Sukses

Kejutan! Shin Tae-yong Panggil Ilija Spasojevic ke Timnas Indonesia Jelang Piala AFF 2022

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong membuat kejutan jelang Piala AFF 2022. Striker veteran Bali United, Ilija Spasojevic, dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) bersama Skuad Garuda.

Kabar pemanggilan Spasojevic dikonfirmasi oleh pihak klub melalui pernyataan di situs resminya. Seradadu Tridatu mengungkap pemain berusia 35 tahun bakal menjalani latihan intensif bersama penggawa Timnas Indonesia mulai 30 November hingga 21 Desember 2022.

“Penyerang Bali United (Spasojevic) pada Rabu (30/11) akhirnya secara resmi dipanggil mengikuti program pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia menjelang Piala AFF mendatang,” tulis Bali United dalam laman resiminya.

“Pemain berjuluk Spasogol tersebut dipanggil oleh pelatih kepala Skuad Garuda, Shin Tae-yong, untuk berlatih internsif bersama kompatriotnya mulai 30 November hingga 21 Desember di Bali dan Jakarta,” sambung Serdadu Tridatu.

Kehadiran Spasojevic diharapkan dapat menambah daya dorbrak lini depan Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Pasalnya, posisi striker kerap kali dikeluhkan oleh juru taktik asal Korea Selatan ketika mentas di ajang sepak bola bergengsi se Asia Tenggara edisi lalu.

Tak dapat dimungkiri Skuad Garuda memang memiliki catatan gol yang cukup produktif dalam ajang Piala AFF. Namun, Bali United mencatat, kebanyakan gol Timnas Indonesia disumbangkan oleh pemain-pemain yang bukan striker.

Spasojevic pun diyakini merupakan sosok tajam yang bisa menjadi amunisi baru bagi Shin Tae-yong, meski sudah cukup lama tidak memperkuat Timnas Indonesia.

Sekadar informasi, Spasojevic terakhir kali membela Skuad Garuda dalam laga uji coba internasional kontra Myanmar pada 25 Maret 2019. Kala itu, sang pemain mampu menyumbangkan satu gol yang mengantar Timnas Indonesia berjaya 2–0.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Pemain Lain

Tak hanya pemain dari liga dalam negeri, Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong juga turut meminta jasa penggawa-penggawa lain yang berkarier di luar negeri.

Beberapa di antaranya, yakni Witan Sulaeman dan Egy Maulana Vikri, dikonfirmasi bakal bergabung dengan Skuad Garuda di Piala AFF 2022. Meski demikian, juru taktik asal Korea Selatan belum bisa memastikan tanggal kedatangan kedua penggawa.

“Witan dan Egy juga akan bergabung, tetapi tanggalnya belum bisa dipastikan,” ujar Shin usai memimpin sesi latihan perdana Timnas Indonesia di Bali pada Senin (28/11/2022) lalu, seperti dinukil dari saluran YouTube PSSI.

3 dari 3 halaman

Tanpa Elkan Baggott

Sayangnya, Shin Tae-yong harus rela bermain tanpa penggawa andalan lain, Elkan Baggott, di pertandingan-pertandingan awal Piala AFF 2022. Gillingham FC nampaknya masih tidak rela mengizinkan pemain berusia 20 tahun kembali ke negaranya.

Maklum, klub yang menaungi Elkan memang masih dihujani jadwal kompetisi cukup padat hingga kini. Belum lagi Piala AFF tidak masuk dalam kalender FIFA, sehingga klub tak punya kewajiban melepas pesepak bola yang dipanggil ke timnas.

Dengan demikian, Elkan diperkirakan bakal absen di fase grup Piala AFF 2022. Ia kemungkinan baru bisa merumput bersama Skuad Garuda, jika Indonesia mampu tembus ke babak semifinal dan final.

“Saya datang ke Inggris dan menemui Elkan. Memang tidak ada perjanjian, tetapi sepertinya Elkan absen selama fase grup Piala AFF. Elkan kemungkinan main di semifinal dan final,” ujar Shin Tae-yong dalam pernyataannya di laman YouTube PSSI.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS