Sukses

Hasil Piala Dunia 2022, Inggris Hancurkan Senegal dan Lolos Perempat Final

Liputan6.com, Jakarta Timnas Inggris berhasil melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar usai mengalahkan Senegal pada laga babak 16 besar. Bertanding di Al Bayt Stadium, Senin (5/12/2022) dini hari WIB, pasukan Gareth Southgate menang dengan skor telak 3-0.

Tiga gol kemenangan Inggris diciptakan oleh Jordan Henderson dan Harry Kane di babak pertama serta Bukayo Saka di paruh kedua pertandingan.

Dengan hasil ini, Inggris pun dipastikan berhak lolos ke perempat final Piala Dunia 2022 untuk menantang Prancis, sang juara bertahan.

Inggris mendominasi jalanya pertandingan di awal babak pertama. Namun, masih belum banyak ancaman berbahaya yang diperlihatkan tim asuhan Gareth Southgate 10 menit awal.

Justru sebaliknya, Senegal mengancam lantaran kesalahan umpan Harry Maguire menit ke-23, sayang penyelesaian akhir Ismaila Sarr masih melambung di atas mistar.

Inggris akhirnya sukses membuka keunggulan pada menit ke-38 lewat gol Henderson meneruskan assist Jude Bellingham. Di usia 32 tahun, Henderson menjadi pencetak gol tertua kedua Inggris di Piala Dunia.

Inggris sukses menggandakan keunggulan lewat gol Kane pada menit ketiga masa injury time babak pertama. Ini adalah gol perdana Kane di Piala Dunia 2022 kali ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Di babak kedua, Seegal tampil lebih agresif. Tapi Inggris merespons dengan baik. Sepakan jarak jauh Kane memberikan terapi kejut untuk Senegal. Mendy menghalaunya, lalu mengamankan bola yang sempat lepas.

Alih-alih mencetak gol balasan, Senegal malah kembali kebobolan pada menit ke-57. Foden mengambil bola yang lepas dari Kane dan mengirim umpan silang.

Saka dengan cerdik menuntaskannya dengan sedikit mengangkat bola, membuatnya melewati jangkauan Mendy.

Pada menit ke-74, Senegal mendapatkan tendangan bebas. Eksekusi Pape Sarr melebar tipis di sisi kanan gawang.

Inggris membangun serangan pada menit ke-80. Umpan silang Marcus Rashford tampak menggoda, tapi gagal dicocor oleh Kane!

Umpan silang Shaw dari kiri mengarah ke tiang jauh pada menit ke-91. Rashford menyambarnya, namun berakhir tipis di kanan gawang. Tak ada gol lain sampai peluit panjang berbunyi, Inggris menang 3-0.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Inggris: Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones (Eric Dier 76'), Harry Maguire, Luke Shaw; Jordan Henderson (Kalvin Phillips 82'), Declan Rice, Jude Bellingham (Mason Mount 76'); Bukayo Saka (Marcus Rashford 65'), Harry Kane, Phil Foden Jack Grealish 65').

Senegal: Edouard Mendy; Youssouf Sabaly, Kalidou Koulibaly, Abdou Diallo, Ismail Jakobs (Fode Toure 84'); Pathe Ciss (Pape Alassane Gueye 46'), Nampalys Mendy; Krepin Diatta (Pape Matar Sarr 46'), Iliman Ndiaye (Bamba Dieng 46'), Ismaila Sarr; Boulaye Dia (Famara Diedhiou 72').

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS