Sukses

Elkan Baggott Belum Dapat Restu Klub untuk Tampil di Piala AFF 2022, Shin Tae-yong Terbang ke Inggris

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia bakal segera melakoni perjuangan di Piala AFF 2022. Kompetisi sepak bola bergengsi se-Asia Tenggara itu dijadwalkan berlangsung mulai 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023 mendatang.

Pelatih Skuad Garuda, Shin Tae-yong, telah memulai persiapan jelang Piala AFF 2022. Juru taktik asal Korea Selatan itu memanggil anak-anak asuhnya untuk menjalani pemusatan latihan (TC) di Bali sejak Senin (28/11/2022) lalu.

Sayangnya, salah satu penggawa andalan Indonesia Elkan Baggott belum berpartisipasi dalam sesi tersebut. Klubnya, Gillingham FC, masih tak rela mengizinkan pemain berusia 20 tahun kembali ke negaranya.

Maklum, Gillingham memang masih dihujani jadwal kompetisi yang cukup padat. Belum lagi Piala AFF tidak masuk dalam kalender FIFA, sehingga klub tak punya kewajiban melepas pesepak bola yang dipanggil ke timnas.

Shin Tae-yong sendiri sebenarnya sudah mengupayakan berbagai cara untuk memastika Elkan dapat memperkuat pasukan Merah Putih di Piala AFF 2022. Eks pelatih TImnas Korea Selatan bahkan rela terbang jauh-jauh ke Inggris untuk menemui sang pemain.

Walau begitu, upaya Shin rupanya belum membuahkan hasil signifikan. Gillingham tak kunjung memberi kepastian soal ketersediaan bek kelahiran 2002.

Alhasil, Elkan diperkirakan bakal absen di fase grup Piala AFF. Ia kemungkinan baru bisa merumput bersama Skuad Garuda, jika Indonesia tembus ke babak semifinal dan final.

“Saya datang ke Inggris dan menemui Elkan. Memang tidak ada perjanjian, tetapi sepertinya Elkan absen selama fase grup Piala AFF. Elkan kemungkinan main di semifinal dan final,” ujar Shin Tae-yong dalam pernyataannya di laman YouTube PSSI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pemain Lain

Lebih lanjut, Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong juga memberi kabar soal keikutsertaan pemain-pemain lain yang berkarier di luar negeri.

Manajer berusia 52 tahun itu mengonfirmasi Witan Sulaeman dan Egy Maulana Vikri bakal bergabung dengan timnya di Piala AFF 2022. Meski demikian, sang pelatih belum bisa memastikan tanggal kedatangan kedua penggawa.

“Witan dan Egy juga akan bergabung, tetapi tanggalnya belum bisa dipastikan,” sambung Shin usai memimpin sesi latihan perdana Timnas Indonesia di Bali pada Senin (28/11/2022).

3 dari 4 halaman

Sandy Walsh

Indonesia juga memiliki pemain naturalisasi yang siap berlaga di Piala AFF 2022. Sandy Walsh dipastikan dapat membela Skuad Garuda dalam ajang sepak bola bergengsi Asia Tenggara, usai permohonan pemindahan federasinya disetujui oleh FIFA.

Mengutip situs resmi PSSI, kepastian soal status Sandy Walsh diperoleh setelah induk sepak bola dunia mengirimkan surat bernomor Ref FPSD-8308 yang ditandatangani FIFA Head of Player’s Status, Erika Montemor, pada Selasa (29/11/2022).

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan pun menyambut baik persejutuan FIFA. Ia berterima kasih kepada induk organisasi sepak bola dunia, yang telah menerima permohonan perpindahan federasi untuk pemain anyar Timnas Indonesia.

“Alhamdulillah, dengan ini Sandy Walsh sudah bisa melakoni pertandingan bersama Timnas Indoensia. Kami berharap dia dapat menambah kekuatan Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2022 dan Piala Asia mendatang,” katanya, seperti dinukil dari laman PSSI.

4 dari 4 halaman

Jordi Amat

Sandy bukanlah satu-satunya pesepak bola berdarah Indonesia yang diharapkan tampil di Piala AFF 2022. Pemain naturalisasi baru, Jordi Amat, juga digadang-gadang bakal menjadi salah satu tumpuan harapan Shin Tae-yong.

Sayangnya, nasib Jordi hingga kini belum sepasti Sandy Walsh. PSSI masih menanti balasan dari FIFA terkait permohonan pemindahan federasinya. Walau begitu, Iwan Bule optimistis proses tersebut bakal selesai dalam waktu dekat.

“Untuk proses perpindahan Jordi Amat tinggal menunggu waktu saja. Kami optimistis dalam waktu dekat FIFA akan memberikan keputusan terkait perpindahan federasi Jordi Amat,” tuturnya dalam pernyataan yang dimuat di situs resmi PSSI pada Selasa (29/11/2022).

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS