Sukses

14 Negara yang Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022: Jepang dan Spanyol Tendang Jerman

Liputan6.com, Jakarta - Jepang dan Spanyol menjadi dua negara terbaru yang memastikan melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Dengan demikian, sudah 14 tim yang akan berlaga di fase gugur.

Jepang lolos ke 16 besar secara dramatis usai mengalahkan kandidat juara Spanyol. Tim Samurai Biru menang 2-1 di Stadion Khalifa International, Doha, Qatar, Jumat (2/12) dini hari WIB.

Dalam laga itu, Alvaro Morata membawa Spanyol unggul terlebih dahulu dengan golnya di menit ke-11. Jepang kemudian menyamakan skor pada menit ke-48 lewat Ritsu Doan. Ao Tanaka membawa Jepang berbalik unggul dengan golnya tiga menit berselang.

Hasil tersebut membuat Jepang lolos sebagai juara Grup dengan mengantongi enam poin. Spanyol, meski kalah, lebih berhak mendampingi Jepang karena unggul selisih gol dari Jerman yang sama-sama memiliki empat poin setelah mengalahkan Kosta Rika 4-2.

Dari Grup F, Maroko dan Kroasia menjadi dua negara yang melangkah ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Maroko meraih tiker fase gugur setelah mengalahkan Kanada 2-1 di Stadion Al Thumama, Kamis (1/12) malam WIB.

Maroko menang berkat gol Hakim Ziyech dan YoussafEn-Nesyri. Sementara Kanada hanya bisa membalas lewat gol bunuh diri Naif Aguerd.

Hasil membuat Maroko finis sebagai pimpinan klasemen Grup F dengan koleksi tujuh poin. Sedangkan Kroasia di posisi kedua dengan lima poin setelah bermain imbang 0-0 melawan Belgia. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2 tiket lagi

Piala Dunia 2022 tinggal menyisakan dua tiket lagi ke babak 16 besar. Kedua tiket tersebut akan diperebutkan negara-negara yang tergabung di Grup G dan H.

Dari Grup G, Brasil sudah memastikan diri melaju ke fase gugur. Sedangkan satu tiket lagi bakal diperebutkan Swiss, Kamerun, dan Serbia. Swiss saat ini memiliki tiga poin, unggul dua poin atas Kamerun dan Serbia.

Di Grup H, Ghana, Korea Selatan, dan Uruguay akan bersaing untuk mendampingi Portugal ke babak 16 besar. Ghana saat ini mengoleksi tiga poin, sementara Korea Selatan dan Uruguay memiliki satu poin.

 

3 dari 4 halaman

Daftar 14 negara yang lolos

Grup A: Belanda dan Senegal

Grup B: Inggris dan Amerika Serikat

Grup C: Argentina dan Polandia

Grup D: Pancis dan Australia

Grup E: Jepang dan Spanyol

Grup F: Maroko dan Kroasia

Grup G: Brasil

Grup H: Portugal

4 dari 4 halaman

Peringkat

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS