio, hingga jaringan TV satelit Nex Parabola.

Kick-off laga Portugal vs Swiss yang akan dipimpin wasit asal Meksiko, Cesar Arturo Ramos, akan dilaksanakan pada Selasa malam pukul 22.00 waktu lokal, atau Rabu dini hari, pukul 02.00 WIB.

Laga ini merupakan duel terakhir di babak 16 besar Piala Dunia 2022 dan pemenangnya akan menghadapi Maroko di perempat final yang digelar 10 Desember 2022 mendatang.

Maroko sendiri lolos ke perempat final setelah mengandaskan salah satu favorit juara, Spanyol lewat drama adu penalti.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS