Sukses

Jadwal Piala Dunia Ekuador vs Senegal: Perebutan 16 Besar Bisa Dramatis

Liputan6.com, Jakarta Ekuador dan Senegal memasuki laga pamungkas Grup A Piala Dunia untuk memastikan tempat di babak sistem gugur Piala Dunia 2022. Kedua tim akan beradu kekuatan di Stadion Internasional Khalifa, Selasa (29/11/2022) malam WIB. 

Ekuador dengan Belanda sama-sama memperoleh empat poin di Grup A sejauh ini, dengan Senegal tertinggal tipis dengan tiga poin, dan dengan Belanda kemungkinan akan mengalahkan Qatar yang sudah tersingkir, maka laga akan ini menentukan siapa yang akan menemani Belanda.

Senegal harus melakukannya. Dengan Belanda diyakini dapat memperoleh tiga poin melawan Qatar, apa pun sealin kemenangan akan membuat juara Afrika tersingkir. Pendekatan gung-ho itu seharusnya membuat pertunjukan yang menyenangkan melawan tim Ekuador.

Pelatih Senegal Aliou Cisse mengatakan timnya diharapkan mencapai babak sistem gugur Piala Dunia karena status mereka sebagai juara Afrika dia memastikan para pemainnya beradaptasi dengan baik terhadal tekanan.

Setelah mencapai perempat final pada debut Piala Dunia mereka pada tahun 2002, Senegal tersingkir di babak penyisihan grup dengan poin fair play empat tahun lalu di Rusia.

"Saya berasal dari negara di mana kami tidak suka kalah," kata Cisse dinukil dari Times Live. "Kami selalu lapar akan kemenangan itu. Tidak pergi ke babak 16 besar akan sulit diterima. Kami baik-baik saja saat kami menghadapi tekanan dan stres. Bagi saya, ini adalah stres yang baik," ujarnya.

"Kami memahami kemenangan akan memungkinkan kami untuk melanjutkan petualangan dan itulah yang ingin kami lakukan. Kami tahu pada 2018 kami mencari hasil imbang ketika mungkin poin akan menguntungkan kami, tetapi itu tidak terjadi besok," tegas Cisse.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Jadwal Siaran Langsung

Duel antara Ekuador vs Senegal akan terjadi pada matchday ketiga Grup A Piala Dunia 2022 Qatar di Stadion Internasional Khalifa pada Selasa, 29 November 2022 pukul 22.00 WIB.

Pertandingan tersebut dapat disaksikan melalui siaran langsung di berbagai platform EMTEK, mulai dari saluran televisi SCTV dan Moji, aplikasi OTT Vidio, hingga jaringan TV satelit Nex Parabola. Adapun jadwal lengkap pertandingan lainnya bisa diperoleh di link berikut.

Ekuador membutuhkan kemenangan atau hasil imbang untuk lolos setelah mengalahkan Qatar 2-0 di pertandingan pembukaan mereka kemudian menahan imbang Belanda dengan skor 1-1 untuk menjadi pemuncak klasemen Grup A.

Tim Amerika Selatan itu menghadapi kekhawatiran pada kebugaran kapten Enner Valencia setelah ia ditarik keluar di akhir pertandingan di Belanda karena cedera lutut yang berulang.

Penyerang berusia 33 tahun itu telah mencetak ketiga gol Ekuador di Qatar, menambah tiga gol yang ia cetak di Brasil pada 2014, dan merupakan kunci bagi peluang mereka untuk mencapai babak sistem gugur hanya untuk kedua kalinya.

"Saya harap dia tidak akan bermain besok," canda Cisse. "Saya tidak begitu tahu (Valencia) secara khusus tetapi saya dapat melihat bahwa dia adalah seorang pejuang dan dia ingin menjadi bagian dari tim untuk pertandingan seperti ini," tambahnya. 

 

3 dari 3 halaman

Prediksi Line Up

Ekuador (3-4-2-1): Hernan Galindez; Jackson Porozo, Felix Torres, Piero Hincapie; Angelo Preciado, Sebas Mendez, Moises Caicedo, Pervis Estupinan; Gonzalo Plata, Jeremy Sarmiento; Michael Estrada.

Pelatih: Gustavo Alfaro (Argentina).

 

Senegal (4-4-2): Edouard Mendy; Youssouf Sabaly, Kalidou Koulibaly, Abdou Diallo, Ismail Jakobs; Pape Matar Sarr, Nampalys Mendy, Pape Gueye, Krepin Diatta; Boulaye Dia, Famara Diedhiou.

Pelatih: Aliou Cisse (Senegal).

 

Head to Head

Pertemuan Terakhir

23/05/2002 Ekuador 0-1 Senegal (Friendly).

 

5 Pertandingan Terakhir Ekuador (S-S-S-M-S)

24/09/22 Arab Saudi 0-0 Ekuador (Friendly)

27/09/22 Jepang 0-0 Ekuador (Friendly)

13/11/22 Ekuador 0-0 Irak (Friendly)

20/11/22 Qatar 0-2 Ekuador (Piala Dunia)

25/11/22 Belanda 1-1 Ekuador (Piala Dunia).

 

5 Pertandingan Terakhir Senegal (S-M-S-K-M)

17/07/22 Mozambique 1-1 Senegal (COSAFA Cup)

25/09/22 Bolivia 0-2 Senegal (Friendly)

27/09/22 Iran 1-1 Senegal (Friendly)

21/11/22 Senegal 0-2 Belanda (Piala Dunia)

25/11/22 Qatar 1-3 Senegal (Piala Dunia).

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS