Sukses

Luis Enrique: Lawan Jerman di Piala Dunia 2022 Adalah Tantangan Paling Luar Biasa buat Spanyol

Liputan6.com, Jakarta- Timnas Jerman vs Spanyol merupakan laga matchday kedua Grup E Piala Dunia Qatar 2022. Laga itu dijadwalkan berlangsung pada Senin 28 November 2022 dini hari pukul 02.00 WIB di Al Bayt Stadium, Al Khor, Qatar.

Laga ini menjadi misi berat bagi timnas Jerman menghentikan keganasan timnas Spanyol. Pasalnya, performa tim besutan Hansi Flick ini tengah dipertanyakan. Mereka secara mengejutkan takluk di tangan Jepang 1-2 di laga pembuka Grup E Piala Dunia 2022.

Kemudian, dalam empat pertandingan sebelumnya, Kai Havertz dan kolega hanya mampu dua kali menang dan dua kali imbang. Di sisi lain, La Furia Roja sedang menggila.

Mereka sukses menyapu bersih enam pertandingan terakhir dengan kemenangan. Bahkan, tim besutan Luis Enrique itu mampu menggilas Kosta Rika7 -0 di laga pertandingan pertama mereka di Piala Dunia 2022.

Jelang laga tersebut, pelatih timnas Spanyol Luis Enrique mengatakan timnya menghadapi "tantangan luar biasa" saat melawan Jerman

"Jerman adalah tim yang selalu bermain menyerang," kata Luis Enrique seperti yang dikutip dari Daily Star, Sabtu (26/11/20222).

"Mereka adalah tim yang selalu berusaha menguasai bola, menekan, mereka adalah tim yang bermain paling mirip Spanyol dalam arti mereka ingin mengontrol dan mendominasi permainan," kata Enrique menambahkan.

"Artinya bagi kami ini adalah tantangan yang luar biasa, kami memiliki tujuan yang sama, jadi saya pikir ini akan menjadi pertandingan terbuka," pungkas Luis Enrique.

Disisi lain, Spanyol sendiri mampu membantai Jerman 6-0 di pertemuan mereka sebelumnya dalam pertandingan UEFA Nations League pada November 2020. Saat itu Ferran Torres mencetak hat-trick.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Jerman Kalah, Legenda Jerman Cemas

Jurgen Klinsmann resah. Mantan bintang lapangan dan pelatih Jerman itu kecewa berat dengan penampilan tim nasionalnya saat menghadapi wakil Asia, Jepang, di laga pembuka Grup E Piala Dunia 2022, Rabu (23/11).

Di laga yang digelar di Khalifa International Stadium, Al Rayyan itu, Jerman memang sempat unggul terlebih dahulu lewat gol tendangan penalti Ilkay Gundogan. Namun, Jepang membalas dua gol lewat Ritsu Doan dan Takuma Asano.

Klinsmann pun mengkritik pelatih Hansi Flick yang disebutnya gagal menggali permainan terbaik Kai Havertz dan kawan-kawan. Para pemain, secara umum menurut Klinsmann juga tampil sengat buruk.

"Penampilan seperti ini sangat kami tidak harapkan setelah bencana di Piala Dunia 2018 di Rusia," ujar Klinsmann, dikutip dari BBC.

Sepeti diketahui, empat tahun lalu saat Piala Dunia digelar di Rusia, Jerman "masuk kotak" lantaran hanya menduduki dasar klasemen fase grup. Ketika itu, mereka juga kalah dari wakil Asia lainnya, Korea Selatan 0-2, yang ketika itu dilatih pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong.

3 dari 4 halaman

Spanyol Pesta Gol, Jerman Sulit Gol

Spanyol mengawali perjuangannya di Piala Dunia 2022 dengan kemenangan besar. Skuad Racikan Luis Enrique menang 7-0 atas Kosta Rika di Al Thumama Stadium, Doha, Qatar, Rabu (23/11) malam WIB.

Gol pertama Spanyol pada Piala Dunia Qatar 2022 dicetak Dani Olmo di menit ke-11. Marco Asensio dan Ferran Torres kemudian menambah keunggulan Tim Matador di babak pertama.

Spanyol kemudian mencetak empat gol lagi pada babak kedua masing-masing lewat Ferran Torres, Gavi, Carlos Soler, dan Alvaro Morata. Spanyol pun menang 7-0.

Kemenangan ini membuat Spanyol memimpin klasemen sementara Grup E Piala Dunia 2022 Qatar dengan tiga poin. Sedangkan Kosta Rika di posisi empat dengan nol poin.

Sementara Jepang di urutan kedua dengan tiga poin setelah mengalahkan Jerman 2-1. Sempat tertinggal lewat tendangan Ilkay Gundogan pada menit ke-33, Jepang kemudian membalas dengan gol Ritsu Doan dan Takuma Asano di menit ke-75 serta 83.

4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan Grup E

Minggu, 27 November 2022

17:00 WIB, Jepang vs Kosta Rika

Senin, 28 November 2022

02:00 WIB, Spanyol vs Jerman

Jumat, 2 Desember 2022

02:00 WIB, Jepang vs Spanyol

02:00 WIB, Kosta Rika vs Jerman

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS