Sukses

Kelakuan Ronaldo di Piala Dunia Dianggap Jadi Contoh Buruk untuk Pemain Muda

Liputan6.com, Jakarta Kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo dianggap bermain curang saat mendapatkan penalti melawan Ghana di Piala Dunia 2022 Qatar

Portugal berhasil memetik poin penuh saat kalahkan Ghana 3-2 pada duel grup H Piala Dunia 2022 di stadion 974, Kamis (24/11/2022). Tiga gol Portugal dicetak Cristiano Ronaldo, Joao Felix dan Rafael Leao.

Adapun gol Ronaldo tercipta melalui tendangan penalti. Eks pemain Manchester United itu dijatuhkan Salisu di dalam kotak terlarang pada menit ke-62.

Mantan striker Chelsea Chris Sutton menyoroti aksi Ronaldo pada laga itu. Dia menyebut Ronaldo telah bermain curang untuk mndapatkan keuntungan penalti.

Sutton mengecam pemenang Ballon d'Or lima kali itu dengan mengklaim bahwa dia memberi contoh buruk bagi pemain-pemain muda.

“Ofisial VAR benar-benar pekerjaan bodoh. Itu bukan permainan bagus dari Ronaldo, itu adalah contoh yang buruk bagi anak-anak muda di mana pun di seluruh dunia," kata Sutton, dilansir Daily Mail

“Dia pemain yang brilian tapi itu curang. Saya pikir ofisial harus lebih kuat, sungguh memalukan bagaimana mereka melewatkannya," sambungnya.

Lebih lanjut, Sutton mengaku tak habis pikir mengapa wasit memberikan penalti kepada Portugal. Padahal menurutnya itu bukan sebuah pelanggaran terhadap Ronaldo

“Saya tidak percaya ada orang yang berkomentar mengatakan itu penalti, itu bukan penalti, itu konyol, itu curang dan rusak. Itu mengerikan," jelasnya..

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Bikin Pelatih Ghana Jengkel

Pelatih Ghana Otto Addo marah dengan keputusan wasit Ismail Elfath yang menghadiahkan Portugal penalti. Ia percaya Mohammed Salisu memenangkan bola Ronaldo di kotak penalti.

Addo pun mengecam kinerja Elfath pada laga perdana Ghana di Piala Dunia 2022 Qatar. Saat ditanya apakah Ronaldo diuntungkan dari keputusan itu, dia berkata: "Saya pikir Anda harus bertanya kepada wasit. Saya tak punya bukti tentang itu, tapi kami sedang memainkan bola, lalu ada kontak."

"Saya tidak tahu apa yang mereka lakukan, saya tidak tahu apakah VAR tidak diperhatikan."

"Jika saya melihat momen itu, itu luar biasa. Jika Anda melihat tayangan ulang, kami memainkan bola. Itu sebenarnya pelanggaran terhadap kami," ucap Addo menambahkan seperti dikutip Fot Mob.

3 dari 4 halaman

Ronaldo Cetak Rekor

Kemenangan Portugal semankin lengkap dengan catatan sejarah yang dibuat Cristiano Ronaldo. Pesepak bola berusia 37 tahun itu menjadi pemain pertama yang mencetak gol dalam lima Piala Dunia.

Dia mengungguli Lionel Messi yang mencetak gol di empat edisi Piala Dunia. Megabintang asal Argentina tersebut sejajar dengan Miroslave Klose (Jerman), Pele (Brazil), dan Uwe Seeler (Jerman).

Selain itu, Gol ke gawang Ghana membuat Ronaldo semakin tak terkejar sebagai pemegang rekor pencetak gol terbanyak di level timnas. Eks pemain Manchester United itu kini menorehkan 118 gol untuk Timas Portugal.

 

4 dari 4 halaman

Fokus ke Portugal

Cristiano Ronaldo sekarang berstatus sebagai agen bebas. Hanya dua hari sebelum Portugal berlaga pada Piala Dunia 2022 Qatar, pemenang Ballon d'Or itu sepakat dengan Manchester United untuk mengakhiri kontraknya di Old Trafford.

Ronaldo kini benar-benar fokus bersama Portugal untuk Piala Dunia 2022. Dia bertekad membawa Selecao das Quinas untuk memenangkan pesta bola akbar empat tahunan itu untuk kali pertama.

Portugal belum pernah memenangkan Piala Dunia. Tapi, Ronaldo dan kolega mencapai kejayaan di Piala Eropa 2016 di Prancis.

"Akan memulai perjalanan kami di kompetisi terbesar di dunia. Sebuah petualangan yang kami harap panjang dan penuh kesuksesan, untuk mengibarkan nama dan bendera negara kami sangat tinggi," kata Ronaldo lewat Twitter.

"Kami ingin mengisi seluruh orang Portugal orang dengan kebanggaan dan kegembiraan. Tidak ada yang mustahil! Kekuatan."

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS